Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Buah Kenitu Untuk Kesehatan

Mungkin ada sebagian orang yang kurang begitu mengenal buah kenitu. Banyak sebutan untuk buah yang satu ini, seperti sawo duren, sawo ijo, sawo apel. Buah yang masuk dalam suku sawo-sawoan ini, memiliki rasa manis. Bila Anda kurang mengenal buah kenitu, sebaiknya Anda mengetahui ciri-ciri dari buahnya. Buah kenitu berbentuk bulat dengan diameter 5–10 cm, kulitnya licin mengkilap, berwarna hijau ketika masih muda dan coklat keunguan atau hijau kekuningan ketika tua/matang. Kulitnya cenderung tebal, dan mengandung getah putih yang lengket. Daging buah putih, beberapa varian berwarna keunguan. Tekstur daging buahnya lembut, rasanya manis dengan endokarp berwarna putih yang terdiri dari 4-11 ruang. 

 

Kandungan nutrisi Dan Manfaat Buah kenitu Untuk Kesehatan

  • Buah Kenitu mengandung beragam zat penting untuk menunjang kesehatan tubuh. Sekitar 67 kalori dapat dihasilkan dari 236 gram buah tersebut, karena itu buah ini sangat cocok apabila dijadikan camilan pengganti untuk mereka yang tengah menjalankan program diet. Tak hanya rendah kalori, kandungan lemak dalam buah Kenitu sangat sedikit sekali , sehingga mengkonsumsi buah Kenitu dalam jumlah banyak tidak akan mengakibatkan kegemukan. 
  • Kaya akan serat alami. Selain rendah kalori dan sedikit lemak, buah Kenitu juga mengandung banyak sekali serat, yang tentunya dapat memenuhi asupan serat bagi tubuh yang rata-rata membutuhkan serat sebanyak 25-28 per hari. Dengan kandungan serat yang cukup, membuat kita yang mengkonsumsi buah tersebut akan lebih cepat merasa kenyang dan terhindar dari keroncongan. Dengan begitu, buah ini adalah salah satu buah yang disarankan untuk anda yang menjalani program diet dengan cara mengurangi nasi, namun tetap membutuhkan serat. 
  • Sumber kalsium serta mineral yang baik. Seperti buah-buahan yang lainnya, buah Kenitu juga memiliki khasiat yang luar biasa terutama sebagai sumber kalsium. Dalam buah kenitu terkandung kalsium yang bermanfaat sebagai penguat tulang maupun gigi, dan sangat membantu mengurangi risiko terserang sindrom-sindrom yang mengganggu dalam masa menstruasi, seperti nyeri dan juga kembung.
  • Sebuah studi menunjukkan bahwa kenitu memiliki kadar antioksidan yang cukup tinggi. Buah ini bermanfaat bagi pengobatan berbagai penyakit yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan radikal bebas. Senyawa antioksidan memang memiliki peran penting dalam kesehatan karena mampu menangkap radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul yang sangat reaktif karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dalam orbit luarnya sehingga dapat bereaksi dengan molekul sel tubuh. Radikal bebas dapat mengoksidasi asam nukleat, protein, lemak, bahkan DNA sel, dan menginisiasi timbulnya penyakit degeneratif. Senyawa antioksidan dari tumbuhan seperti vitamin C, vitamin E, asam fenol, polifenol, flavonoid, dan karoten diketahui berpotensi mengurangi resiko penyakit degeneratif dan penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung koroner.

Manfaat lain buah kenitu

  • Biji buah ini dikatakan berguna untuk mengurangi demam dan mengobati diare.
  • Rebusan daunnya dapat dipakai untuk menyembuhkan diabetes dan rematik.
  • Kulit kayunya dapat digunakan sebagai obat kuat dan obat batuk. Infus daun kenitu yang kaya akan tanin dipercaya oleh sebagian masyarakat sebagai obat kanker.
  • Buah yang sudah masak dapat digunakan sebagai anti inflamasi pada keadaan laringitis dan pneumonia serta pengobatan diabetes melitus. Beberapa orang juga makan buah ini untuk mengurangi peradangan yang terkait dengan radang tenggorokan dan radang paru-paru. Kegunaan lain dari kenitu, termasuk obat untuk hipertensi, abses gigi, masalah jantung, masalah usus dan kanker.

Diolah dari berbagai sumber