Cara Membuat Pupuk Hidroponik AB MIX

Sobat Azzam, pernahkan anda berpikir untuk membuat pupuk hidroponik AB MIX ? Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang cara membuat nutrisi hidroponik sendiri. Kali ini kita akan bahas cara membuat pupuk hidroponik AB MIX sendiri.

Bagi teman-teman yang sudah mengenal hidroponik pasti membutuhkan nutrisi hidroponik pada saat menanam secara hidroponik. Bagaimana cara membuat nutrisi AB MIX, simak caranya di sini.

Cara Membuat Pupuk Hidroponik AB MIX Sendiri

Pada dasarnya Pupuk untuk hidroponik harus larut sempurna di dalam air hal ini untuk menghindari adanya sumbatan yang terjadi pada pipa-pipa hidroponik. Bahan baku pupuk hidroponik merupakan berbagai jenis garam anorganis, bahan-bahan kimia, yang bisa anda dapatkan di toko kimia di kota anda atau di toko pertanian yang menyediakan pupuk berbahan dasar garam anorganis. Bila membeli di toko kimia, pilihlah bahan yang technical grade, bukan yang pro analisis (PA). Bahan pro analisis ini sangat mahal harganya.

Berbagai Bahan Kimia yang Digunakan dalam Pupuk Hidroponik AB MIX


Tanaman membutuhkan 16 unsur hara dalam memenuhi kebutuhan pemupukan tanaman. Selain Udara telah menyediakan karbon CO2 dan oksigen O2. Air juga menyediakan hidrogen dan oksigen dalam bentuk H2O. Enam unsur makro lainnya diperlukan dalam jumlah besar yang hanya bisa dipenuhi melalui akar. Dan tujuh unsur sisanya hanya diperlukan dalam jumlah yang sedikit.

Nutrisi hidroponik biasanya menggunakan konsep formulasi AB mix. Yaitu kalsium pada grup A dan tidak bertemu sulfat dan fosfat pada grup B.

Dibawah ini adalah nama bahan-bahan yang dibutuhkan dalam membuat pupuk hidroponik AB Mix.


 

RUMUS KIMIA PUPUK HIDROPONIK AB MIX

Rumus Kimia Nama Umum / Nama Dagang Sumber Grup
KNO3 Pupuk KNO, kalium nitrat, saltpeter K, N A atau B
Ca(NO3)2 Calcinit, kalsium nitrat, hidro karat Ca, N A
NH4H2PO4 MAP, mono ammonium pospat N, P B
(NH4)2PO4 DAP, diamonium pospat K, S B
K2SO4 Kalium sulfat, ZK N, P B
(NH4)2SO4 Amonium sulfat, ZA N, S B
KH2PO4 MKP, mono kalium pospat K, P B
MgSO4 Garam inggris, magnesium sulfat Mg, S B
H3PO4 Asam Fosfat P B
FeSO4 Besi sulfat Fe, S B
FE - EDTA Fe kelat, tenso Fe A atau B
CuSO4 Tembaga sulfat Cu, S B
Cu EDTA Cu kelat Cu A atau B
H3BO3 Asam Borat, pupuk boron B A atau B
ZnSO4 Seng Sulfat Zn, S B
Zn - EDTA Seng kelat Zn A atau B
MnSO4 Mangan sulfat Mn, S B
Mn - EDTA Mangan kelat Mn A atau B
(NH4)6Mo7O24 Pupuk molibdat Mo A atau B
       

 


 

Penakaran Pupuk Mikro

Menimbang pupuk mikro ini biasanya menjenuhkan kalau menimbang satu satu. Jumlah unsurnya yang banyak dan biasanya ditimbangnya sedikit hanya butuh beberapa miligram saja, tentu peluang eror dalam menakar bisa jadi cukup besar.

Jika belum terbiasa menimbang bahan-bahan yang sedikit ini, anda bisa menggunakan pupuk mikro kompleks atau pupuk daun yang biasanya difokuskan untuk pupuk mikro seperti gandasil D, librel bmx, dan sejenisnya.

sumber dikutip dari : taman-berkebun.blogspot.com,