Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Kolang Kaling Bagi Kesehatan Tubuh

Sahabat Azzam Rumah Herbal, Kolang Kaling, mungkin sudah tidak asing lagi di Indonesia. Bahkan kita temua saat minum es campur, atau saat membuat adonan kolak, atau makanan sejenis lainnya. Tahukah anda ternyata kolang kaling sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita. Berikut ini adalah manfaat kolang-kaling untuk kesehatan tubuh kita. 

 

Kandungan Gizi Kolang Kaling

Kolang kaling memiliki  kandungan nutrisi yang cukup banyak diantaranya adalah  Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, karbohidrat, gelatin, serat, protein, kalsium, fosfor, zat besi, potasium, dan lain sebagainya. Kandungan nutrisi tersebut sangat baik bagi tubuh kita.

Khasiat Kolang Kaling untuk Kesehatan Tubuh

Beberapa manfaat kolang kaling untuk menjaga kesehatan tubuh antara lain :

Melancarkan Sistem Pencernaan

Kandungan serat pada kolang kaling dengan sensasi rasa kenyal nya memberikan efek mengenyangkan lebih lama dan membantu melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari masalah sembelit dan masalah susah buang air besar.

Menguatkan tulang

Bagia Anda yang sudah berusia lanjut, kolang kaling sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang. Kandungan kalsium yang tinggi pada kolang kaling dapat menjadikan buah ini sebagai sumber kalsium yang baik selain susu.

Menjaga berat badan

Kandungan vitamin dan mineral pada kolang kaling sangat baik untuk tubuh. Selain itu kadar gelatin dan serat dalam kolang-kaling memberikan efek kenyang lebih lama dan mengurangi nafsu makan sehingga berat badan tetap  lebih terjaga.

Mengatasi radang sendi

Kolang-kaling mengandung karbohidrat yang berupa galaktomannan. Fungsi galaktomannan sendiri adalah sebagai analgesic atau pereda sakit sehingga membantu mengatasi masalah pada radang sendi.

Mencegah osteoporosis

Kandungan kalsium dalam kolang kaling membantu menguatkan tulang dan mencegah penyakit osteoporosis.

Kisah Sehat Bersama Kolang Kaling

Aisyah, bukan nama sebenarnya,   yang sudah lama sering mempunyai keluhan sakit pinggang, duduk lama terasa sakit, berdiri lama juga sakit, terlebih saat menggendong anak nya & saat tidur tengkurap sakitnya bukan main. Selama 2 bulan, si penderita makan Kolang Kaling secara rutin, 10 buah tiap hari. Alhamdulillah, setelah beberapa hari rasa sakit mulai berkurang  dan akhirnya semubuh tak ada lagi rasa sakit di pinggang.

Kolang kaling sangat cocok untuk  mnegtasi penyakit pada orang tua yang mengalami masalah persendian. Dengan semakin sering mengkonsumsi buah kolang kaling ini, mereka jarang mempunyai masalah tulang/persendian lagi.  Kebanyakan  masalah pada orang tua adalah proses penuaan jaringan ikat yang dibangun oleh Kolagen yang terdapat pada Kulit, Otot, Tulang, Rambut dan  Kuku.

Kolang kaling mengandung Gelatin yang dapat dicerna oleh tubuh untuk mensintesa Kolagen. Kolang-Kaling juga mengandung Albumin yang adalah Protein Plasma tubuh kita yang mencapai 60%. Kolang-Kaling mengandung serat untuk membantu pencernaan bekerja sama dengan Gelatin & Mineral, Kalium, Kalsium, Fosfor & Besi yg dikandungnya.  Bagi orang Anda  yang sudah berusia diatas 50 thn, yang kadang-kadang  menjumpai problem pada tulangnya; lutut tidak bisa ditekuk; sakit lutut kalau berdiri atau berjalan dan penyakit radang sendi lainnya, cobalah menggunakan kolang kaling sebagai pengobatan alternative nya. Semoga bermanfaat.

 sumber : viva.co.id