Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Mengenal Edamame Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Edamame biasanya disebut orang Indonesia sebagai kedelai Jepang. Edamame merupakan sejenis tanaman kacang-kacangan dan dimasukkan dalam kategori sayuran. Bahkan di Jepang, negara asal kedelai ini, edamame dijadikan sebagai camilan yang menyehatkan.

 

Untuk sebagian orang di Indonesia, kedelai edamame mungkin masih terdengar asing. Biasanya kedelai edamame banyak dijumpai di restoran Jepang atau restoran berkelas lainnya untuk disantap atau dimasak menjadi sup. Selain itu saat ini juga banyak ditawarkan edamame dalam bentuk beku di pasaran.

 

Kandungan Gizi Kacang Edamame

 

EdamameKacang edamame merupakan bahan pangan berwarna hijau yang kaya akan serat. Kandungan gizi seperti vitamin A, C, hingga protein tinggi dan serat dapat memenuhi kebutuhan nutrisi dengan baik untuk tubuh Anda. Selain itu, kacang ini juga mengandung mineral, 9 jenis asam amino esensial, hingga antioksidan yang cukup tinggi. Adapun kandungan gizi lain dari kacang edamame ini yaitu karbohidrat dan kalori yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

 

Manfaat Edamame

Kini, simak manfaat edamame apa saja yang Anda dapatkan jika mengkonsumsi bahan makanan ini, Ternyata sangat baik untuk kesehatan dan berbagai potensi lainnya untuk tubuh.

 

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kacang edamame mengandung kandungan antioksidan tinggi yang berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jika rajin mengkonsumsi kacang edamame, Anda akan terhindar dari pengaruh cuaca yang tak menentu yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh Anda. Dengan sistem kekebalan yang baik dari pengaruh antioksidan ini, Anda dapat terhindar dari serangan kanker.

 

2. Mengurangi Risiko Kanker

Kandungan isoflavinnya yang tinggi juga bermanfaat dalam mengurangi resiko kanker prostat maupun kanker payudara. Isoflavin merupakan senyawa yang juga berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia sebagai pencegah sel kanker.

 

3. Meringankan gejala menopause

Adapun manfaat edamame lainnya yaitu data meringankan gejala menopause. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin E, A, dan vitamin lainnya yang mampu meningkatkan keremajaan kulit hingga memperbaiki sel organ dalam terpenting bagi tubuh. Kandungan vitamin E juga bermanfaat dalam menyuburkan rambut dan mengurangi penurunan pigmen di rambut sehingga warnanya tidak mudah berubah menjadi putih.

 

4. Mempercepat proses pembekuan darah
sponsored links

Kandungan vitamin K yang tinggi juga sangat berfungsi untuk mempercepat proses pembekuan darah. Hal ini sangat baik untuk Anda yang beresiko sering jatuh lecet di kulit untuk meredakannya dengan cepat. Kacang edamame juga berfungsi sebagai pencegah osteoporosis dan penyakit alzheimer.

 

5. Mencegah hipertensi dan penyakit jantung

Kacang ini memiliki manfaat untuk menghindarkan Anda terserang penyakit jantung hingga tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang secara aktif dapat menghancurkan lemak menumpuk didalam tubuh sebagai penyebab terjangkitnya penyakit jantung dan darah tinggi. Kacang ini juga berkhasiat sebagai zat anti inflamasi sehingga rasa perih, nyeri, dan pegal dari peradangan dapat disembuhkan dengan cepat ketika Anda mengkonsumsi kacang ini.

 

6. Baik untuk sistem pencernaan

Edamame mengandung kandungan serat yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kineja sistem pencernaan pada manusia. Hal ini sangat baik bagi Anda yang sedang melakukan program diet karena serat akan membantu Anda dalam mengecilkan ukuran perut. Bukan hanya itu saja, kandungan karbohidrat kompleks dari kacang ini memberikan manfaat lebih untuk memberikan rasa kenyang yan lebih lama sehingga Anda dapat menekan keinginan untuk makan dalam porsi yang besar.

 

Diolah dari berbagai sumber