Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Jambu Biji Putih

Jambu biji atau yang sering disebut sebagai jambu batu ini merupakan buah yang berasal dari Brasil. Buah yang mengandung banyak vitamin C ini memiliki daging buah yang berwarna putih dan merah. Buah yang identik dengan banyak biji yang berada di tengah daging buahnya ini memiliki rasa asam manis.

Kandungan gizi dalam jambu biji putih

Jambu biji sangat kaya vitamin C, lebih tinggi dari buah jeruk, dan jauh lebih tinggi daripada kiwi yang disebut-sebut sebagai rajanya vitamin C. Di samping serat, terutama pektin yang merupakan serat larut, jambu biji juga mengandung mineral seperti mangan dan magnesium, serta asam amino esensial seperti tryptophan. Juga fitokimia berkhasiat seperti asam elagat, asam linoleat, dan asam korbigen.

Kandungan Gizi dalam 100 gram buah jambu biji.

    Energi 49 kal
    Protein 0,9 g
    Lemak (0,3) g
    Karbohidrat 12,2 g
    Serat 5,6 g
    Kalsium 14 mg
    Fosfor 28 mg
    Zat Besi 1,1 mg
    Vitamin A 25 IU
    Vitamin B1 0,02 mg
    Vitamin C 87 mg
    Air 86 g


Khasiat dan Manfaat Jambu Biji

Berikut beberapa manfaat buah jambu untuk kesehatan :

Menurunkan Hipertensi (darah tinggi)

Kandungan hipoglikemik dan serat yang terkandung dalam jambu biji mampu menurunkan kadar kolestrol dan tekanan darah. Kita dapat mengkonsumsi jambu biji untuk memenuhi kebutuhan harian kita, karena 20% dari buah jambu berukuran sedang mengandung potasium. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa upaya untuk menurunkan tekanan darah dapat dilakukan dengan rajin mengkonsumsi potasium. Salah satunya ada di jambu biji ini.

Mengobati Sembelit

Jambu biji berukuran sedang mengandung 36% serat yang dapat memenuhi kebutuhan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.Kandungan mineral dan serat pada jambu biji juga melindungi selaput membran mukosa usus. Selain itu jambu biji mengandung laksatif yang berguna untuk membersihkan sistem pembuangan usus.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Jambu biji mengandung mineral yang disebut mangan, yang berperan dalam membantu penyerapan nutrisi penting lainnya dari makanan yang kita konsumsi. Kualitas penyerapan nutrisi dari makanan yang kita makan akan mempengaruhi kebutuhan asupan gizi yang diperlukan tubuh.

Membantu Kelenjar Tiroid

Kandungan tembaga yang terdapat dalam jambu biji sangat penting untuk membantu menjaga fungsi dari kelenjar tiroid. Masalah serius pada tubuh bisa timbul karena adanya masalah pada fungi kelenjar tiroid.

Manfaat Antioksidan

Jambu biji mengandungan Vitamin C tinggi yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, vitamin C juga diperlukan untuk sintesis kolagen dalam tubuh. Kolagen adalah protein struktural utama dalam tubuh manusia, yang diperlukan untuk menjaga integritas pembuluh darah, kulit, organ, dan tulang. Senyawa antioksidan kuat lainnya dalam jambu biji adalah polivenol dan flavonoid seperti beta karoten, likopen, lutein dan cryptoxanthin. Senyawa-senyawa antioksidan tersebut terkait dengan pengurangan resiko kanker tertentu, dan pencegahan dampak kerusakan sel akibat radikal bebas.

Manfaat untuk Kesehatan Pencernaan

Jambu biji mengandung serat alami yang mempunyai fungsi penting dalam menurukan kadar gula darah. Selain itu serat bermanfaat untuk menjaga sistem kesehatan pencernaan, dengan cara berperan sebagai proteksi selaput lendir usus dengan mengurangi waktu paparan racun, sehingga mengikat bahan kimia penyebabkanker di dalam usus besar dan mengeluarkannya bersama lembah.

Manfaat Relaksasi

Kandungan magnesium yang terdapat dalam jambu biji berguna sebagai relaksan. Ketika otot dan saraf tubuh menegang, jambu biji dapat membantu mengendurkannya. Setelah seharian bekerja, jambu biji bisa menjadi salah satu alternatif buah yang dapat kita konsumsi dengan cara dibuat jus kemudian diminum. Hal ini akan membantu mengendurkan otot dan saraf tubuh serta memberikan dorongan sumber energi yang bagus.Vitamin B3 da B6 bermanfaat untuk membantu menjaga fungsi otak dengan cara menjaga aliran darah yang baik. Vit B6 atau pyridoxine adalah senyawa nutrisi yang baik untuk saraf, yang membantu membuat saraf Anda rileks.

Manfaat Jambu Biji Untuk Rambut

Kandungan vitamin A, vitamin C, Vitamin B, kalium, tembaga, mangan, serat, flavonoid dan lainnya yang terdapat dalam jambu biji merupakan sumber nutrisi. Dengan demikian juga sangat bermanfaat bagi kesehatan rambut, pertumbuhan rambut dan mengatasi rambut rontok.

Membantu Perawatan Kulit

Kebutuhan kesehatan kulit dapat didukung oleh pemerolehan Vitamin C, antioksidan, dan karoten yang cukup. Untuk itu jamu biji sering kali dibuat untuk bahan pembuatan lotion untuk wajah dan tubuh.

Itulah beberapa ulasan tentang manfaat mengkonsumsi jambu biji. Sebenarnya manfaat jambu biji putih dan merah hampir sama. Ada sedikit perbedaan dari zat warna merah yang terdapat dalam jambu merah. Jambu biji merah yang mempunyai kandungan betakaroten dan Vitamin A tinggi yang mempunyai manfaat utama menjaga kesehatan mata. Selain itu keistimewaan jambu biji merah lainnya yaitudapat digunakan untuk mengobati penyakit demam berdarah. Zat warna merah yang terdapat dalam jambu biji merah mampu meningkatkan kadar darah dan mengganti sel darah merah yang terkena virus demam berdarah. Sekian artikel khasiat dan manfaat jambu biji. Salam sehat dan semoga bermanfaat.

Diolah dari berbagai sumber