Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Buah Duwet, Kandungan dan Manfaatnya

Pernah ingatkah dengan buah yang satu ini? Banyak nama yang disematkan pada buah ini tergantung daerahnya. Ada yang menyebutnya buah jamblang, jambe kleng, jambu kling, jambu kalang, juwet, duwet, dan masih banyak lagi yang lain. Ada beberapa orang yang menyebut buah duwet atau buah juwet ini sebagai buah anggur Jawa, karena bentuknya memang seperti buah anggur. Hanya saja bila dibandingkan, buah anggur memiliki rasa manis sedikit asam, sedangkan buah duwet ada perpaduan rasa manis, tetapi cenderung asam dan ada sepatnya.

Buah duwet dulu banyak sekali ditemukan. Tetapi saat ini, buah duwet jarang sekali ditemukan. Mungkin juga karena rasanya yang kurang disenangi orang-orang, membuat buah duwet seperti tidak diinginkan.  Padahal dalam buah duwet kandungan gizinya sangat banyak, dan memiliki banyak khasiat terutama untuk kesehatan tubuh kita.

 

Manfaat buah duwet untuk kesehatan dan kandungan nutrisinya

Jus Buah Duwet untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika Anda memiliki masalah sakit pencernaan seperti sakit perut dengan gejala kembung dan sulit untuk buang angin maka Anda bisa memakai buah duwet sebagai obat manjur. Buat jus dari buah duwet yang sudah dipisahkan dengan bijinya. Kandungan senyawa gula dalam buah duwet mampu mengatasi gangguan sakit perut. Jika Anda tidak sempat membuat jus buah duwet maka konsumsi buah duwet segar juga ampuh untuk menghilangkan kembung

Mengatasi Sembelit dengan Buah Duwet

Ekstrak buah duwet yang dicampur dengan kulitnya ternyata juga berkhasiat untuk mengatasi sembelit. Buah duwet juga mengandung serat sekitar 0,9 gram/100 gram yang bisa membantu sistem kerja usus. Bahkan bagi orang yang mengalami pendarahan usus yang ditandai dengan keluarnya darah bersama feses bisa memakai jus buah dan kulit duwet sebagai obat tradisional.

Duwet Menjadi Sumber Energi Tubuh

Buah duwet sangat menyegarkan dengan rasa manis dan asam. Bahkan buah duwet selalu meninggalkan rasa asam dan sepat bagi lidah. Selain itu dalam setiap 100 gram buah duwet mengandung 0,132 g protein , 0,5 g lemak , dan karbohidrat 15 g. Karbohidrat dan protein bisa menjadi sumber energi yang baik karena buah duwet bisa membantu pemecahan pati menjadi zat gula. Jadi, saat cuaca panas dan Anda membutuhkan energi maka ambil saja beberapa butir buah duwet yang menyegarkan.

Duwet Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tahukan Anda bahwa dalam 100 gram buah duwet segar mengandung berbagai macam nutrisi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Beberapa nutrisi tersebut adalah 16 mg kalsium, 36 mg magnesium, 16,7 mg pospor, dan 1,7 mg zat besi. Kalsium, magnesium, pospor dan zat besi adalah nutrisi yang bisa menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah gigi berlubang. Beberapa orang yang memiliki masalah dengan kekurangan kalsium selalu mudah terkena resiko penyakit tulang seperti radang sendi dan osteoporosis saat lanjut usia. Bagi wanita sangat disarankan untuk konsumsi buah duwet agar terhindar dari resiko penyakit kerapuhan tulang.

Duwet Mendukung Pembentukan Sel Darah Merah

Produksi sel darah merah dalam tubuh memiliki pengaruh yang sangat besar. Kekurangan sel darah merah dapat menyebabkan anemia, gangguan emosi, pola konsentrasi yang rendah dan tubuh yang lebih lemah. Konsumsi buah duwet 100 gram sehari bisa mencukupi kebutuhan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Hal ini disebabkan karena buah duwet mengandung zat besi yang mudah diterima oleh tubuh.

