Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Mewaspadai Gangguan Mata Glaukoma

Saya sebenarnya kurang tahu apa itu penyakit glaukoma. Yang saya tahu hanya penyakit itu bisa menyebabkan kebutaan. Dan satu lagi penyakit ini saya ketahui setelah ada beberapa orang besar yang mengalami gangguan mata akibat glaukoma salah satunya adalah bapak bangsa kita Gus Dur. Setelah saya mencari artikel yang berisi glaukoma, saya baru mengetahuinya, apa sebab penyakit itu, dan sekarang informasi itu akan saya berikan untuk Anda semua. Berikut adalah penjelasannya.

Telah disinggung pada artikel sebelumnya, Glaukoma adalah nama penyakit yang diberikan untuk sekumpulan penyakit mata di mana terjadi kerusakan syaraf mata (nervus opticus) yang terletak di belakang mata dan mengakibatkan penurunan penglihatan tepi (perifer) dan berakhir dengan kebutaan.

Pada kebanyakan orang, kerusakan syaraf mata ini disebabkan oleh peningkatan tekanan di dalam bola mata sebagai akibat adanya hambatan sirkulasi atau pengaliran cairan bola mata (cairan jernih yang membawa oksigen, gula dan nutrient/zat gizi penting lainnya ke bagian-bagian mata dan juga untuk mempertahankan bentuk bola mata). Pada sebagian pasien kerusakan syaraf mata bisa juga disebabkan oleh suplai darah yang kurang ke daerah vital jaringan nervus opticus, adanya kelemahan struktur dari syaraf atau adanya masalah kesehatan jaringan syaraf.