Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Afrika Untuk Kesehatan

Daun Afrika yang mempunyai nama lain Vernonia amygdalina Delile banyak tumbuh di benua Afrika bagian barat terutama di Nigeria. Selain itu, daun Afrika juga memiliki banyak nama seperti Stella bitter, almond leaves Vernonia, Vernonia, gall leaves, bitter leaves, apricot leaves Vernonia, almond Vernonia, South Africa leaves, Bitterleaf, common bitterleaf (En). Vernonie, vernonie commune, ndole (Fr). Sucumadeira, pau fede (Po), ewuro, onugbu, Nan Fei Shu, Nan Hui Ye, Daun Kupu kupu (butterfly leave). Banyak negara yang sudah menjadikan daun Afrika ini sebagai tanaman obat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Diantaranya adalah di Cina daun Afrika disebut Nan Fei Shu, dan di sebagian daratan Cina ada yang menyebut Nan Hui Ye, sudah digunakan oleh kalangan petinggi di lingkungan kekaisaran sejak dulu. Pada tahun 2008 di Asia Tenggara, terutama di Malaysia dan Singapura daun Afrika sudah banyak digunakan. Sebagian masyarakat di Malaysia menyebutnya dengan daun kupu-kupu.

 

Beberapa jurnal kesehatan telah menyebutkan akan khasiat daun Afrika bagi kesehatan. Para ilmuwan telah menemukan bahwa mengonsumsi daun afrika akan memperoleh manfaat multi-efek untuk gejala-gejala kompleks terkait meningitis, yaitu anti-inflamasi (anti-radang), pereda sakit, dan meningkatkan imunitas melawan kuman. Aksi anti-inflamasi daun afrika telah dilaporkan dalam British Journal of Pharmacology and Toxicology terbitan 2013. International Journal of Advanced Pharmaceutical and Biological Sciences telah melaporkan hasil riset yang membuktikan potensi daun afrika sebagai analgesik (pereda rasa nyeri). Sebuah hasil penelitian ilmiah dilaporkan dalam Global Journal of Biotechnology and Biochemistry tentang ekstrak daun afrika yang terbukti meningkatkan angka CD4+. CD4+ ini merupakan parameter yang digunakan dalam studi imunitas (daya tahan tubuh). Lemahnya sistem kekebalan tubuh penderita HIV/AIDS, misalnya, biasa dari waktu ke waktu diukur angka CD4+ ini. Para peneliti menyatakan bahwa ekstrak air dari daun afrika dengan dosis 200-800 mg/kg berat badan, dalam penggunaan selama 21 hari, meningkatkan jumlah sel CD+ pada tikus percobaan.

 

Di dalam daun afrika terdapat banyak kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh seperti asam fenolat, asam lemak, vitamin, asam esensial, minyak khas, zat antioksidan, zat anti inflamasi dan berbagai sumber mineral.

 

Kegunaan yang paling menonjol adalah untuk pengobatan diabetes, hipertensi, mengurangi kolesterol jahat, asam urat, pengerasan hati bahkan kanker hati dan pembuangan racun dari tubuh (detoksifikasi). Tetapi sebenarnya masih banyak kegunaan Daun Afrika Selatan ini misalnya untuk reumatik, susah tidur, kesemutan, demam, pusing kepala, menghilangkan flek flek hitam silinder, infeksi kerongkongan, menghilangkan dahak, melancarkan buang airseni, menguatkan fungsi lambung, batuk, menguatkan fungsi paru-paru dan masih ada beberapa lagi. Selengkapnya, Anda dapat menyimaknya berikut ini:

 

1. Mencegah Kanker

Daun afrika terbukti mengandung berbagai senyawa antioksidan yang berperan untuk menangkal radikal bebas. Berbagai perusak sel sehat bisa masuk ke tubuh manusia melalui berbagai cara seperti zat makanan, zat polutan atau gaya hidup yang tidak baik. Hal ini bisa meningkatkan tumbuhnya sel kanker yang tidak bisa dideteksi dengan mudah karena biasanya tidak menyebabkan rasa sakit pada awal gejala. Sebagai pencegahan maka Anda bisa mengolah daun afrika segar menjadi teh. Rebus daun afrika segar dengan tiga gelas air, biarkan mendidih dan sisakan hingga 1 gelas. Minum rebusan air daun afrika jika sudah dingin.

 

2. Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Namun secara medis penyakit jantung disebabkan karena ketidakmampuan jantung dalam mengolah dan mengatur pompa jantung yang mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Rebusan dari daun afrika yang sudah kering ternyata meningkatkan senyawa pencegah penyakit jantung menjadi lebih maksimal. Senyawa yang terdapat dalam daun afrika bisa meluruhkan plak dalam pembuluh darah ke jantung.

 

3. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol menjadi salah satu zat yang berbahaya untuk tubuh terutama kolesterol buruk yang berasal dari lemak daging hewan, minyak jenuh, dan zat makanan yang memang mengandung kolesterol. Kolesterol juga memicu berbagai jenis penyakit lain seperti jantung, stroke, diabetes dan gagal ginjal. Jika Anda memiliki angka kolesterol yang cukup tinggi maka bisa memakai rebusan dari daun afrika kering. Anda bisa menambahkan madu atau air jeruk untuk menghilangkan rasa khas daun afrika.

