Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Biduran

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengenal apa itu sebenarnya penyakit Biduran atau dalam bahasa medis disebut urtikaria. Mungkin diantara Anda semua sudah pernah merasakan biduran. Ya, bentol-bentol yang bisa berwarna kemerahan atau pucat di sekujur badan disertai rasa gatal dan panas, yang mungkin Anda derita ketika udara terlalu dingin atau terlalu panas. Sebenarnya biduran bukanlah penyakit yang serius, tetapi karena rasa gatal di sekujur tubuh yang disertai dengan rasa panas itulah yang membuat penderitanya sangat terganggu. Sampai-sampai penderitanya bisa mengalami lecet-lecet akibat garukan di daerah yang gatal. Biduran pada keadaan tertentu sering tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Ketidakpastian penyebab timbulnya biduran disebabkan faktor yang berpengaruh sangat banyak dan sulit dipastikan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Anda simak catatan di bawah ini.

Biduran bisa mengenai siapa saja, tidak mengenal umur ataupun jenis kelamin. Hanya saja sering mengenai orang dewasa dibanding yang masih muda. Biduran terjadi sebagai akibat pelebaran pembuluh darah (vasodilatasi) dan peningkatan kepekaan pembuluh darah kecil (kapiler) sehingga menyebabkan pengeluaran cairan (transudasi) dari membran pembuluh darah, akibatnya terjadi bentol pada kulit. Kondisi ini dikarenakan adanya pelepasan histamin yang dipicu oleh paparan alergen (bahan atau apapun pencetus timbulnya reaksi alergi).

Adapun pelepasan histamin terjadi melalui 2 mekanisme: (1) mekanisme imunologi, yakni reaksi hipersensitivitas type 1 atau adakalanya type 3; (2) mekanisme non-imunologi, (liberator histamin) yakni reaksi yang bersifat fisik.

Penyebab biduran tidak diketahui secara pasti. Satu alasan umum seseorang terkena biduran adalah karena suatu reaksi alergi. Beberapa pencetus alergi yang umum adalah sejumlah makanan (seperti susu, kerang-kerangan, buah berry, dan kacang), obat-obatan (seperti antibiotik), dan tersengat atau tergigit serangga. Penyebab-penyebab lain yang tidak berhubungan dengan alergi termasuk udara dingin, panas, stres, olah raga, atau bahkan infeksi akibat virus.