Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Daun Jeruk Purut, Harum Baunya Banyak Khasiatnya

Selama ini yang paling sering berhubungan dengan daun jeruk purut, tentunya para ibu rumah tangga. Karena daun jeruk purut biasanya sering dimasukkan sebagai campuran atau bumbu pelengkap masakan. Baunya yang harum bisa menambah citarasa masakan. Tanaman jeruk purut memang agak berbeda dengan jenis jeruk lainnya seperti jeruk lemon atau jeruk nipis. Bila jeruk lemon dan jeruk nipis lebih sering diambil buahnya untuk dikonsumsi (dibuat minuman atau campuran dalam masakan, tetapi jeruk purut yang lebih sering dipakai adalah daunnya. Tetapi bukan berarti buah jeruk purut tidak dapat digunakan sama sekali. Karena pada buah jeruk purut mengandung vitamin C dan zat exfoliating atau zat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga sangat bagus untuk menghaluskan danmencerahkan kulit. Selain itu pada daun jeruk purut juga terdapat senyawa alami yakni Tannin, kadar Steroid Triterpenoid, serta Minyak Atsiri. Yang mana semua kandungan zat alami tersebut sangat bermanfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. 

 

Nah, berikut ini akan kami berikan beberapa khasiat daun jeruk purut.

 

Daun jeruk purut untuk mengatasi influenza

 

Influenza, Flu, atau Pilek seringkali menyerang tubuh manusia, Terutama saat pergantian musim atau musim hujan seperti saat ini. Namun anda jangan khawatir, Bahwa hanya dengan memanfaatkan daun Jeruk Purut maka penyakit Flu yang anda derita akan bisa teratasi.

 

Cara menerapkannya, Cukup sediakan 20 lembar daun Jeruk Purut dan potonglah menjadi ukuran kecil-kecil. Kemudian rebuslah daun tersebut dengan menggunakan air secukupnya. Selanjutnya saring dan minumlah air rebusan daun Jeruk Purut selagi masih hangat. Anda bisa juga menambahkan madu pada air rebusan tadi sebagai pemanisnya. Minumlah ramuan tersebut secara rutin, Sehingga penyakit Flu bisa segera mereda.

 

Daun jeruk purut sebagai antibiotik

 

Kondisi kesehatan tubuh yang melemah akan menyebabkan datangnya penyakit yang mudah menyerang tubuh. Oleh sebab itu, Kandungan Antibiotik pada daun Jeruk Purut akan membantu dalam mengatasi kondisi tubuh / fisik yang melemah, serta membantu menangkal bakteri jahat dan virus yang menyerang tubuh.

 

Cara menerapkannya, Anda bisa langsung mengonsumsi daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan. Atau bisa juga dengan merebus daun Jeruk Purut untuk diminum air rebusannya. Dengan begitu, Tubuh anda akan mendapatkan asupan Antibiotik alami, yang mana bisa membantu dalam menangkal bakteri / virus yang menyebabkan penyakit.

 

Daun jeruk purut dapat mengatasi stres

 

Selain sebagai penyedap masakan, Daun Jeruk Purut juga dapat membantu anda dalam mengatasi rasa stres. Hal demikian karena pada daun Jeruk Purut mengandung zat Tannin, yang mana senyawa alami tersebut sangat berperan dalam mengatasi rasa penat dan stres.

Cukup dengan menambahkan daun Jeruk Purut sebagai campuran bumbu masakan, atau dengan meminum rebusan daun Jeruk Purut, Maka rasa penat atau stres yang Anda alami akan segera teratasi.

 

Daun jeruk purut dapat menambah stamina tubuh

 

Kondisi stamina tubuh yang menurun, Akan sangat mengganggu aktivitas kerja anda. Nah, untuk mengembalikan stamina tubuh yang menurun, maka anda bisa memanfaatkan daun Jeruk Purut sebagai bahan alaminya.

Caranya juga cukup mudah, Yakni anda cukup merebus daun Jeruk Purut secukupnya saja. Kemudian saring dan tambahkan sedikit madu, Lalu minumlah ramuan tersebut saat masih hangat. Dengan begitu, kondisi stamina tubuh yang menurun akan bisa pulih kembali berkat ramuan daun Jeruk Purut tersebut.

 

Daun jeruk purut untuk relaksasi

 

Kandungan minyak Atsiri yang terdapat pada daun Jeruk Purut, Mampu membuat tubuh menjadi rileks dan lebih nyaman. Seperti halnya daun Jeruk Purut juga bisa membantu dalam mengatasi stres.

Nah, Untuk memanfaatkan daun Jeruk Purut sebagai relaksasi, Anda cukup merebus daun Jeruk Purut secukupnya untuk dibuat rendaman pada kaki anda. Dengan merendam kaki anda menggunakan air rebusan daun Jeruk Purut, Maka tubuh anda akan bisa terelaksasi, serta dapat memberikan rasa nyaman dan rileks pada tubuh anda.

 

Diolah dari berbagai sumber