Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Pepaya Mencegah Kanker, Penyakit Jantung Dan Rematik

Pepaya yang dijuluki sebagai raja dari buah-buahan mengandung berbagai nutrien yang berkhasiat untuk kesehatan.Selain membantu pencernaan, pepaya sangat penting untuk penderita diabetes karena merupakan sumber yang kaya nutrien antioksidan seperti karoten, vitamin C dan flavonoid.

 

Pepaya juga merupakan sumber istimewa dari vitamin-vitamin B, folate, dan pantothenic acid, mineral-mineral, potassium, magnesium, dan serat. Rinciannya adalah sebagai berikut:

 

Vitamin C 187,87 mg
Folate 115,52 mg
Potassium 781,29 mg
Serat makanan 5,47 gram
Vitamin A 863,36 IU
Vitamin E 3,40 mg

 

Khasiat pepaya

 

Membantu pencernaan

Pepaya mengandung enzim unik yang disebut papain, yang membantu pencernaan. Papain juga dapat digunakan untuk mengempukkan daging

 

Mencegah penyakit jantung

Pepaya membantu mencegah atherosclerosis atau pengerasan arteri dan penyakit jantung diabetik. Khasiat pencegahan ini berasal dari vit C, vit E dan betakaroten yang terkandung didalamnya. Semua unsur ini dikenal sebagai antioksidan.

 

Antioksidan mencegah oksidasi kolesterol yang menyebabkan penimbunan lemak di dalam pembuluh-pembuluh darah. Jika tidak dioksidasikan, kolesterol bisa menempel pada dinding arteri dan menumpuk menjadi plak, yang lama kelamaan dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.

 

Serat tinggi yang terkandung di dalam pepaya dapat menurunkan kadar kolesterol.

 

Mencegah kanker

 

Pepaya menunjukkan dapat mencegah kanker kolon. Khasiat ini kemungkinan berasal dari serat mengikat toksin penyebab kanker di dalam kolon dan menjauhkannya dari sel-sel sehat.

 

Dengan cara ini, sel-sel kanker tidak dapat berkembang. Kandungan folate, vitamin C, beta karoten dan vitamin E juga menurunkan risiko kanker kolon.

Orang-orang yang berisiko tinggi kanker kolon bisa mendapatkan manfaat dari makan pepaya karena kandungan nutriennya melindungi sel-sel kolon dari kerusakan radikal-radikal bebas.

 

Mencegah rematik

 

Pepaya kaya vitamin C, berkhasiat mencegah inflammatory polyarthritis, sejenis arthritis yang mempengaruhi satu atau lebih sendi.

 

Khasiat lain

Pepaya juga mencegah penyakit mata macular degeneration yang bisa menyebabkan kebutaan, melindungi sistem imun, dan mencegah kanker paru.