Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Rebung Bambu Kuning Berkhasiat Mengatasi Batu Ginjal

Pada pembahasannya sebelumnya, kita telah membahas tentang batu ginjal, mulai dari mengenal apa batu ginjal,  bagaimana gejala klinisnya, penanganan secara klinis dan pencegahannya. Dan kini kita akan membahas tentang penanganan batu ginjal dengan menggunakan rebung bambu kuning.

 

Sekilas kita akan mereview batu ginjal. Batu Ginjal merupakan material mineral kristal yang keras yang terbentuk di dalam ginjal atau saluran kencing.

Batu ginjal terbentuk jika terjadi penurunan volume urin dan/atau kelebihan zat pembentuk batu di urin. Jenis batu ginjal yang paling sering adalah kalsium kombinasi dengan oxalat atau fosfat. Senyawa kimia lain yang dapat membentuk batu di saluran kencing adalah asam urat asam amino cystine. Penyebab batu ginjal diantaranya adalah akibat kurangnya masukan cairan (dehidrasi), penyumbatan aliran urin, infeksi pada saluran kencing, dan faktor gen.

 

Pengobatan penyakit ini ditentukan oleh jenis batunya, misalnya batu kalsium dapat dicegah dengan mengurangi konsumsi makanan berkalsium seperti makanan olahan dari susu, kedelai. Untuk batu asam urat biasanya diberikan obat alupurinol atau dengan mengubah suasana asam dengan garam natrium bikarbonat di samping obat alupurinol tadi. Sedangkan batu yang tidak disertai adanya ekskresi kalsium atau asam urat tinggi, dicoba dengan minum banyak dulu, belum perlu obat. Jika menghendaki cara yang lebih canggih, dapat digunakan sinar laser, tindakan bedah seperti menembak batu (ESWL), ureteroskopi (alat teropong sekaligus dapat menghancurkan batu), atau PCN (percutaneous nephrolythotomy) alat masuk dari dinding belakang ke dalam ginjal dan batu diambil atau dihancurkan. Tindakan lain adalah operasi. Untuk mencegahnya, terapkan pola makan yang sehat dan seimbang dan jangan makan garam dan protein yang berlebih. Untuk batu asam urat, hindari konsumsi berlebihan jeroan, alkohol, kaldu, dan sea food.

 

Selain ditangani secara klinis, ternyata batu ginjal dapat ditangani dengan mengkonsumsi rebung bambu kuning. Nutrisi utama yang terdapat dalam rebung adalah protein, asam amino, lemak, gula dan garam anorganik. Rebung kaya akan protein, mengandung antara 1,49 dan 4,04 gram (rata-rata 2.65g) per 100g rebung segar. Rebung menghasilkan delapan protein penting dan dua asam amino semi esensial. Kandungan lemak dalam rebung relatif rendah yaitu hanya sekitar 0,26-0,94% saja, manfaat rebung juga sangat kaya akan asam lemak esensial. Kadar gula dalam rebung rata-rata berkisar 2,5% lebih rendah dibanding sayuran lainnya. Kandungan air dalam rebung +/- mencapai 90%.

 

Cara membuat:

    Ambil rebung bambu kuning lalu iris iris hingga tipis.
    Jemurlah hasil irisan tadi dibawah sinar matahari.
    Setelah itu rebus dengan menggunakan air yang bersih, tunggu sampai mendidih sampai warnanya seperti teh.
    Tuangkan pada wadah untuk diminum.


Minumlah ramuan alami dengan 1 hari 3 kali pada pagi hari, siang hari dan malam hari.