Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal buah pisang. Buah yang identik dengan bentuknya yang bertandan-tandan ini tentunya sangat populer di kalangan masyarakat. Hampir semua masyarakat menyukai buah ini, karena harganya yang mudah terjangkau mudah didapat, dan memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Tidak hanya buahnya yang dapat diambil manfaatnya, bahkan semua bagian pohon pisang mempunyai manfaat. 

Pisang merupakan buah dengan sumber gizi yang hampir sempurna karena pisang mengandung nutrisi enam yaitu: air, gula, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Pisang mengandung 68% air, 25% gula, 2% protein, 1%, lemak dan minyak, 1% serat Selulosa. Sebagaimana juga ia mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium, dan Seng.

 

Buah pisang baik untuk Ibu hamil

Bagi anda wanita yang sedang hamil, dianjurkan untuk mengkonsumsi pisang, karena mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Satu buah pisang matang mengandung sekitar 85-100 kalori. Sehingga dengan memakan dua buah pisang segar, kebutuhan asam folat yang sekitar 58 mikrogram dapat terpenuhi dengan makan buah pisang ini. Selain itu pisang akan membantu menjaga kadar gula darah yang dapat mengurangi morning sick, sehingga pisang sangat baik untuk cemilan ibu hamil.

Buah Pisang Mengobati sembelit

Pisang dapat digunakan sebagai obat sembelit yang alami. Buah ini dapat berfungsi untuk membantu memperlancar buang air besar. Dengan mengkonsumsi pisang untuk menghindari mengerasnya feses yang merupakan gejala awal sembelit.

Buah Pisang Bermanfaat untuk Menurunkan berat badan

Oh iya, kabar gembira bagi anda yang sedang "Diet", ternyata karbohidrat kompleks yang terkadung dalam pisang tidak akan menaikkan kadar glukosa dengan drastis; selain itu pisang juga rendah lemak sehingga aman untuk peserta program penurunan berat badan. Dengan catatan, pisang tidak diolah menjadi banana milk shake, pisang goreng, ataupun kolak. Kemudian kandungan serat pada pisang dapat memperlancar proses metabolisme sehingga dapat menurunkan berat badan.

Buah Pisang Mengurangi pembengkakan

Buah pisang digunakan untuk mengurangi pembengkakan, melindungi resiko diabetes tipe II, memperkuat sistem saraf tubuh, membantu menurunkan berat badan, serta membantu memproduksi sel darah putih. Hal ini dikarenakan tingginya kadar vitamin B-6 dalam buah pisang.

Buah Pisang Dapat Mengatasi anemia (kurang darah)

Buah pisang juga mengandung zat besi. Makanlah dua buah pisang setiap hari, maka itu cukup untuk membuat penderita anemia terselamatkan.

Buah Pisang Dapat Mengurangi rasa sakit ketika haid

Apabila sering merasa nyeri setiap kali haid, maka atasi masalah tersebut dengan menggunakan buah pisang. Perbanyak mengkonsumsi buah pisang maka rasa nyeri tersebut dapat mungkin berkurang.

Buah Pisang Dapat Mencegah penyakit jantung

Pisang juga dapat mencegah penyakit jantung katena kandungan Vitamin C dan flavonoid pada buah pisang yang bersifat antioksidan dapat mencegah proses oksidasi lemak yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Kalium dalam buah pisang merupakan tonik yang baik bagi jantung. Serat pektinnya ikut berpengaruh dalam membantu menurunkan kolesterol. sebelum terkena penyakit jantung, cegahlah dengan rajin memakan buah pisang.

Buah Pisang Melancarkan peredaran darah

Buah pisang memiliki kandungan kalium dan potasium yang bermanfaat untuk membantu sirkulasi tubuh. Pada akhirnya peredaran oksigen ke otak menjadi lebih lancar. Kalium juga dapat berfungsi untuk membantu melancarkan denyut jantung, mengurangi resiko terserang stroke, dan mengatur tekanan darah

Pisang dapat mengatasi hipertensi (tekanan darah tinggi)

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Kandungan serat dalam buah pisang mampu mengikat lemak dapat dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh kita.

Pisang Dapat Mengatasi gatal akibat terkena gigitan nyamuk

Gigitan nyamuk yang menganggu dan rasa gatal yang diakibatkannya dapat dihilangkan dengan pisang. Ambil kulit pisang dan oleskan secara perlahan ke daerah yang terkena gigitan nyamuk.

Buah Dapat Meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Buah Pisang Meningkatkan mood

Buah pisang bermanfaat membantu meningkatkan suasana hati sehingga mood menjadi stabil dan supaya tidak stres

Pisang Memperlancar sistem pencernaan

Mengkonsumsi buah pisang dengan rutin dapat membantu sistem kinerja pencernaan untuk dapat lebih baik lagi. Sehingga pada akhirnya berbagai nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat diserap dan digunakan tubuh secara optimal.

Pisang Bermanfaat Untuk Mengalirkan oksigen ke otak

Buah pisang juga bermanfaat dalam memngalirkan oksigen ke otak karena buah pisang sendiri kaya akan potasium, sehingga kandungan pada buah pisang akan membantu sirkulasi oksigen ke otak dan juga mencegah tekanan darah tinggi dan juga penyakit stroke.

Buah Pisang Menyembuhkan luka bakar

Anda dapat menggunakan salah satu bagian tanaman pisang untuk menyembuhkan luka bakar. Caranya, ambil abu daun pisang dan kemudian tambahkan minyak kelapa. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar.

Pisang Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat berfungsi untuk membantu menyehatkan tulang. Hal ini dikarenakan, buah pisang ini merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan mangan yang cukup tinggi.

PIsang Mengobati sakit maag

Buah pisang ini dijadikan sebuah solusi pada saat tubuh terserang maag. Hal ini karena buah pisang memiliki kandungan zat penangkal asam dalam tubuh dan sehingga dapat meredakan maag.

Buah Pisang Menyeimbangkan jumlah cairan

Tubuh membutuhkan jumlah cairan yang seimbang dan cukup dalam menunjang semua kinerja organ tubuh. Oleh karena itu, kandungan kalium pada pisang berperan penting untuk dapat membantu menyeimbangkan jumlah cairan dalam tubuh.

Buah Pisang Mengatasi diabetes

Bagi untuk penderita diabetes, dengan mengkonsumsi pisang khas kepok yang dikukus dan dicampur dengan kelapa parut muda yang dapat digunakan sebagai makanan tambahan untuk penderita diabetes.

Buah Pisang Menghaluskan kulit wajah

Bagi yang bermasalah dengan kulit kasar maupun kering, daging buah pisang menjadi solusinya. Seperti cara mengobati jerawat, pertama hancurkan pisang lalu tambahkan dengan satu sendok madu. Gunakan untuk dijadikan masker pada wajah. Lakukan secara rutin dan kulit wajah akan menjadi halus.

Buah Pisang Mengobati jerawat

Cara menggunakan buah pisang untuk mengobati jerawat yaitu, pertama hancurkan daging buah pisang yang sudah matang. Lalu oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama beberapa menit dan lalu bersihkan menggunakan air. Ulangi cara ini selama beberapa hari sampai jerawat hilang dan kulit pun menjadi bersih.

Buah Pisang Merupakan Sumber energi

Kandungan karbohidrat yang terkandung dalam pisang dapat menjadi sumber energi untuk tubuh. Mengkonsumsi 2 buah pisang sehari, dapat meningkatkan sistem imun tubuh dan menambah energi untuk melakukan aktivtas sehari-hari.

Oleh Subur