Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Tidak Hanya Untuk Kecantikan, Bengkoang Juga Bermanfaat Untuk Kesehatan

Bengkoang disebut juga dengan nama besusu, memiliki batang yang kecil dan menjalar liar, daunnya tidak begitu lebar, dan berbentuk seperti perisai. Rasanya yang manis dan segar, membuat bengkoang sangat enak bila dikonsumsi secara langsung. Bengkoang seringnya dijadikan campuran dalam rujak buah, atau manisan.

 

Sebenarnya, bila mendengar kata bengkoang, selalu dikaitkan dengan kecantikan. Memang benar, bengkoang dapat dijadikan sebagai bahan kecantikan. Tetapi selain untuk kecantikan, bengkoang juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh kita. Mengapa demikian? Karena di dalam bengkoang terdapat kandungan gizi yang sangat tinggi diantaranya:

 

eMmiliki kandungan kalori yang sangat rendah, hanya mmeiliki 35 kalori per 100 g. Namun, phyto-nutrisi yang berkualitas tinggi, terdiri dari serat makanan, dan anti oksidan dan sejumlah mineral, dan vitamin.
Merupakan sumber serat terbaik, khususnya sumber yang sangat baik dari inulin oligofructose, serat makanan larut. Bengkoang menyediakan 4,9 mg atau 13% serat. Inulin merupakan karbohidrat lembam manis namun nol kalori. Bengkoang bertindak pada metabolisme di dalam tubuh manusia yang ideal bagi penderita diabetes.
Kaya vitamin C; menyediakan sekitar 20,2 mg atau 34% dari rekomendasi harian vitamin C per 100 g. Manfaat vitamin C yang larut dalam air menjadi anti oksidan yang kuat untuk membantu tubuh mencegah radikal bebas berbahaya, sehingga menawarkan perlindungan dari kanker, peradangan, virus batuk dan dingin.
Mengandung sejumlah kelompok vitamin B kompleks yang berharga seperti folat, riboflavin, piridoksin, asam pantotenat, dan thiamin.

Mengandung  sejumlah mineral sehat yang penting seperti magnesium, tembaga, zat besi dan mangan.
Bengkuang menyediakan sekitar 16 persen dari kebutuhan asam folat harian. 1 cangkir bengkoang, merupakan sumber yang cukup baik dari kalium menawarkan 195 miligram, dari jumlah yang sama seperti yang di dapatkan dalam buah persik, catatan Drugs.com. Kalium adalah zat penting untuk keseimbangan cairan dan mengontrol tekanan darah.

Berikut adalah Beberapa Manfaat Bengkuang Untuk Kesehatan :

 

1 . Membantu mengobati Wasir

Serat dalam bengkuang bisa membantu untuk mengatasi wasir. Hal ini karena manfaat serat adalah membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga BAB menjadi lebih mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit. Dengan demikian, wasir akan semakin mudah dan cepat untuk disembuhkan dengan pengobatan. Untuk mengatasi wasir, buat dalam bentuk jus dan minum setiap bangun tidur di pagi hari.

 

2 . Mengobati Demam

Bengkuang mengandung senyawa kimia yang berkhasiat untuk mendinginkan dan menurunkan demam. Umbi bengkuang dapat dimakan secara langsung atau dibuat menjadi jus dan minum pagi dan sore .

 

3 . Baik untuk Penderita Diabetes Mellitus

Disamping menggunakan obat dokter, bengkuang bisa digunakan untuk membantu mempertahankan kadar gula darah. Serat makanan yang terkandung dalam bengkuang berperan menurunkan kadar gula darah, karena akan diserap pencernaan secara perlahan dan tidak semua diubah menjadi glukosa. Untuk menjaga kadar gula darah tetap normal, bengkuang bisa dibuat jus atau diparut kemudian disaring dan diminum setiap pagi dan sore.

 

4 . Mengobati Sariawan

Sariawan mulut merupakan gejala pengikisan kulit mulut pada bagian dinding dalam pipi atau lidah. Penyebab tamanya adalah kekurangan vitamin C, alergi, atau penurunan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C  Bengkuang yang bekerja sebagai antioksidan bisa membantu mempercepat proses penyembuhan. Bengkuang bisa diberikan dengan cara dibuat jus dan ditambah dengan madu dan air.

