Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Bronkitis

Di tengah kondisi cuaca yang tidak dapat ditebak seperti ini, membuat tubuh juga terkena imbasnya. Kadang panas, sebentar kemudian hujan, membuat tubuh kadang tidak dapat menerima keadaan yang drastis seperti itu. Bila tidak bisa menjaga kesehatan dengan benar, bisa-bisa tubuh ambruk juga. Penyakit yang sering bermunculan ketika dalam kondisi seperti adalah batuk dan pilek. Mungkin orang akan mengira itu adalah batuk dan pilek biasa akibat influenza. Tapi bila penyakit datang dan pergi berulang-ulang, disertai dengan batuk yang berdahak atau lendir yang kental dan sesak napas, maka hal itu perlu dicurigai. Bisa jadi itu merupakan gejala penyakit bronkitis. Sebenarnya apa itu penyakit bronkitis? Apa beda antara bronkitis akut dengan bronkitis kronis. Dan bagaimana penanganannya? Berikut penjelasannya.

Bronkitis atau bisa juga menyebutnya sebagai penyakit pernapasan adalah peradangan yang terjadi pada bronki, yaitu saluran udara yang mengangkut oksigen ke paru-paru. Akibat peradangan ini, bronki mengeluarkan lendir yang memicu tubuh memberikan respon, yaitu batuk-batuk untuk membersihkan kelebihan lendir. Dalam sistem pernapasan ada pembuluh tenggorokan yang berfungsi untuk menyaring udara yang melalui saluran pernafasan sebelum memasuki paru-paru. Pipa ini pada dindingnya terdapat jaringan seperti rambut yang kecil dan halus yang berguna untuk menghalangi penyebab iritasi atau kotoran (seperti debu atau serbuk-serbuk) memasuki organ penting di jalan pernafasan. Rambut-rambut halus dan kecil ini disebut cilia. Namun dikarenakan kontak terus menerus dengan bahan kimiawi, virus-virus, ataupun partikel debu akan membuat sistem alami pertahanan pernafasan dapat dihancurkan, hal inilah yang kemudian menyebabkan infeksi dan peradangan.

Bronkitis dilihat dari jangka waktu berlangsungnya dibedakan menjadi dua yaitu bronkitis akut (berlangsung kurang dari 6 minggu) dan bronkitis kronis (kambuh seringkali untuk lebih dari dua tahun).