Bila hujan turun deras pada kebun sistem hidroponik beratapkan langit, dengan sistem NFT (nutrient film technic, hidroponik talang landai), yang memakai talang sebagai “gully”, maka banyak air hujan yang masuk ke dalam gully, melalui lubang-tanam pada -tutup yang dibuat dengan jarak antara 15 - 20 cm. Karena gully dipasang dengan kelandaian sekitar tangens 2,5 %, maka larutan pupuk yang sudah berpenambahan air hujan, semuanya mengalir secara gravitasi ke tandon. Kalau hujannya lebat dan panjang, maka penambahan air hujan itu sangat banyak, dapat melebihi daya tampung tandon, melimpahnya larutan nutrisi ke sekeliling, dan menimbulkan kerugian besar dengan hilangnya larutan nutrisi yang begitu berharga.



    Sistem Hidroponik menggunakan sistem nutrient film technic ( NFT ) adalah lebih baik jika menggunakan talang hujan untuk hidroponik  mengapa ? simak menuturan dari Opa Yos berikut ini.

    Menggunakan talang hujan rumah tangga, yang dasarnya rata, memberi kesempatan akar tersebar merata, mencegah tumbuh berdesak-desakan, mengurangi kompetisi menyerap nutrisi dari larutan yang mengalir. Keleluasaan menyerap hara tentunya berpengaruh positif pada penyerapan nutrisi oleh akar, sehingga menyebabkan derajat pertumbuhannya besar.


    Bagaimana cara menanam hidroponik yang baik dan benar ?. Pertanyaan ini kerap kali dipertanyakan oleh para pemula yang baru mengenal bertanam hidroponik. Okey, Kali ini kita akan membahasnya lebih detail tentang tehnik menanam hidroponik yang dilakukan oleh  para penggiat hidroponik di seluruh tanah air. 

    Beberapa tahapan bertanam dengan sistem hidroponik adalah sebagai berikut :

    1. Tahap Penyemaian

    2. Tahap Pindah Tanam

     3. Tahap pembesaran


    Page 1 of 11

    © 2021 Mojokertocyber Media. All Rights Reserved.