 

4. Mengurangi Resiko Stroke

Stroke menjadi penyakit yang sangat ditakuti oleh semua orang. Stroke akan menyerang sistem syaraf pusat sehingga mempengaruhi sistem motorik. Selain itu serangan stroke bisa menimbulkan resiko cacat permanen dan sulit untuk normal kembali. Jadi, lebih baik jika mencegah stroke sejak masih muda. Daun afrika mengandung senyawa khusus yang bisa mencegah stroke dengan membantu sistem metabolisme tubuh, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, dan menghilangkan kandungan lemak dalam pembuluh darah.

 

5. Mengatur Kadar Gula Darah

Kadar gula dalam darah sebenarnya akan diatur oleh insulin. Ini adalah enzim yang dihasilkan secara alami oleh pankreas. Namun beberapa orang bisa mengalami masalah dengan kadar gula dalam darah karena terjadi resistensi insulin. Jika hal ini terjadi, maka tubuh tidak memiliki kemampuan untuk memproduksi insulin sehingga kadar gula dalam darah bisa sangat tinggi. mengkonsumsi teh dari rebusan daun afrika segar selama 2 kali sehari ternyata sangat efektif untuk menurunkan kadar gula dalam darah serta membuat kadar gula dalam darah menjadi stabil.

 

6. Mengatur Sistem Tekanan Darah

Sistem tekanan darah sebenarnya akan diatur oleh jantung. Namun masalah tekanan darah juga berhubungan dengan kondisi kesehatan, asupan garam, dan pola hidup. Karena hal ini maka ada orang yang bisa mengalami darah rendah atau darah tinggi. Dua kelainan ini bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman dan juga resiko beberapa penyakit lain. Daun afrika memiliki sifat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan membuat tekanan darah menjadi stabil. Untuk melakukan pengobatan ini maka disarankan mengkonsumsi air rebusan daun afrika segar.

 

7. Mengobati Malaria

Penyakit malaria disebabkan oleh gigitan nyamuk malaria. Penyakit ini berkembang di beberapa kawasan tropis dan sub tropis. Gejala penyakit ini pada awalnya tidak terlihat karena seperti flu biasa, namun bisa sangat berbahaya jika virus sudah masuk ke tubuh. Gejala lebih parah biasanya ditunjukkan dengan rasa menggigil dan nafsu makan menurun.

 

8. Mengobati Gangguan Pencernaan

Masalah gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh sistem pencernaan yang tidak bekerja dengan baik. Beberapa jenis gangguan pencernaan yang bisa diobati dengan daun afrika adalah sembelit, kembung, dan diare. Caranya sama seperti jenis gangguan penyakit lain, maka Anda cukup merebus daun afrika kering hingga menjadi teh. Untuk pengobatan masalah pencernaan sebaiknya jangan menambah madu atau perasa agar khasiatnya lebih ampuh.

 

9. Mengatasi Sakit Perut

Sakit perut yang bisa diobati dengan daun afrika adalah sakit perut yang disebabkan karena masalah gangguan lambung. Gejala penyakit ini adalah rasa tidak nyaman pada bagian ulu hati, bila terlambat makan maka akan terasa tidak nyaman dan nafsu makan menurun. Untuk masalah gangguan lambung maka Anda bisa memakai daun afrika segar sebagai ramuan. Minum air rebusan daun afrika saat masih hangat agar lambung terasa lebih nyaman.

 

10. Detoksifikasi

Proses detoksifikasi sangat penting untuk tubuh. Proses ini dilakukan untuk mengelurkan racun yang ada pada tubuh. Kita tidak menyadari ketika tubuh ternyata mengandung banyak racun yang berasal dari makanan dengan bahan pengawet, minuman dengan bahan perasa tambahan, udara dan lingkungan. Racun bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit seperti jantung, diabetes, kanker, tumor, dan penyakit lain. Untuk proses detoksifikasi sebaiknya mengkonsumsi teh dari daun afrika segar sebanyak satu gelas setiap hari.

 

11. Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih biasanya disebabkan karena lemak yang menumpuk dalam tubuh dan gangguan sistem metabolisme. Sistem metabolisme menjadi terganggu sehingga menyebabkan proses pencernaan dan pengolahan karbohidrat menjadi energi tidak berjalan dengan baik. Akibatnya maka tubuh akan memiliki timbunan lemak. Untuk membantu menurunkan berat badan maka Anda bisa memakai air dari rebusan daun afrika kering. Minum teh ini secara rutin, mengurangi konsumsi lemak dari hewan dan olahraga secara teratur. Dengan cara ini maka Anda bisa menurunkan berat badan dengan cepat.

 

12. Membuat Istirahat Menjadi Lebih Nyaman

Banyak orang yang tidak bisa tidur dengan nyenyak sehingga menyebabkan insomnia. Gangguan ini akan mengirimkan sinyal buruk pada otak sehingga tubuh tidak bisa tidur dengan baik. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa membuat teh dari daun afrika kering. Minum satu gelas rebusan daun afrika kering sebelum tidur. Kandungan senyawa pada daun afrika bisa membantu mengatur otak dan sistem motorik agar tubuh bisa istirahat dengan baik.

 

13. Mengatasi Gangguan Diuretik

Gangguan diuretik bisa menyebabkan seseorang sulit untuk buang air. Penyakit ini banyak menyerang kaum lanjut usia. Akibatnya maka bisa menyebabkan gangguan penyakit pada saluran kencing. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan konsumsi satu gelas air dari rebusan daun afrika yang masih segar. Namun jika keluhan sudah berkurang sebaiknya juga hentikan pengobatan.

 

Diolah dari berbagai sumber