 

5 . Sumber fitoestrogen Alami

Fitoestrogen sangat diperlukan oleh wanita untuk mempertahankan kualitas hidup mereka di usia tua. Ketika wanita memasuki masa menopause, maka tubuh tidak lagi memproduksi estrogen dalam jumlah yang cukup, sehingga akan mengalami kecenderungan  kemunduran fisik, termasuk kulit keriput lebih cepat dan tulang menjadi rapuh dan mudah patah. Bengkuang adalah salah satu makanan yang mengandung estrogen, dan baik bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Dengan demikian keluhan yang umum pada masa menopause bisa dihindari, sehingga tubuh menjadi lebih segar dan lebih menarik .

 

6 . Menurunkan Tingkat Kolesterol Darah

Terapi jus bengkuang bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kolesterol dalam darah, hal ini karena adanya kandungan air dan serat yang tinggi. Selain serat dan kadar air tinggi, kandungan vitamin C dalam bengkuang juga berfungsi sebagai antioksidan yang juga dapat membantu pengurangan kadar kolesterol.

 

7 . Mengurangi Produksi Asam Lambung

Ahli Naturopathic menyarankan untuk mengkonsumsi Bengkuang dalam keadaan segar.  Hal ini karena sifat umbi yang dingin dan alkali, sehingga lebih cepat menyerap asam lambung yang berlebih .

 

8 . Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan vitamin C dan beberapa fitonutrien yang ditemukan dalam bengkuang  bisa meningkatkan dan menjaga sistem kekebalan tubuh, sehingga relatif  bisa terhindar dari serangan berbagai infeksi dan penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya.

 

9 . Kecantikan

Nutrisi dalam Bengkuang juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan yang baik untuk paket kecantikan. Tidak mengherankan jika saat ini bengkuang banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat berbagai krim dan lotion tubu . Salah satu cara tradisional perawatan kecantikan wajah adalah dengan membuat masker wajah dari bengkuang . Caranya sangat mudah, parut bengkuang dan kemudian tumbuk sedikit sebelum mengaplikasikannya pada wajah dengan menggosoknya sebentar dengan gerakan memutar. Manfaat yang akan didapatkan dengan cara ini adalah melindungi kulit wajah dari panas matahari, mencerahkan kulit wajah secara alami, dan membantu menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah. Selain itu, masker yang terbuat dari bengkuang akan meredakan atau mengempiskan jerawat dan membantu mengurangi bekas luka akibat jerawat

 

Resiko Kesehatan Pada Bengkoang

 

Bengkoang secara alami tinggi serat, sementara itu serat penting untuk diet sehat dan dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah, mencegah dan meringankan sembelit. Namun terlalu banyak serat dalam waktu yang cepat dapat menyebabkan efek samping pencernaan. Hal ini secara khusus dapat menyebabkan sakit perut dan sembelit dapat  jika tiba-tiba meningkatkan asupan serat dalam makanan. Untuk mengurangi kemungkinan ini terjadi, terutama jika diet pada awalnya rendah serat, lakukan secara bertahap untuk meningkatkan asupan serat. Melunakkan serat makanan dengan memasaknya, akan membuat serat lebih mudah dicerna.

 

Tanaman bengkoang mengandung toksin organik yang larut dalam lemak yaitu rotenone dalam jumlah yang banyak. Hal ini terkonsentrasi di bagian puncak daun, batang etapi tingkat yang jauh lebih rendah di akar. Beberapa studi menemukan bahwa hal ini terkait dengan perkembangan penyakit Parkinson. Namun, akar yang dikupas akan aman untuk dikonsumsi manusia, termasuk pada anak-anak. Rotenone bekerja pada tingkat sel, dengan menghambat beberapa enzim metabolik seperti dehidrogenase di mitokondria. Di luar itu, mereka digunakan sebagai insektisida lingkungan yang aman dan racun ikan.

 

Diolah dari berbagai sumber