Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Timun Suri Untuk Kesehatan

Mentimun Suri atau yang sering disebut dengan timun suri merupakan buah yang sering kita jumpai pada saat bulan puasa. Seperti halnya buah blewah, melon dan semangka, timun sari memiliki rasa yang juga menyegarkan sehingga pas disantap di saat buka puasa, walau sebenarnya buah ini bisa dinikmati kapan saja karena bukan termasuk buah musiman. 

Walau menggunakan nama mentimun, tetapi secara morfologi dan sitologi tidak sama dengan mentimun. Bentuk daun dan ukuran bijinya lebih mendekati blewah atau melon. Buah yang termasuk dalam suku labu-labuan memiliki banyak kandungan gizi sehingga bagus untuk kesehatan tubuh.

Kandungan gizi timun suri

  • Dalam buah timun suri mengandung air sekitar 90%. Karena tingginya kandungan air maka timun suri berkhasiat melancarkan buang air kecil, menetralkan racun di ginjal dan membantu penyerapan vitamin. Buah ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi penderita penyakit ginjal.
  • Fruktosa dan glukosa. Kandungan gula pada buah ini adalah jenis monosakarida yang bisa langsung digunakan untuk pembentukan energi.
  • Serat. Serat berfungsi melancarkan buang air besar, mengikat radikal bebas penyebab kanker di usus besar, serta menghambat penyerapan kolesterol. Mengkonsumsi timun suri yang kaya serat bisa mencegah kanker usus dan penyakit jantung.
  • Vitamin A berfungsi menjaga kesehatan mata dan sebagai antioksidan.
  • Vitamin C. Antioksidan yang satu ini terbukti ampuh meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berbagai penyakit kabur dari tubuh. Vitamin C juga berfungsi menyehatkan kulit dan membuatnya lebih cerah, mencegah sariawan, serta melarutkan lemak. Karenanya konsumsi timun suri bisa menstabilkan kolesterol darah sehingga hipertensi dan penyakit jantung tak berani mendekat.
  • Flavonoid yang berfungsi sebagai antiradang.
  • Polifenol juga berfungsi sebagai antiradang.
  • Malonat berfungsi mencegah gula agar tidak berubah menjadi lemak.
  • Kalium dalam timun suri dapat mengeluarkan kelebihan asam urat penyebab nyeri sendi dan sisa metabolisme melalui ginjal. Selain itu kalium berfungsi menekan kelebihan natrium yang berbahaya bagi kesehatan.
  • Asam linoleat. Zat ini berfungsi sebagai antioksidan dan mencerdaskan otak. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, mencegah penyakit jantung, serta meluruhkan lemak.
  • Saponin adalah senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir timun suri. Saponin berfungsi sebagai antikanker, menurunkan kolesterol, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Manfaat timun suri untuk kesehatan

Melancarkan Pencernaan

Buah timun suri memiliki daging buah yang kaya dengan serat larut. Ini adalah jenis serat yang dibutuhkan oleh usus untuk melancarkan pencernaan. Serat dari timun suri juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit pencernaan seperti sembelit dan kanker usus.

Menurunkan Berat Badan dan Diet

Jika Anda ingin menurunkan berat badan dan diet maka bisa menggunakan timun suri. Timun suri yang banyak mengandung serat sangat baik untuk pencernaan dan menimbulkan efek mengenyangkan yang lebih lama. Bahkan serat juga bisa mendorong proses metabolisme dalam tubuh menjadi lebih baik. Jika Anda ingin menggunakan timun suri untuk diet maka hindari menggunakan bahan campuran gula dan pemanis buatan, cukup dengan timun suri yang dicampur dengan sirup atau air kelapa muda.

