Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Ubi Jalar Untuk Kesehatan

 Ubi jalar sering kita konsumsi sebagai makanan pendamping atau makanan pengganti. Ubi jalar dapat ditanam dengan mudah di ladang atau sawah. Bukan hanya umbi ubi jalar saja yang dapat kita manfaatkan, tetapi daunnya pun dapat kita oleh sebagai sayuran pelengkap menu makanan kita. Bukan hanya rasanya yang enak, tetapi juga mangandung nutrisi yang tinggi didalamnya.

 

Kandungan vitamin yang terdapat dalam daun tanaman ubi jalar menurut sebuah penelitian

 

Wilmer Barrera dan David Picha dari Louisiana State University Agricultural Center yang menerbitkan sebuah studi penelitian di HortScience yang menunjukkan bahwa daun ubi jalar matang dan muda bisa memberikan sejumlah besar vitamin B6 dan beberapa vitamin penting lainnya.

 

Menurut Barrera dan Picha, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan asam askorbat, thiamin, riboflavin, dan konten vitamin B6 dalam berbagai jaringan yang dimakan dari ubi jalar jenis “beauregard” dan “LA 07-146″, dua kultivar ubi jalar komersial yang penting di Louisiana. Para ilmuwan menganalisis berbagai jenis jaringan ubi jalar (daun tua, daun muda, tangkai muda, tunas, bagian bunga, dan  akar) dari plot ubi jalar di Louisiana State University pada akhir Oktober dan berikutnya lagi September. Mereka melakukan percobaan ketiga untuk mempelajari kandungan vitamin yang larut dalam air diantara jaringan umbi dari ubi jalar yang berbeda.

 

Analisis penelitian

 

Analisis ini menunjukkan adanya perbedaan kandungan total asam askorbat (AA) di antara beberapa jenis jaringan dari tanaman ubi jalar. Daun yang muda mengandung konten AA paling tinggi, diikuti oleh daun matang dan tunasnya. Tunas juga berisi konten AA yang jauh lebih tinggi daripada baian akar atau umbi ubi jalar, kembang, dan jaringan tangkai daun. Hasil ini menguatkan penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa daun ubi jalar merupakan sumber asam askorbat yang baik, dan daun yang muda memiliki kandungan AA tertinggi, seperti yang dicatat para ilmuwan. Percobaan juga menunjukkan terdapatnya kandungan thiamin pada daun, namun penulis mengatakan temuan ini berbeda dari penelitian sebelumnya. Kurangnya thiamin dalam hasil penelitian bisa dijelaskan karena perbedaan kultivar, pungkas peneliti.
Mengandung riboflavin (vitamin B2)

 

Hasil juga menunjukkan bahwa senyawa riboflavin berbeda pada setiap jaringan tanaman yang berbeda, tapi secara konsisten lebih tinggi pada bagian daun; daun yang tua mengandung lebih banyak riboflavin daripada daun yang muda dan jaringan tanaman lainnya termasuk akar. Bagian daun juga mengandung vitamin B6 lebih tinggi jika dibandingkan dengan jaringan tanaman yang lain. Daun yang telah dewasa mengandung 3,4 kali lebih tinggi vitamin B6, jika dibandingkan vitamin B6 pada bagian umb

 

Berikut adalah manfaat daun ubi jalar :

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Bisul

Ambil 10 grm daun ubi jalar yang masih segar, kemudian di cuci hingga bersih, lalu ditumbuk sampai lumat lalu ditempelkan pada bisul.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Demam berdarah

Gunakan Satu ikat daun ubi jalar, kemudian direbus dengan satu liter air, setelah dingin, saring dan minum air rebusan sebagai pengganti air minum kira-kira satu liter setiap hari.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Rabun

Gunakan 1/2 genggam daun ubi jalar merah, lalu dicuci bersih dan diparut, kemudian campur dengan 3 sendok makan air masak dan 2 sendok makan madu. Kemudian diperas dan disaring. Minumlah air ramuan yang sudah disaring tersebut 3 x sehari sampai sembuh.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Mabuk perjalanan

Gunakan ubi jalar secukupnya, lalu cuci bersih, dan dimakan sedikit demi sedikit selama dalam perjalanan.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Diabetes melitus

Gunakan 100 grm ubi jalar, cuci bersih, dan tambahkan 15 grm kulit labu bligo “benincasa hispida”, dan 50 grm biji alpukat, direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, saring dan diminum airnya, sedangkan ubinya dimakan.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Sakit tenggorokan

Ambil daun ubi jalar secukupnya yang di perlukan pengobatan. lalu di jemur hingga benar-benar kering, kemudian di tumbuk hingga halus dan di seduh dengan air panas, kemudian di minum pada pagi hari.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Cacingan dan susah buang air besar

Gunakan daun ubijalar secukupnya kemudian daun ubi jalar tersebut dibuat jus lalu diminum, dan bisa juga dengan cara merebus daun ubi jalar secukupnya lalu meminum air rebusan tersebut.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Bronchitis

Kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis. Ubi jalar juga dipercaya bisa menghangatkan tubuh (mungkin karena rasa manis serta nutrisi lainnya).

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Arthritis

Kandungan betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Kanker

Kandungan daun ubi jalar berfungsi untuk mencegah dan mengobati kankeng sebagai berikut : betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

Daun Ubi jalar Untuk Obat Radang lambung

 

Kandungan yang terdapat dalam daun ubi jalar adalah Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung. Selain itu, serat yang dikandung ubi jalar bisa mencegah terjadinya konstipasi dan penimbunan asam, sehingga akan menurunkan kemungkinan terjadinya radang lambung.

 

Daun Ubi jalar Untuk Obat Diabetes

Makanan satu ini sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin. Tetapi, tidak berarti kalau pengidap diabetes bisa makan ubi jalar tanpa aturan. mereka dapat mengganti asupan nasi atau karbohidrat mereka dengan ubi jalar.

 

Diolah dari berbagai sumber