Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Kubis Ungu Untuk Kesehatan

Kubis merupakan sayur yang sering dijadikan campuran atau pelengkap dalam beberapa masakan. Misalnya saja dalam bakso, gado-gado, urap-urap dan masih banyak lagi yang lain. Jika selama ini kita lebih sering mengonsumsi kubis hijau, tetapi ada juga kubis ungu yang sering dijadikan sayuran pelengkap dalam hidangan salad.

Dilihat dari warnanya yang ungu kemerahan, menunjukkan jika kubis ungu sangat kaya akan zat antioksidan. Seperti yang kita tahu, bahwa antioksidan adalah zat pelawan radikal bebas yang sangat penting bagi tubuh. Selain itu juga dikenal sebagai zat anti penyakit, karena zat ini juga berperan aktif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

kubis merupakan sumber indole-3-carbinol, zat kimia yang meningkatkan perbaikan DNA dalam sel yang muncul untuk memblokir pertumbuhan sel kanker. Sebuah tim peneliti di Ohio State University mengumumkan bahwa anthocyanin, senyawa yang memberikan warna kubis ungu mampu memotong pertumbuhan sel kanker usus besar baik in vitro dan pada tikus sebesar 50% -100%, dengan ekstrak tertentu, bahkan menghancurkan sampai 20% dari sel-sel kanker dan membiarkan sel sehat di sekitarnya utuh.

Kandungan nutrisi kubis merah

Serat
1 porsi kubis ungu cincang dalam 1 cangkir menyediakan 2 g serat, atau 8 persen dari nilai harian 25-g seperti yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration. Serat pangan mencegah kelebihan kolesterol dari memasuki aliran darah melalui dinding usus kecil Anda, serat menyerap kolesterol dan mengeluarkannya melalui proses eliminasi sampah.

Kalium
Kandungan potasium dalam 1 cangkir kubis ungu cincang adalah 216 mg, atau 6 persen dari nilai 3500-mg per hari. Kalium menjaga tingkat cairan tubuh Anda dari fluktuasi ke volume yang tidak sehat, mencegah gangguan tekanan darah kalium terkait. Hal ini juga mencegah stres otot jantung dengan mendukung kontraksi bahwa bahan bakar detak jantung Anda.

Vitamin C
Vitamin C dalam kubis konten ungu gizi signifikan. A 1 cangkir penyajian menyediakan 51 mg, atau 85 persen, dari kebutuhan harian 60 mg. Memasak terurai beberapa nutrisi. Kubis ungu mentah mengandung tingkat yang lebih tinggi vitamin C daripada itu saat dimasak. Vitamin C adalah antioksidan yang efektif. Ini melindungi sel-sel dari DNA dan kerusakan komposisi bahwa racun metabolik sering menimbulkan.

Vitamin A
Vitamin A konten dalam kubis ungu adalah 20 persen dari IU 5000 diperlukan setiap hari, atau 993 IU per 1 cangkir penyajian. Vitamin A adalah nutrisi yang menyediakan berbagai fungsi dalam tubuh Anda. Ini menghasilkan pigmen retina untuk mata Anda, menjaga kesehatan penglihatan Anda dan meningkatkan penglihatan Anda di malam hari. Ini juga mendukung respon kekebalan tubuh, mengurangi risiko infeksi mikroba.

Nah, berikut ini manfaat kubis ungu untuk kesehatan

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kubis merah mengandung Vitamin E, yang dibilang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara memproduksi antibodi dalam tubuh. Selain itu  juga meningkatkan metabolisme dan membantu memperbaiki DNA. Vitamin E yang dikandung kubis merah termasuk dalam jumlah yang tinggi.

Anti penuaan

Seperti yang sudah dijelaskan, Kubis merah merupakan sumber yang tinggi vitamin C dan Vitamin E. Kombinasi kedua Vitamin ini akan memberikan manfaat terhadap kulit kita untuk menjadi cantik alami dan bercahaya. Sementara itu Vitamin C juga sekaligus bertindak sebagai zat antioksidan, sehingga kulit menjadi segar dan tampak awet muda karena terbebas dari efek radikal bebas yang merusak sel kulit.

