Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan

Buah alpukat termasuk buah yang banyak digemari banyak orang. Semua pasti sepakat bahwa buah ini memiliki rasa yang sangat enak, ditambah lagi buah ini mengandung vitamin dan mineral yang sangat banyak sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Setidaknya memiliki kandungan  11 vitamin, 14 mineral, diantaranya adalah protein, riboflavin (vitamin B2), niasin (vitamin B3), potasium (kalium), dan vitamin C. Selain itu, mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kolesterol dan makanan untuk otak.

Dari pohon alpukat, tidak hanya daging buahnya saja yang memiliki banyak manfaat. Bahkan semua bagian pohon alpukat dapat kita ambil manfaatnya. Bijinya bisa digunakan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak mudah luntur. Batang pohonnya dapat digunakan sebagai bahan bakar, sedangkan kulit pohonnya digunakan sebagai pewarna warna cokelat pada produk dari bahan kulit.

 

Daging buahnya dapat dijadikan hidangan serta menjadi bahan dasar untuk beberapa produk kosmetik dan kecantikan. Selain itu, daging buah apokat untuk mengobati sariawan dan melembabkan kulit yang kering. Daun apokat digunakan untuk mengobati kencing batu, darah tinggi, sakit kepala, nyeri saraf, nyeri lambung, saluran napas membengkak dan menstruasi yang tidak teratur. Bijinya dapat digunakan untuk mengobati sakit gigi dan kencing manis.

Berikut ini beberapa khasiat buah alpukat serta biji alpukat untuk kesehatan dan pengobatan tradisional:

Manfaat Buah dan Biji Alpukat

Mengobati Sariawan

Buah Alpukat dan BijinyaAmbil satu buah alpukat yang sudah masak, keruk daging buahnya kemudian diberi 2 sendok makan madu murni, diaduk merata lalu dimakan. Lakukan setiap hari sampai sembuh. Ini merupakan cara yang enak untuk mengobati sariawan.

Mengatasi kulit wajah kering

Daging buah alpukat yang sudah matang dilumatkan sampai seperti bubur. Kemudian, adonan tersebut digunakan untuk masker, dengan cara mengoleskannya pada muka yang kering. Biarkan kurang lebih 2 jam, kemudian bilas wajah dengan air dingin.

Sakit gigi berlubang

Ambil satu biji akpukat, kemudian ditumbuk hingga halus. Gunakan sedikit bubuk biji alpukat tersebut dan masukkan ke dalam gigi yang berlubang. Atau bisa juga menggunakan kapas dan dicocokkan ke dalam gigi yang berlubang.

Bengkak karena Peradangan

Biji buah alpukat dikeringkan, kemudian ditumbuk hingga halus. Ambil bubuk dari biji alpukat secukupnya, kemudian ditambah sedikit air sampai menjadi adonan seperti bubur. Balurkan adonan tersebut ke bagian tubuh yang sakit.

Kencing manis

Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil dengan golok, kemudian direbus dengan air bersih sampai airnya menjadi coklat. Saring, minum airnya setelah dingin.

Rambut Berkilau

Haluskan sebuah alpukat matang, kemudian campur dengan yoghurt, sebutir telur, setengah sendok teh minyak rosemary dan satu sendok teh minyak jojoba. Kemudian jadikan masker untuk rambut anda. Biarkan lebih kurang 20-30 menit, kemudian bilas dengan shampoo. 

Manfaat Daun Alpukat

Mengatasi batu ginjal

Caranya:

  • Ambil 7 lembar daun alpukat
  • Seduh dengan 100 ml air panas
  • Minum 2 kali sehari tiap pagi dan sore hingga batu ginjal keluar
Mengatasi sakit perut 

Caranya:

  • Ambil 5 gram daun alpukat segar, 
  • 5 gram Akar temu kelinci, 
  • 6 gram rimpang kunyit segar, 
  • daun pegagan segar sebanak 6 gram, Air 115 ml.
  • Rebus hingga mendidih lalu dinginkan
  • Minum air rebusan sehari sekali satu gelas
Mengobati sakit Pinggang

Caranya

  • Ambil 5 helai daun alpukat
  • Tambahkan air 2 gelas lalu rebus hingga airnya tinggal segelas
  • Diamkan air rebusan daun alpukat selama 1 malam
  • Keesokan harinya baru diminum. Lakukan cara pengobatan ini 1 minggu, insya Allah sakit pinggang anda akan sembuh
Mengobati hipertensi
  • Ambil 3 helai daun alpukat, cuci bersih
  • Seduh dengan segelas air panas
  • Dinginkan lalu minum, lakukan tiap satu kali sehari, insyah Allah hipertensi Anda akan sembuh.

 Diolah dari berbagai