Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Tanaman Begonia Untuk Kesehatan

Tanaman begonia merupakan jenis tanaman hias. Begonia merupakan tanaman tropis/subtropis yang berkembangbiak dengan tunas atau dengan stek. Begonia berbunga majemuk, bergerombol, umumnya tersusun berupa rangkaian anak payung menggarpu, berwarna berbeda-beda tergantung pada jenisnya, ada yang berwarna merah muda, ada yang berwarna kuning dan berwarna putih. Bijinya banyak dan kecil-kecil.

 

Meskipun begonia merupakan tanaman hias, bukan berarti begonia tidak memiliki kelebihan apapun selain keindahan bunganya. Karena daun begonia memiliki sejumlah manfaat terutama bagi kesehatan.

 

Kandungan tanaman begonia

Zat kimia yang terdapat dalam tanaman begonia glabra adalah saponin. Selain itu, daunnya mengandung tannin. Bunga begonia mengandung flavonoida, sedangkan di dalam batangnya mengandung polifeenol. Nutrisi lain yang ada di dalam tanaman ini seperti asam oksalat, kalsium, begonin, dan magnesium.

 

Manfaat Begonia untuk kesehatan

Selain bentuknya yang indah, tanaman begonia telah terbukti berkhasiat dalam mengobati berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah:

- Sakit tenggorokan (Pharyngitis)
- Influenza
- Melancarkan peredaran darah
- Menghentikan pendarahan (hemostatis)
- Muntah darah (hematemesis)
- Pendarahan setelah melahirkan
- Haid tidak teratur, tidak datang haid (amenorrhoea)
- Keputihan (leucorrhoea)
- Disentri
- Rematik arthritis
- Bisul (furunculus)
- Bengkak, luka terpukul (swelling)

 

Diolah dari berbagai sumber