Menjaga Kesehatan Jantung

Siapa yang mengira bahwa dalam buah duwet yang kecil dan manis itu ternyata mengandung 23 mg sodium dan 56 mg kalium dalam setiap 100 gram. Sodium dan kalium sangat berperan untuk mengendalikan otot jantung, membantu mengatur detak jantung dan menghindari berbagai macam resiko penyakit karena serangan jantung. Jika Anda mengkonsumsi buah duwet segar secara rutin maka setidaknya Anda bisa mencukupi kebutuhan kalium dan sodium bagi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat yang penuh maka Anda bisa makan buah duwet segar atau jus buah duwet yang dicampur dengan kulitnya. Rasanya yang manis dan sedikit asam akan sangat segar untuk musim panas.

Duwet Menjaga Kesehatan Mata

Apakah Anda memiliki masalah dengan kesehatan mata? Mata rabun bisa membuat aktivitas kita menjadi sangat terganggu. Namun jika Anda ingin memakai pengobatan alami maka cukup konsumsi buah duwet secara rutin setiap hari. Meskipun Anda hanya dapat menemukan buah duwet saat musimnya, namun dalam setiap 100 gram buah duwet ternyata ditemukan sekitar 81 IU vitamin A. Vitamin A terbukti sangat baik dalam mendukung kesehatan mata, meringankan resiko penyakit rabun dan mengurangi resiko kebutaan karena katarak.

Duwet Mencukupi Asupan Vitamin B

Secara umum buah duwet yang memiliki rasa manis dan asam serta meninggalkan rasa yang khas di lidah ternyata juga mengandung vitamin B1, B2, B3 dan B9. Keempat jenis vitamin ini diperlukan tubuh untuk melakukan beberapa fungsi penting. Konsumsi buah duwet yang paling baik untuk mendapatkan manfaat vitamin B tersebut adalah menjadi buah segar, camila atau jus. Berikut ini manfaat, jumlah kandungan dan jumlah kebutuhan masing-masih vitamin B pada buah duwet.

    Vitamin B1 (0,04 mg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 1mg/hari untuk laki-laki dan 0,8 mg / hari untuk wanita. Manfaat vitamin B1 yang terdapat buah duwet adalah untuk membantu tubuh dalam mendapatkan energi terutama dari asupan karbohidrat, menjaga sinyal kerja antara otak, otot dan sistem syaraf.
    Vitamin B2 (0,02 mg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 1,3 mg/ hari untuk laki-laki dan 1,1 mg/hari untuk perempuan. Manfaat vitamin B2 untuk tubuh adalah membantu tubuh dalam menjalankan proses metabolisme sehingga menghilangkan timbunan lemak dari tubuh. Selain itu vitamin B2 juga bekerja untuk memperbaiki kesehatan kulit dan rambut. Bagi anak-anak vitamin B2 juga penting untuk mempengaruhi sistem kerja otak.
    Vitamin B3 (0,3 mg/100 gram). Jumlah kebutuhan untuk wanita sekitar 13 mg/hari dan laki-laki sebesar 17 mg/hari/. Peran vitamin B3 untuk tubuh adalah untuk membantu sirkulasi darah dan mengatur sistem kerja hormon tubuh serta membantu tubuh dalam mengolah karbohidrat menjadi energi.
    Vitamin B9 / asam folat (3 mcg/ 100 gram). Jumlah kebutuhan 0,4 mg/ hari untuk wanita hamil. Asam folat sangat berperan untuk membentuk kesehatan otak dan syaraf tulang belakang pada janin yang masuk dalam trimester pertama. Buah duwet yang segar bisa membantu tubuh dalam memenuhi kebutuhan asam folat bagi ibu hamil dan mengurangi rasa mual yang berlebihan pada pagi hari.

Mengatasi Sakit Perut dengan Buah Duwet

Buah duwet yang masih segar mengandung senyawa antosianin, kaemferol dan asam elagik yang ternyata sangat berkhasiat untuk membantu sirkulasi pencernaan, fungsi usus dan membantu menurunkan masalah tekanan darah tinggi. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet yang masih segar. Tapi ingat sebelumnya untuk mencuci hingga bersih sehingga buah duwet terbebas dari bakteri atau kuman.

Membantu Pengobatan Gangguan Limpa

Penyakit pembesaran limpa dapat terjadi karena ada sistem tubuh yang mengatur hormon untuk fungsi limpa tidak bekerja dengan benar. Penyakit ini biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti rasa sakit pada bagian ulu hati, rasa tidak nyaman pada perut, berkurangnya nafsu makan dan berat badan yang menurun drastis. Pengobatan memakai campuran jus buah duwet segar dan madu untuk mengatasi gangguan limpa ternyata telah dimulai dari China dan India. Kandungan penghilang rasa sakit dan menetralkan hormone ternyata sangat ampuh. Anda bisa mencampur 50 gram buah duwet yang sudah dipisahkan dari biji dan haluskan bersama 3 sendok madu.

