Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Waspada Kanker Leher rahim

Sekarang ini, semakin banyak wanita yang berisiko terserang kanker leher rahim. Tak mengherankan, karena organ reproduksi wanita memang sangat rentan terkena penyakit ini. Siapa saja yang berisiko tinggi terserang penyakit ini, dan apakah penyakit ini masih bisa dihindari? Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dalam penjelasan berikut ini.

Proses terjadinya sel kanker

Dalam tubuh terdapat berjuta-juta sel, yang merupakan unsur terkecil dari suatu jaringan. Normalnya, sel berkembang dengan membelah diri secara teratur dan terkendali. Namun ada juga sel yang berkembang abnormal atau sel metaplasia, yaitu sel yang berubah, namun masih dalam batas normal. Dan semua orang memiliki sel ini.

Bila sel itu dipengaruhi oleh faktor lain, ia akan berkembang menjadi sel displasia atau sel yang berubah menjadi abnornal. Sel ini hanya terbatas dalam lapisan epitel, yakni lapisan yang menutupi permukaan yang terbuka dan membentuk kelenjar-kelenjar. Karena berbagai faktor yang mempengaruhi, dalam kurun 10-15 tahun, sel-sel displasia nantinya bisa berkembang menjadi kanker.

Pembelahan sel kanker memang tidak bisa dikendalikan dan tumbuh berlipat ganda, cepat dan terus menerus. Biasanya, sel-sel tersebut akan menjadi suatu bentuk yang mendesak dan merusak jaringan yang normal, sehingga mengganggu fungsi organ di tempat ia menempel. Hal ini terjadi karena sel-sel yang berkembang tanpa terkendali itu bisa masuk ke dalam saluran getah bening atau saluran darah, sehingga menyebar ke dalam organ tubuh di luar organ asalnya.