Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Cara semai bibit hidroponik menggunakan kain flanel

Sahabat Azzam rumah herbal, betapa penting arti semai bagi anda yang berpengalaman dalam menanam secara hidroponik. Cara semai yang baik dan benar, akan mendapatkan hasil yang baik dan sehat. Semai yang tidak benar akan menyebabkan bibit tumbuh dalam kondisi kutilang yaitu tanaman tumbuh kurus tinggi dan langsing. Keberhasilan semai sangat berpengaruh pada bibit hidroponik dan sangat menentukan tingkat keberhasilan tanaman Anda pada saat dewasa kelak. Oleh karenanya penting sekali kita mengetahui cara semai bibit hidroponik yang baik untuk tanaman hidroponik kita.

Pada tulisan ini dibahas bagaimana cara kita untuk semai bibit cabe hidroponik dengan menggunakan kain flanel. Tentunya dalam prakteknya anda bisa gunakan untuk semai bibit yang lain seperti tomat hidroponik, terong hidroponik dan lain-lain. Trik ini merupakan langkah praktis untuk melakukan semai bibit yang biasanya sprout benih memakan waktu yang lama dan bahkan sering kali benih gagal sprout.

Penggunaan kain flanel pada semai kali ini diharapkan media selalu dalam kondisi lembab, sehingga diharapkan bibit selalu dalam keadaan lembab dan bibit lebih cepat berkecambah.

Cara Semai Menggunakan kain flanel

1. Siapkan bibit yang akan kita semai, misal nya cabe, tomat, dll. Semai Cabe, untuk sebagian orang adalah lebih membutuhkan kesabaran dari pada sayuran lainnya, terutama bibit cabe yang tingkat pedasnya lebih tinggi karena mmebutuhkan waktu yang lama sampai saat berkecambah.

2. Siapkan kain flanel dan wadah  semai.

3. Rendam benih / bibit selama 24 jam dengan menggunakan air hangat, semakin pedas bibit yang di semai sebaiknya semakin lama merendam nya misalnya 2 x 24 jam dan diganti pada saat air hangat sudah mulai dingin.

4. Selanjutnya setelah cukup lama pada air rendaman, bibit / benih cabe di tebar diatas wadah semai dihamparkan pada permukaan kain flanel yang sudah dibasahi.

5. Tutup benih dengan kain flanel selanjutnya kain dibasahi secara merata diatas permukaan kain flanel.

6. Tutup wadah dengan plastik warna hitam dan sembunyikan ditempat yang gelap biarkan untuk beberapa hari.

7. Apabila anda menanam cabe, semakin pedas cabenya semakin lama waktu semai. Oleh karennya sebaiknya anda sering periksa bibit di dalam wadah tersebut pada waktu tertentu sampai ditemukan bibit berkecambah. Hati-hati jangan sampai terlambat untuk memperkenalkan sinar matahari apabila bibit sudah mulai berkecambah.

8. Pada saat bibit sudah mulai berkecambah, pindahkan bibit pada rockwol yang sudah dilubangi dan masukkan bibit yang sudah berkecambah itu ke dalam lubang rockwol.

9. Kenalkan bibit yang sudah berkecambah tersebut pada sinar matahari dan jangan lupa menjaga  kondisi rockwol dalam keadaan lembab.

Demikian trik semai dengan menggunakan kain flanel, semoga bermanfaat.