Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Aduh Gigi Bungsuku

Kata orang sakit gigi lebih baik dari sakit hati. Kalau saya disuruh milih ya mending sakit hati dari pada sakit gigi. Kalau sakit hati, dibuat santai pasti sakitnya bisa hilang sendiri. Tapi kalau sakit gigi, tidak bisa dibuat santai. Bagaimana bisa buat santai, jika dibuat makan sakit, dibuat tidur masih terasa sakit, mendengarkan suara yang agak keras pun tambah sakit.

Biasanya orang akan merasa sakit gigi jika giginya berlubang atau gusinya sedang bengkak. Tidak terkecuali gigi bungsu. Ternyata gigi bungsu juga banyak memberikan masalah, mulai dari tumbuh hingga pertumbuhannya yang tidak sempurna. Kali ini kita akan membahas mengenai gigi bungsu dan permasalahannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Mungkin diantara Anda ada yang sudah tahu apa itu gigi bungsu. Dinamakan gigi bungsu karena memang lahirnya atau tumbuhnya belakangan. Gigi yang berada di ujung paling belakang dalam lengkungan rahang biasanya tumbuh bila seseorang menginjak usia 20 tahunan, atau bahkan sampai usia 35 tahun, atau malahan tidak tumbuh sama sekali ke permukaan, walaupun benihnya ada di dalam rahang . Yang jadi masalah dengan gigi bungsu adalah ketika gigi bungsu mengalami impaksi. Apa itu impaksi? Impaksi adalah kondisi pertumbuhan gigi yang tidak sempurna dengan posisi yang tidak tepat. Hal ini bisa dikarenakan rahang tidak memiliki tempat yang cukup untuk gigi bungsu tumbuh dengan wajar. Akibatnya gigi bungsu mendesak gigi geraham yang berada di depannya. Hal ini akan mengakibatkan sakit pada gigi. Selain itu yang sering jadi masalah ketika gigi tidak muncul sempurna pada gusi. Gusi yang menutupi gigi dapat menyebabkan penumpukan sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi dan sakit pada gigi.

Tetapi yang membuat parah, ketika ketidaksempurnaan pertumbuhan gigi bungsu ini berdampak kesehatan organ tubuh yang lain. Mungkin ketika seseorang mengalami gejala seperti sakit kepala, telinga berdengung, sakit leher, rematik, kencing manis, gangguan jantung, gangguan pada kulit, badan cepat lelah atau gejala-gejala lain pada tubuh yang tidak bisa diobati, sering dihubungkan dengan gigi bungsu.