Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kesehatan

Penyakit Mata pada Anak-Anak

Penyakit mata pada anak tidak dapat disepelekan. Karena hal itu berhubungan dengan masa depan anak itu sendiri. Jadi sebisa mungkin kita sebagai orang tua mewaspadai setiap gangguan pada mata anak kita biarpun itu sekecil apapun. Penyakit mata pada anak dapat dikatakan banyak jenisnya. Bisa juga akibat keturunan atau tidak, selain itu juga bersifat bawaan lahir atau tidak. Berikut adalah beberapa gangguan mata yang sering menyerang anak kita diantaranya adalah :

Buta Warna

Buta warna merupakan penyakit keturunan. Penyakit ini lebih sering terjadi pada anak laki-laki ketimbang pada anak perempuan, dikarenakan dibawa oleh kromosom Y. Sampai saat ini belum ada terapi buta warna. Di Jepang baru sedang dicoba untuk mengganti sel-sel keruucut pada retina, penyebab terjadinya buta warna, tapi belum dinyatakan berhasil.

Anak buta warna sejak lahir tidak mengenal warna merah, hijau, dan biru secara baik. Yang ringan masih bisa membedakannya, tapi yang berat, hanya berkemampuan dengan bergradasi hitam putih belaka. Sehingga persepsinya terhadap ketiga warna itu menjadi berbeda dengan orang normal.

Adakalanya anak tidak sadar, ia mengidap buta warna. Bahkan orang tuanya pun mungkin tidak tahu si anak buta warna. Terutama jika buta warnanya ringan. Sehingga sering kaget ketika masuk perguruan tinggi sebab untuk jurusan teknik elektro dan kedokteran, misalnya, tidak boleh buta warna.

Perlu diketahui, di retina terdapat dua jenis sel, yakni sel batang dan sel kerucut. Sel batang untuk kemampuan membedakan terang gelap, sedang sel kerucut untuk membedakan warna-warna. Pada anak buta warna, sel kerucut di retina matanya, abnormal sehingga terganggu kemampuannya membedakan warna merah, hijau dan biru dengan derajat yang berbeda-beda,

Dengan melakukan tes membaca ishihara, buta warna didiagnosis. Buku berisi gambar-gambar bertuliskan angka-angka, sedemikan rupa, sehingga orang buta warna tidak bisa tepat membaca angka-angka yang orang normal dapat melihatnya dengan jelas.