Duwet Mengobati Sakit Batuk

Mengobati penyakit batuk menahun yang sulit untuk sembuh ternyata juga bisa memakai buah duwet segar. Percaya atau tidak percaya pengobatan ini sudah dimulai sejak ratusan tahun lalu di daerah pedalaman Madagaskar. Buah duwet yang masih segar mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang ternyata dapat melawan bakteri atau infeksi kuman penyebab batuk parah. Anda bisa memakai campuran buah duwet segar dengan madu sebagai pengganti obat batuk sirup.

Duwet Menjaga Tubuh dari Serangan Radikal Bebas

Radikal bebas dapat menyerang tubuh dari berbagai sumber seperti zat polutan, sayuran yang mengandung pestisida dan berbagai macam bahan makanan yang mengandung bahan kimia seperti pengawet dan perasa buatan. Radikal bebas dapat menyebabkan berbagai macam penyakit degeneratif seperti kanker, tumor dan masalah pada jantung. Sementara itu buah duwet bisa menjadi penangkal ampuh radikal bebas karena mengandung flavonoid. Manfaat senyawa flavonoid dari buah duwet segar terbukti ampuh mengatasi serangan radikal bebas dan perlindungan terhadap enzim tubuh yang mengandung antioksidan. Jadi ketika musim buah duwet Anda bisa memakainya sebagai buah yang sangat baik untuk mengurangi potensi penyakit kanker dan penyakit lain.

Menurunkan Kadar Gula pada Penderita Diabetes

Penyakit diabetes menjadi salah satu penyakit yang sangat mengerikan. Penyakit ini disebabkan karena organ yang memproduksi hormon insulin tidak bekerja sehingga tubuh tidak bisa mengatur kadar gula dalam darah. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan gula membuat tubuh memproduksi kadar gula yang sangat tinggi. Pengobatan diabetes dengan memakai buah duwet telah dimulai di kawasan India dan sekarang mulai dipercaya di Inggris. Buah duwet yang telah diolah menjadi sirup atau jus murni bisa membantu menurunkan kadar gula dalam darah dan tidak memiliki efek samping.

Mengatasi Sakit Kepala dengan Buah Duwet

Sakit kepala memang akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman. Gangguan sakit kepala dengan berbagai macam sebab juga bisa menganggu aktivitas. Dalam sebuah jurnal Tradition Medicine edisi 101 vol 2, terungkap bahwa pengobatan sakit kepala dengan memakai buah duwet terbukti sangat efektif. Kandungan zat astringen yang ditemukan buah duwet meringankan sakit kepala dengan berbagai tingkat keparahan. Selain itu buah duwet segar juga memberikan efek segar sehingga penderita sakit kepala merasa lebih nyaman. Disarankan untuk mengkonsumsi buah duwet segar sebagai camilan bagi penderita sakit kepala.

Meningkatkan Nafsu Makan

Masalah gangguan nafsu makan bisa dialami oleh siapa saja, baik orang tua maupun anak-anak. Penyebabnya sangat bervariasi mulai dari gangguan pencernaan, sakit perut, sembelit, dan penyakit lain. Namun konsumsi buah duwet yang masih segar ternyata sangat baik untuk memperbaiki sistem pencernaan sehingga bisa meningkatkan nafus makan. Anda bisa mengkonsumsi buah duwet segar sebanyak 50 gram dicampur dengan air gula atau madu. Setelah itu perut Anda akan terasa nyaman dan nafsu makan akan meningkat.

Mengatasi Sakit Lambung

Masalah penyakit lambung seperti maag memang sangat mengganggu. Perut akan terasa kurang nyaman dan bila diisi dengan makanan maka akan terasa perih. Di India pada jaman dahulu penyakit lambung atau maag bisa diobati dengan jus buah duwet yang sudah dipisah dari biji dan kulitnya dan telah disimpan selama 5 hari. Berbagai senyawa yang bekerja untuk memulihkan kondisi lambung akan semakin meningkat selama masa penyimpanan. Anda bisa menggunakan jus buah duwet ini untuk mengobati penyakit maag dan juga gangguan pencernaan lain.

Diolah dari berbagai sumber