Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Pakis atau jenis tanaman yang termasuk ke dalam tanaman paku yang hidup berkelompok. Pakis termasuk tanaman tracheophyta yang biasanya berkembang biak dengan biji tetapi pada pakis berkembang biak dengan menggunakan penyebaran spora.

 

Di beberapa negara, pakis dijadikan sebagai bahan utama dari masakan yang mereka konsumsi. Seperti di Nepal, India, America, Kanada, dan Indonesia tentunya. Sudah banyak sekali variasi – variasi masakan dari pakis ini. Pakis sendiri memiliki tekstur yang renyah dan mirip seperti rasa kangkung, sehingga dapat pula menjadi pengganti kangkung dalam konsumsi makanan sehari – hari. Warna pakis yang hijau segar juga sangatlah menggoda selera anda ketika akan mengkonsumsinya.

 

Apa saja kandungan gizi, dan manfaat sayur pakis bagi tubuh?

 

Sebagai jenis sayur – sayuran yang dapat dikonsumsi dengan mudah, pakis ternyata memiliki banyak sekali kandungan gizi dan manfaat yang sangat baik bagi tubuh kita. Berikut ini adalah kandungan gizi dan manfaat – manfaat dari sayur pakis :

 

1) Vitamin A
100 gr sayur pakis mengandung kira – kira 3617 IU. Ini sama dengan 120% kebutuhan vitamin A yang dibutuhkan oleh tubuh dalam satu hari. Tentu saja hal ini sangat berguna bagi tubuh kita, karena vitamin A yang terkandung di dalam sayur pakis dapat menjadi antioksidan tubuh, Menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, Mencegah terjadinya kanker paru – paru, Menjaga kesehatan mata, dan mencegah terjadinya gangguan pada mata, Mencegah terjadinya kanker pada rongga mulut, Menjaga kesehatan kulit

 

2) Flavonoid
Flavanoid merupakan senyawa yang berfungsi untuk melakukan konversi vitamin A, yang terdiri dari senyawa alfa karoten dan beta karoten.
Manfaat Flavonoid sendiri antara lain sebagai berikut :Antioksidan, Mengusir radikal bebas dalam tubuh, Mencegah penuaan dini, Menghindari penyakit mematikan, Efektif mengusir virus, Menghindari trombus, Sistem kekebalan tubuh, Mencegah diare,

 

3) Vitamin C
Sudah bukan rahasia umum apabila jenis – jenis sayuran hijau memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Begitu pula dengan pakis. 100 gr sayur pakis mengandung 26.6 mg vitamin C. tentu saja hal ini akan sangat membantu dalam pemenuhan kebutuhan vitamin C tubuh dalam sehari.

Berikut ini manfaat dari Vitamin C :
Meningkatkan daya tahan tubuh, Membantu menangkal radikal bebas, Sebagai zat anti oksidan, Mencegah kanker, radang, dan virus lain, seperti flu dan demam Mencegah sariawan dan gusi berdarah

 

4) Kalium
Sayur pakis ternyata juga memiliki kandungan kalium yang tinggi, dan tentunya sangat berguna bagi tubuh kita. 100 gr sayur pakis mengandung 370 mg kalium dan memberikan 7 % kebutuhan kalium tubuh dalam satu hari.
Berikut ini manfaat dari kalium :
Menurunkan tekanan darah tinggi, Membantu proses penguatan tulang, Mengurangi detak jantung yang berlebihan

 

5) Vitamin B Kompleks
Pakis juga mengandung vitamin B kompleks yang tinggi. Yang termasuk ke dalam vitamin B kompleks antara lain :
Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B3, Vitamin B5, Vitamin B6, Vitamin B7, Vitamin B9, Vitamin B12, Vitamin B kompleks yang terkandung dalam sayur pakis ini dapat berguna untuk banyak hal, antara lain menjaga daya tahan tubuh, Membantu proses pembentukan sel darah merah, Pembelahan sel, Pengoptimalan fungsi otak, Pembentukan jaringan tubuh, Memperlancar metabolism tubuh

 

6) Kalsium dan Fosfor
Dalam 100 gr sayur pakis, mengandung 32 mg kalsium dan juga fosfor. Kedua zat ini sangat berguna, terutama untuk segala hal yang berhubungan dengan tulang, dan pemenuhan nutrisi dari tulang kita.

Mungkin ada hal menarik yang anda tangkap ketika melihat kandungan gizi pada 100 gr sayur pakis diatas. Yap, sayur pakis memiliki kandungan nol kolestrol, rendah lemak dan rendah kalori. Hal ini tentu saja sangat berguna bagi anda yang sedang melakukan program diet sehat, ataupun bagi anda yang sedang menghindari makanan dengan kolestrol yang tinggi. Selain itu, kandungan protein yang dimiliki oleh sayur pakis juga tergolong tinggi, yaitu 4.55 gr per 100 gr sayur pakis. Protein ini dapat berguna untuk : Membantu pembentukan otot, Menjaga daya tahan tubuh, Menambah kekuatan dan tenaga pada tubuh.

 

Efek Samping daun Pakis

 

Meskipun berbagai pakis memiliki banyak manfaat kesehatan, disarankan untuk mengambil saran dokter sebelum mengkonsumsi jumlah besar. Banyak pakis yang mengandung zat beracun, sehingga sangat penting kita dapat  memverifikasi dari sumber yang otentik apakah pakis tertentu aman untuk dikonsumsi. Pakis maidenhair tidak cocok untuk wanita hamil seperti yang dikenal sebagai alat kontrasepsi. Dosis yang berlebihan dari ekstrak pakis untuk laki-laki dapat menyebabkan kelemahan otot, koma, dan bahkan cedera pada mata. Untuk pakis jenis Pteridium aquilinum memiliki potensi dapat menyebabkan kanker. Pakis yang aman adalah dari jenis Ostrich yang telah bebas dari senyawa beracun penyebab kanker. Maka sebelum membeli harus memastikan bahwa pakis yang kita makan adalah aman untuk dikonsumsi.

 

DIolah dari berbagai sumber