Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Mengenal Bawang Dayak Dan Khasiatnya Untuk Kesehatan

Bawang Dayak, dari namanya sudah dapat diketahui bahwa tanaman ini merupakan sejenis bawang-bawangan. Bila dilihat dari namanya, mungkin orang mengira bahwa tanaman bawang ini berasal dari Kalimantan sesuai dengan suku yang berasal dari Kalimantan. Hanya saja, bawang Dayak sebenarnya berasal dari Amerika. Tetapi bawang dayak banyak tumbuh di Kalimantan. Maka tidak salah juga jika dinamakan bawang Dayak. Selain bernama bawang dayak, tanaman ini juga dikenal dengan nama bawang sabrang, bawang berlian.

 

Bawang dayak tumbuh di daerah dengan ketinggian 600 hingga 1500 mdpl. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di hutan yang lembab dan gelap. Bagian yang paling banyak dimanfaatkan adalah umbinya.Namun, berbeda dengan jenis bawang lain yang biasa dipakai sebagai bumbu masakan, umbi bawang dayak lebih banyak dipakai sebagai obat herbal karena memiliki kandungan gizi yang sangat banyak.

 

Berikut adalah kandungan yang ada pada bawang dayak yang berkhasiat untuk kesehatanmu:

 

Alkaloid


Alkaloid adalah senyawa yang sifatnya basa dan paling banyak terdapat di tumbuhan. Bahan makanan yang mengandung alkaloid memiliki khasiat untuk membersihkan racun dari dalam tubuh yang merupakan hasil sisa zat makanan dan radikal bebas baik yang berasal dari dalam maupun luar tubuh. Sedangkan pada bawang dayak, alkaloid bekerja sebagai antimikroba sehingga tubuh tidak mudah terinfeksi mikroba penyakit.

 

Flavonoid


Flavonoid merupakan zat pewarna alami pada tumbuhan yang pada umumnya memberi warna merah, ungu, biru, dan sebagian warna kuning. Makanan yang mengandung flavonoid biasanya dijadikan tanaman obat karena sifatnya yang antikarsinogen atau antikanker. Selain untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, flavonoid juga bersifat antiinflamasi, antidiabetes, antidepressant, dan sebagai obat diuretic atau obat pelancar urin.

 

Glikosida


Glikosida merupakan senyawa turunan karbohidrat yang biasanya terikat dengan gula. Dalam obat, glikosida sering digunakan sebagai obat pencahar, obat jantung, obat kolesterol, dan obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

 

Saponin


Selain pada bawang dayak, saponin juga banyak ditemukan di bahan makanan lain seperti almond, kacang mete, kacang tanah, biji wijen, biji bunga matahari, dan lain sebagainya. Saponin diketahui dapat membantu mencegah kegemukan atau obesitas, mencegah berbagai macam kanker terutama kanker usus besar dan kanker prostat, dan sebagai zat antioksidan yang baik.

 

Tanin


Tanin pada umbi bawang dayak berguna untuk mencegah dan mengatasi diare dengan menghambat cairan keluar masuk dari usus, penawar racun atau antidotum, dan antioksidan yang menghambat sel-sel kanker berkembang biak di dalam tubuh.

 

Berikut ini beberapa khasiat yang dihasilkan oleh bawang dayak terutama untuk kesehatan:

 

Melancarkan peredaran darah


Bawang dayak memiliki khasiat untuk memperlancar sistem peredaran darah di dalam tubuh. Manfaat ini akan sangat dirasakan oleh penderita asam urat. Selain itu, bawang dayak juga diklaim mampu membuat kadar gula darah menjadi netral pada penderita diabetes

 

Memperbaiki sistem pernapasan


Bawang dayak juga sangat berguna untuk sistem pernapasan seperti untuk mencegah timbulnya lendir dan plak pada paru-paru serta membuang kotoran yang diakibatkan oleh udara kotor. Selain itu, bawang dayak juga dapatt mengeluarkan lendir di saat batuk serta mencegah radang paru-paru

 

Menjaga kesehatan organ reproduksi wanita


Bagi para wanita, dbawang dayak ini memiliki peran penting dalam menhada kesehatan organ reproduksi. Beberapa manfaat tersebut adalah melancarkan datang bulan, mengatasi rasa sakit ketika datang bulan, mencegah keputihan, serta membersihkan area organ intim.

 

Melancarkan metabolisme


Bawang dayak juga dapat melancarkan sistem metabolisme pada tubuh seperti mengatasi sembelit, radang usus, dan penyakit ginjal. Selain itu juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga stamina.

 

Menguatkan tulang


Kekurangan kalsium di dalam tubuh biasanya berimbas pada timbulnya penyakit yang berkaitan dengan tulang. Salah satunya adalah pengapuran tulang atau yang biasa disebut osteoporosis. Bagi para manula, mengkonsumsi bawang dayak sangat dianjurkan karena bawang ini memiliki kalsium yang melimpah.

 

Melancarkan ASI


Bawang dayak juga dapat menangani masalah yang biasanya dialami oleh ibu yang baru melahirkan. Beberapa masalah tersebut diantaranya adalah air susu yang tidak lancar, demam, mual hingga kaki bengkak.