Pendarahan Sesudah Berhubungan: Apa yang Harus Dilakukan?

    Bercak sesudah melakukan hubungan suami istri bisa merupakan pertanda adanya masalah serius. Tapi jangan panik, ikuti langkah-langkah cerdik dari ob/gyn OZgur H. Harmanli, M.D., dari Temple University di Philadelphia. Apa sajakah itu?

     

    • Lakukan pemeriksaan papsmear untuk mengetahui kemungkinan adanya kanker leher rahim, yang kemungkinan 100% dapat disembuhkan jika dapat ditemukan sejak stadium dini.
    • Minta pemeriksaan infeksi. Penyakit yang ditularkan melalui hubungan suami istri seperti herpes dan chlamydia bisa memicu pendarahan. Begitu juga trichomoniasis atau jamur.
    • Minta diperiksa apakah ada polip. Pertumbuhan jaringan yang melebihi normal bisa menonjol ke dalam vagina dan menyebabkan pendarahan.
    • Pemeriksaan pemakaian alat kontrasepsi. Spiral atau IUD selalu dicurigai. Minum pil KB secara tidak teratur juga bisa menjadi pemicu.
    • Tahu mana yang normal. Hubungan suami istri yang dilakukan dengan terlalu bersemangat bisa menyobek lapisan leher rahim yang rapuh. Biasanya bercak akan berhenti dengan sendirinya.

    Sumber: Tabloid Aura

     

     


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.