Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Rutin Konsumsi Buah Delima dan Kurma, Bisa Sehatkan Jantung

Selama ini kita sering mengonsumsi buah delima karena memiliki rasa yang sangat menyegarkan. Buah yang memiliki 3 macam warna yaitu delima merah, delima putih dan delima ungu ini memang mengandung banyak sekali khasiat terutama untuk kesehatan. Bukan hanya buahnya, tetapi dari akar, kulit, bunga hingga bijinya juga bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan utamanya antara lain alkaloid pelletierene, granatin, betulic acid, ursolic acid, isoquercitrin, elligatanin, resin, triterpenoid, kalsium oksalat, dan pati yang terdapat pada kulit buah delima. Bagi yang suka mengkonsumsi jus buah delima, dalam segelas jus mengandung asam sitrat, asam malat, glukosa, fruktosa, maltosa, vitamin A, vitamin C, mineral (kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, natrium, dan kalium), dan tanin. Dan bila mengonsumsi jus delima ini dapat melindungi tubuh dari aterosklerosis.  Fakta ini ditemukan oleh para peneliti dari Technion- Institut Teknologi Israel baru-baru ini.

 

Para peneliti menemukan bahwa jus delima yang dikombinasikan dengan 3 butir kurma memiliki manfaat melindungi tubuh terhadap perkembangan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan sejenis plak yang menumpuk di dalam pembuluh darah. Aterosklerosis ini terjadi selama bertahun-tahun tanpa disadari, dan bila sudah banyak akan menimbulkan kekakuan pembuluh darah, dan akhirnya akan menimbulkan penyakit jantung.

Terdapat beberapa faktor risiko terbentuknya plak ini, salah satunya adalah oksidasi kolesterol yang berujung pada penumpukan plak di dinding arteri. Antioksidan alami, seperti yang terdapat pada buah delima, mampu menghambat proses penumpukan plak ini, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya serangan jantung.

Buah delima banyak mengandung antioksidan polifenol, dan telah terbukti mencegah stres oksidatif. Buah kurma juga mengandung senyawa antioksidan fenolat yang dapat menghambat radikal bebas di dalam tubuh, dan berperan besar dalam menghambat oksidasi LDL atau kolesterol jahat. Selain itu kandungan antioksidan dalam buah kurma juga dapat mengurangi timbunan plak yang sudah ada.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa kombinasi antara jus buah delima yang dimakan bersama dengan 3 butir kurma dapat memberikan perlindungan maksimal terhadap perkembangan aterosklerosis. Kombinasi ini mampu mengurangi stres oksidatif dinding arteri sebesar 33%, dan mengikis kandungan kolesterol dinding arteri sebesar 28%.

Dari penelitian ini dapat dismpulkan bahwa orang yang memiliki risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, begitupun juga orang yang sehat, dapat mengambil manfaat perlindungan terhadap aterosklerosis dengan minum segelas jus delima (4 ons) bersamaan dengan 3 butir kurma.

Selain bisa membuat resiko serangan jantung kecil, kurma ternyata bisa mengurangi resiko penyakit diabetes. Mengkonsumsi kurma sebanyak 5 buah sehari bisa membuat kadar gula darah anda menjadi berkurang. Namun tentu saja pola makan tetap harus dijaga selain mengkonsumsi buah kurma.

Diolah dari berbagai sumber