Menjaga Kesehatan

Setelah Anda mengkonsumsi buah timun suri maka badan Anda menjadi lebih segar dan sehat. Hal ini terjadi karena timun suri banyak mengandung vitamin A dan vitamin C yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, mencegah infeksi karena bakteri, virus dan kuman, menjaga kesehatan mata, membuat badan menjadi lebih segar serta menjadi sumber antioksidan yang bisa mencegah berbagai serangan radikal bebas yang buruk untuk tubuh.

Menurunkan Resiko Kanker

Timun suri sangat baik untuk kesehatan karena mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan resiko penyakit kanker yaitu saponin. Saponin menjadi sumber antioksida alami yang bisa menyerang semua radikal bebas dalam tubuh. Tubuh kita mendapatkan radikal bebas dari berbagai macam seperti makanan, minuman dan lingkungan luar. Konsumsi timun suri paling tidak empat kali dalam seminggu bisa menurunkan resiko kanker seperti kanker usus, kanker payudara dan kanker hati.

Menurunkan Kolesterol

Kolesterol memang menjadi musuh utama tubuh terutama jenis kolesterol yang berasal dari asam lemak jenuh. Kolesterol bisa membuat penumpukan plak dalam dinding arteri, memicu penyakit jantung, stroke dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan serius dan jangka panjang. Mengkonsumsi timun suri bisa menurunkan kolesterol paling tidak sekitar 32 persen dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Orang yang mengalami obesitas bisa menjalani diet dengan timun suri.

Mendukung Proses Detoksifikasi

Tanpa kita sadari tubuh kita mengandung banyak racun. Racun yang berasal dari makanan, minuman maupun lingkungan luar dampaknya memang tidak akan terasa dalam waktu yang cepat. Namun dampak buruknya adalah ketika racun mulai menumpuk pada organ seperti ginjal, jantung, hati dan pembuluh darah maka bisa menjadi bahaya yang serius. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi dalam timun suri ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Semua racun dalam tubuh akan keluar lewat sisa makanan baik dari urin maupun feces.

Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Dalam sebuah penelitian ternyata terungkap bahwa timun suri mengandung sebuah senyawa yang bisa menurunkan resiko penyakit jantung yaitu asam linoleat. Asam linoleat akan bekerja untuk tubuh dengan cara menjadi antioksidan yang bisa menyerang radikal bebas. Zat ini akan melindungi tubuh dari racun dan memelihara kesehatan jantung dengan cara menggunakan lemak sebagai sumber energi dan menghalangi pembentukan lemak yang tidak terpakai oleh tubuh.

Regenerasi Sel Tubuh

Tubuh kita terdiri dari jutaan sel hidup yang memiliki peran yang sangat penting. Sel tubuh akan mengangkut sumber energi untuk organ tubuh, darah dan juga oksigen. Pekerjaan sel tubuh sangat berat dan mereka juga memiliki batasan umur hidup. Regenerasi sel tubuh diperlukan untuk menggantikan sel tubuh yang mati dan membuat penciptaan sel tubuh yang sehat menjadi lebih baik. Timun suri yang banyak mengandung vitamin C sangat penting dalam proses ini dan bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit.

Membuat Kulit Sehat dan Lembut

Kandungan vitamin C dalam timun suri juga sangat penting untuk menjaga kesegaran dan penampilan kulit. Vitamin C dalam timun suri juga mendorong produksi kolagen yaitu protein yang dibentuk dalam tubuh untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas kulit. Jadi jika Anda ingin tampil cantik dan memiliki kulit yang lembut maka jangan lupa untuk makan buah timun suri.

Untuk mendapatkan semua manfaat tersebut maka Anda harus mengkonsumsi timun suri dengan benar. Selalu pilih timun suri yang benar-benar masih segar dengan tanda permukaan kulit yang lembut, tidak keriput dan tidak ada bekas pecah. Setelah itu kurangi beberapa pemanis seperti sirup dan gula saat makan timun suri. Dengan cara ini maka Anda bisa mendapatkan manfaat sehat dari buah timun suri.

Diolah dari berbagai sumber