Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Buah Kelengkeng Bagi Tubuh

Siapa yang tidak mengenal buah kelengkeng. Buahnya bulat kecil-kecil, bergerombol, kulitnya agak tipis keras. Ketika masih muda, kulitnya berwarna hijau, ketika sudah matang, kulitnya berubah menjadi kecoklatan.  Permukaan luar buah terasa kasar dan berbintil, dagingnya terlihat putih bening dengan biji berwarna hitam di tengah daging buah. Rasanya manis.

 

Kandungan nutrisi buah kelengkeng diantaranya adalah vitamin A, vitamin B, B1, B2, B3, vitamin C, kalsium, zat besi, mangan, fosfor, kalium, seng, magnesium dan juga asam tartik selain itu terdapat senyawa lainnya yaitu fitokimia dan senyawa lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

 

Manfaat buah kelengkeng

 

Kelengkeng baik untuk sistem syaraf dan sangat direkomendasikan sebagai anti-depresan
Kelengkeng memberikan efek menenangkan, meningkatkan fungsi syaraf, mengatasi iritasi dan mengurangi rasa lelah. Kelengkeng juga dapat mengobati insomnia dan  penyakit kelainan tidur lainnya.

 

 

Kelengkeng membantu kerja jantung dan limpa
Dengan mengurangi stres dan kelelahan, kelengkengkeng memperingan kerja jantung dan limpa. Kelengkeng juga dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskuler dan stroke.

 

Kelengkeng mempercepat penyembuhan dan memperpanjang harapan hidup
Bersama dengan polifenol, kelengkeng dapat memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel.  Kelengkeng juga bisa mengurangi risiko terserang beberapa tipe kanker.

 

Kelengkeng melancarkan sirkulasi darah
Ini mengapa kelengkeng bisa dimanfaatkan untuk mencegah anemia. Selain itu, kelengkeng terbukti mampu mengendalikan kadar zat besi dalam tubuh.

 

Kelengkeng bagus untuk diet
Kelengkeng memiliki kadar lemak dan kalori yang sangat rendah. Setengah mangkuk kelengkeng hanya mengandung 35 kalori, pilihan yang tepat untuk diet.

 

Kelengkeng merupakan pemasok energi yang baik untuk tubuh
Meskipun memiliki lemak dan kalori yang rendah, kelengkeng mengandung karbohidrat kompleks yang dapat memasok energi dan meningkatkan stamina.

 

Kelengkeng kaya akan Vitamin C
Banyak sekali kegunaan Vitamin C untuk menusia, termasuk meningkatkan ketahanan dan juga melindungi tubuh dari demam dan flu.

 

Kelengkeng bermanfaat untuk kulit
Kelengkeng bagus untuk kulit karena mengandung material ­anti-aging. Utamanya, kelengkeng mencegah kerutan kulit di dekat mata, meminimalisir kerusakan dan pengelupasan kulit serta mencerahkan warna kulit.

 

Biji kelengkeng terbukti dapat mengobati gigitan ular
Mengurut daerah yang digigit oleh ular dengan biji kelengkeng dapat menghisap racun sekaligus menyembuhkan lukanya.

 

Biji Kelengkeng menjaga keindahan rambut
Zat saponin yang dikandung biji kelengkeng adalah bahan dasar sampo yang dapat membuat rambut menjadi indah.