Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Mengenal Asparagus Dan Khasiatnya

Mungkin tidak banyak yang mengetahui asparagus. Asparagus merupakan jenis sayuran dari genus Asparagus. Asparagus merupakan sayuran yang tidak hanya enak rasanya, tetapi juga sangat menyehatkan.

 

Kandungan nutrisi yang terdapat di asparagus sangat banyak, selain mengandung serat makanan sehingga dapat melancarkan sistem pencernaan, asparagus  juga banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E, kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin K, tiamin, riboflavin, rutin, niasin, zat besi, fosfor, potassium, tembaga, mangan, dan selenium.  Kandungan kalorinya yang rendah, tidak mengandung lemak atau kolesterol, dan memiliki kandungan sodium yang sedikit.

 

 

Berikut manfaat asparagus bagi kesehatan

 

Dalam asparagus juga banyak terkandung asam folat.
Asam folat dapat membantu memudahkan mendapatkan kehamilan. Selain itu, asam folat sangat berguna bagi ibu hamil dan janin, untuk melindungi cacat tabung saraf bada bayi. Terus mengkonsumsi asparagus setelah kelahiran juga akan memperlancar produksi air susu Ibu (ASI).


Berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Khasiat asparagus bagi tubuh antara lain mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.

 

Berkhasiat untuk mencegah penyakit radang sendi, baik untuk penderita artritis, melindungi pecahnya pembuluh darah, mampu perbaiki kinerja ginjal, dan usus karena sifat diuretiknya (mengeluarkan cairan yang tak berguna dari tubuh dalam bentuk air seni). Dengan kata lain akibat efek diuretik ini akan membuat saluran urin menjadi lebih lancar dan mampu menghilangkan kristal ginjal. Namun jangan heran bila setelah mengkonsumsi asparagus, urin Anda agak sedikit berbau tajam seperti sehabis memakan petai.

 

Asparagus dapat mencegah kram selama menstruasi.


Asparagus memiliki antioksidan sehingga mencegah efek-efek penuaan.


Asparagus mampu menaikkan lib*do dan memberikan rasa nyaman.


Asparagus membantu dalam treatmen penyakit HIV.


Asparagus membantu mencegah multiple sclerosis.


Asparagus membantu mencegah penyakit kudis.


Asparagus juga bagus untuk mata karena dapat mencegah katarak.


Makan asparagus juga mampu menutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok.


Asparagus juga dapat menangkal kanker, khususnya kanker paru. Kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor, dan meningkatkan produksi sel darah putih.


Asparagus juga berguna bagi penderita sakit gigi.

 

Cara meyimpan asparagus, Anda dapat memotong bagian dasarnya, lalu dirikan di dalam wadah berisi air dingin. Tutup dengan kantong plastik dan simpan di lemari pendingin.

 

Untuk mengolahnya, memang mengolah asparagus agak rumit, karena bagian batangnya lebih lama matang dibanding ujungnya. Anda dapat mengolah asparagus dengan cara mengukusnya, atau masukkan dalam macrowaveselama 2-5 menit. Atau Anda dapat merebusnya dengan cara diikat, lalu didirikan dalam panci berisi air mendidih yang diberi sedikit garam. Tutup atasnya dengan foil, rebus sekitar 4-6 menit atau sampai bagian ujungnya lunak. Hidangkan dalam keadaan dingin atau hangat atau campur dengan hidangan lainnya.

 

Diolah dari berbagai sumber