Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Mungkin bagi sebagian orang belum mengetahui mengenai buah bit. Buah yang memiliki rasa enak dan sedikit manis, banyak disukai banyak orang. Buah bit berasal dari Eropa. Buah ini berbentuk rumput dan merupakan tanaman semusim. Umbinya merupakan akar tunggang yang tumbuh menjadi umbi. Bentuknya ada yang bulat dan  ada pula yang berbentuk lonjong, batangnya sangat pendek, dan daunnya tumbuh terkumpul pada leher akar tunggang (pangkal umbi) dan berwarna kemerahan.

Ada 2 varietas bit (Beta vulgaris L.var. rubra L.) umbinya berwarna merah tua. Sementara bit putih atau bit potong (B. vulgaris L. var cicla L.) umbinya berwarna merah keputih-putihan. Di Indonesia kedua jenis bit tersebut tidak dapat berbunga dan berbiji sehingga benihnya masih didatangkan dari luar negeri.

 

Buah bit bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi banyak juga yang mengonsumsinya dalam bentuk olahan seperti jus. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Exeter’s School of Sport and Health Sciences, menunjukkan bahwa segelas jus bit dapat membantu meningkatkan kembali stamina tubuh sebesar 16%. Bahkan, kandungan nitrat dalam jus bit dapat membantu tubuh mengembalikan cadangan oksigen, karena kekurangan oksigen inilah yang membuat tubuh merasa lelah dan tidak bertenaga.

 

Di dalam buah bit memiliki segudang nutrisi yang sangat bermanfaat seperti vitamin C, kalsium, magnesium, serat, asam folat, fosfor, caumarin, betasianin, kalium, triptofan, zat besi, tembaga dan masih banyak lagi kandungan nutrisi yang lain. Dengan begitu banyaknya kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah bit, maka tidak salah jika buah bit dikatakan sebagai buah yang dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

 

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah bit untuk kesehatan:

 

Buah Bit dapat menjaga kesehatan jantung

 

Kandungan kalium di dalam buah bit mampu menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat menghambat sirkulasi darah melalui jantung, sehingga dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Selain itu, mengkonsumsi jus buah bit dapat bermanfaat dalam mengurangi konsentrasi homosistein karena mengandung betain. Homosistein merupakan sebuah zat yang dapat mengakibatkan kerusakan pada pembuluh darah perifer dan juga stroke, sehingga timbunan lemak di dalam tubuh yang menghambat aliran darah ke jantung dapat berkurang.

 

Buah bit dapat menjaga stamina tubuh

 

Meminum jus buah bit secara rutin setiap pagi sebelum beraktivitas dapat menjaga stamina tubuh, sehingga dapat mencegah kelelahan. Hal ini dikarenakan, jus buah bit mengandung nitrat yang dapat mengurangi pengeluaran oksigen pada saat beraktivitas. Selain itu, meminum jus setiap hari dapat menambah energy dan melancarkan aliran darah dalam tubuh.

 

Buah bit dapat mencegah anemia

 

Jus buah bit mengandung zat besi yang dapat berkhasiat dalam mencegah anemia. Hal ini dikarenakan zat besinya mampu mengaktifkan kembali serta meregenarasi sel darah merah dan menyuplai oksigen yang sangat bermanfaat untuk kesehatan sel darah merah di dalam tubuh.

 

Buah bit dapat mencegah gangguan pencernaan

 

Mengkonsumsi makan-makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada pencernaan seperti mual, diare dan disentri. Namun semua itu dapat diatasi dengan meminum jus buah bit secara rutin dan teratur, karena jus ini mengandung serat alami yang dapat membantu dalam melarutkan makanan dan membuang racun dalam usus.

 

Buah bit dapat menjaga kesehatan ginjal dan kandung empedu

 

Meminum jus buah bit setiap hari dapat berkhasiat untuk membersihkan ginjal dan kantung empedu, sehingga racun-racun yang tertimbun di dalam kedua organ tersebut dapat dikeluarkan dengan mudah.

 

Diolah dari berbagai sumber