Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Krokot Untuk Kesehatan

Selama ini, kita mungkin menganggap krokot merupakan tumbuhan liar yang menghiasi pekarangan rumah kita. Tumbuhan yang memiliki batang kecil dan lunak dengan warna merah dan daunnya kecil-kecil. karena menganggapnya tumbuhan liar, kita tidak sadar ternyata tumbuhan ini bisa juga untuk dikonsumsi. Bukan hanya itu saja, ternyata tumbuhan ini juga memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh kita.

 

Kandungan zat yang terdapat di daun krokot


Tanaman krokot mengandung omega tiga, asam linolenat, KCl, KSO4, KNO3, nicotinic acid, tanin, saponin, vitamin A, B, C, l-noradrenalin, noradrenalin, dopamin, dan dopa. Krokot juga merupakan sumber beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pyridoxine dan karotenoid, serta mineral diet, seperti besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan.Krokot mengandung 2 jenis pigmen betalain alkaloid dan beta – xanthins. Kedua jenis pigmen yang ampuh sebagai antioksidan dengan khasiat anti-mutagenik.

Manfaat krokot untuk kesehatan

 

Untuk mengobati pembengkakan pembuluh darah
Untuk memperlancar buang air besar

Disenteri, diare akut
Radang akut usus buntu (appendicitis acuta)

Radang payudara ( mastitis)

Wasir berdarah (Hemorrhoidal bleeding)
Badan sakit dan pegal (Rheumatism)
Keputihan
Gangguan sistim saluran kencing
Sakit kuning (Hepatitis)
Cacingan
Sesak napas (biji dan buahnya)

 

Ramuan Obat Herbal Krokot

 

Untuk Disentri dan Maag
Herba krokot yang masih segar sebanyak 50 gram diuapkan selama 3-5 menit, lalu ditumbuk halus dan diperas hingga terkumpul air perasannya kurang lebih 150 cc. Minum sebanyak 50 cc, sehari tiga kali hingga sembuh.

 

Ramuan untuk Mengobati Bisul
Untuk bisul minum teh krokot setiap hari sebanyak sepertiga cangkir teh, hingga bisul dirasakan mengempis dan kering atau hilang sama sekali.

 

Krokot untuk mengobati Kencing darah
Krokot yang sudah dalam bentuk herba sebanyak 100 gram digodok bersama herba daun sendok sebanyak 25 gram. Saring airnya dari ampas herba, hangatkan dan minum. Lakukan hingga kencing darah berhenti.

 

Mengatasi Jantung berdebar serta Gugup / Gelisah
4 batang krokot dicuci lalu digiling, tambah setengah cangkir air putih matang, dan satusendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring airnya lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari hingga gejala jantung berdebar berkurang atau berhenti sama sekali.
Atau :
Herba krokot segar sebanyak 25 gram dikukus sebentar lalu digiling halus dan diperas. Minum air perasannya setelah tidak panas. Lakukan hingga gejala gugup dan gelisah mereda.

 

Obat Demam
2 batang krokot dicuci dan direbus, tetapi tidak perlu sampai matang, makan selagi hangat. Lakukan hingga demam menurun.

 

Krokot untuk Sakit kuning(juga untuk radang gusi)
Herba krokot sebanyak 200 gram digodok, dinginkan airnya lalu minum. Lakukan hingga sakit mereda.

 

Borok, radang kulit
Herba krokot segar segenggam dicuci bersih, ditumbuk halus, tambahkan sedikit garam. Oleskan pada bagian yang sakit.

 

Radang akut usus buntu
Ambil herba segara krokot segenggam, dicuci bersih lalu ditumbuk dan diperas sampai terkumpul lebih kurang 30 mililiter (ml). Tambahkan gula putih secukupnya dan air matang yang sudah dingin sampai menjadi 100 ml, minum, lakukan tiga kali sehari.

 

Krokot untuk mengatasi Keputihan :
200 gram krokot dijuice dan diambil airnya kemudian masukkan putih telur lalu di tim. Makan selagi hangat.