Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Artikel Kecantikan

Cara Mengobati Ketombe Secara Alami

Anda mungkin pernah mengalami ketombean. Apalagi ketika cuacanya panas, rambut akan terasa gatal. Bila Anda menggaruknya mungkin Anda akan melihat adanya butiran-butiran putih pada rambut Anda. Sebenarnya ketombe adalah kulit mati pada kulit kepala yang terkelupas secara berlebihan. Bila dalam jumlah yang sedikit, maka hal tersebut masih dikatakan wajar. Tetapi bila orang yang mengalaminya secara terus menerus bahkan dalam jumlah yang besar maka dapat menimbulkan iritasi pada kulit kepala.

Kebanyakan kasus ketombe dapat disembuhkan dengan shampoo khusus. Tetapi ketombe juga dapat dihilangkan dengan obat tradisional atau secara alami.
Berikut ini beberapa obat tradisional yang bisa membantu anda menghilangkan ketombe dengan mudah.

Lidah Buaya
Lidah buaya dikenal dengan sangat baik untuk perawatan rambut, dari dahulu hingga sekarang dan bahkan banyak bahan shampo yang menggunakan lidah buaya. Adapun caranya cukup ambil daging lidah buaya, lalu ditumbuk hingga merata dan oleskan ke bagian rambut. Diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan air hingga bersih.

Daun Pandan
Kita lebih sering menggunakan daun pandan untuk dicampur sebagai pewangi makanan, tetapi disini bisa kita manfaatkan untuk menghilangkan ketombe. Caranya siapkan 7 lembar daun pandan lalu cuci bersih, tumbuk hingga halus, peras dan ambil airnya saja. Dan terakhir anda usapkan perasan air tersebut ke bagian rambut. Biarkan selama 30 menit, barulah anda cuci sampai bersih.

Santan Kelapa
Siapkan setengah butir santan kelapa, perasan jeruk nipis, segelas jus nanas, dan 1,5 gelas air kelapa. Kemudian satukan dan aduk hingga merata. Lalu barulah digunakan untuk mencuci rambut dan bersihkan dengan menggunakan shampo. Lakukanlah cara ini dengan 1 minggu sekali.

Bunga Kembang Sepatu
Di daerah bagian asia bunga kembang sepatu banyak digunakan sebagai minyak rambut. Dengan bahan dari kembang sepatu bisa dimanfaatkan cara efektif menghilangkan ketombe. Caranya anda rebus air dan tambahkan 3 tangkai bunga kembang sepatu. Lalu tambahkan juga sedikit minyak kelapa. Rebus campuran tersebut selama 10 menit dan diamkan hingga dingin. Kemudian barulah anda oleskan minyak tersebut ke pangkal hingga ujung rambut. Diamkan selama 3 jam dan barulah anda bersihkan.

Garam
Caranya cukup mudah yaitu cukup menaburkan garam merata ke seluruh bagian kulit kepala dan sambil pijat perlahan. Dengan rasa asin dari garam membuat kulit mengelupas dan membuat bakteri dan jamur di kulit menjadi mati atau bersemayam.

Kangkung
Siapkan seikat kangkung lalu anda rebus kangkung tersebut dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga rebusan tersebut menyisakan 1 gelas air saja. Kemudian barulah anda ambil dan diamkan rebusan tersebut dingin. Lalu usapkan air rebusan yang sudah di dinginkan tadi ke rambut hingga merata dan tunggu sampai 30 menit barulah anda bersihkan rambut dengan menggunakan shampo.

Demikianlah beberapa tip menghilangkan ketombe secara alami. Semoga masalah ketombe Anda dapat teratasi dan rambut Anda pun dapat tumbuh dengan sehat.