Mencegah Radikal Bebas

Vitamin C adalah zat anti oksidan yang sangat banyak ditemukan dalam kubis merah. Senyawa antioksidan bertindak mencegah radikal bebas dalam tubuh yang membahayakan jaringan sel dan bisa menyebabkan kanker.

Untuk menjaga kesehatan mata dan kulit 

Kubis merah banyak mengandung Vitamin A, yang sangat bermanfaat untuk mempertahankan penglihatan yang sehat. Vitamin ini secara alami juga bertindak sebagai pelembab, sehingga akan menjaga kulit kita tetap  lembut, sehat dan indah.

Menurunkan berat badan

Kubis merah adalah salah satu makanan yang hanya sedikit mengandung lemak, akan tetapi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik. Selain itu, kultivar kubis ini juga sedikit mengandung kalori. Dengan demikian sangat baik bagi yang sedang dalam diet menjaga atau menurunkan berat badan berlebih.

Membersihkan Tubuh dan Membantu Pencernaan

Kubis merah mengandung mineral, terutama yang paling tinggi adalah sulfur. Sulfur sangat membantu kesehatan dengan jalan membersihkan perut. Jika dimakan mentah sebagai salad, maka akan membantu mencegah gangguan pencernaan dan sembelit.

Mencegah Osteoporosis

Kubis merah adalah salah satu makanan yang kaya akan kalsium. Kecukupan kalsium dalam diet harian bisa mencegah osteoporosis yang umum terjadi pada usia tua.

Mengobati Luka lambung

Asam amino dan glutamin adalah senyawa yang bisa menyembuhkan luka lambung, yaitu khususnya ulkus peptikum. Kedua senyawa ini hadir dalam konsentrasi yang tinggi dalam kubis merah. Untuk keperluan pengobatan luka lambung, kubis merah segar bisa dijus dan diminum.

Mendukung fungsi Syaraf dan otak

Kubis merah kaya akan yodium yang membantu meningkatkan fungsi otak, serta membantu berfungsinya sistem saraf dengan baik. Selain itu juga akan membantu berfungsinya kelenjar endokrin.

Sebagai AntiKanker

Kubis merah dikatakan mengandung 36 senyawa kimia anti kanker. Anthocyanin adalah antioksidan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi tubuh dari berkembangya sel-sel kanker. Sejumlah flavonoid antosianin yang banyak ditemukan dalam kubis merah memiliki efek antioksidan dua kali lipat daripada vitamin C. Sementara itu, sayuran ini juga merupakan sumber yang kaya indoles, bermanfaat untuk mencegah kanker payud*ra dan menghambat perkembangan sel tumor.

Mengurangi Risiko Alzheimer

Anthocyanin lebih tinggi yang terdapat pada kubis merah daripada kubis yang berwarna putih atau hijau. Anthocyanins ini terdapat pada pigmen warna merah pada kubis ini, dan membantu mencegah pembentukan plak pada otak yang merupakan penyebab utama penyakit Alzheimer.

Mencegah peradangan Jantung 

Tingginya kandungan vitamin C dan senyawa antioksidan lainnya akan mencegah peradangan pada jantung, dan yang mengarah ke tersumbatnya arteri.

Menormalkan Tekanan Darah

Kalium yang terdapat dalam kubis merah akan membantu menjaga tekanan darah yang sehat, sehingga pada akhirnya juga baik untuk kesehatan jantung. Baca juga: Manfaat kalium bagi tubuh kita

Membantu menjaga Berat Badan

Kubis merah juga tinggi mengandung serat, sehingga bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini juga mengandung dan lemak kalori yang sedikit, sehingga baik dimakan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan.

Mengurangi sakit Nyeri Otot

Asam laktat sangat jarang ditemukan dalam makanan, yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri otot. Asam laktat ini banyak dilepaskan jika kubis merah dimasak atau bakteri memfermentasi gula yang ada didalamnya.

Diolah dari berbagai sumber

Sumber image : log.viva.co.id