Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Pepaya Untuk Wanita

Jika sebelumnya kita telah membahas biji pepaya yang memiliki banyak manfaat, tentunya daging buah pepaya juga memiliki banyak manfaat. Buah yang bisa dikonsumsi ketika masih muda hingga matang ini memang mudah sekali ditemukan. Selain tidak mengenal musim, harganya pun murah membuat buah pepaya banyak disukai banyak orang.  

Pepaya sudah terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Karena dalam pepaya mengandung banyak kalori, karbohidrat dan protein yang tinggi. Selain itu pepaya juga mengandung folat, vitamin A, magnesium, tembaga, asam pantotenat, fiber.3, vitamin B, alfa, beta karoten, lutein, zeaxanthan, vitamin E, kalsium, kalium, vitamin K, dan lycopene (antioksidan yang paling sering dikaitkan dengan manfaat tomat). 

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari pepaya untuk para wanita. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

 

Bermanfaat sebagai peredam nyeri haid

Bila  nyeri haid terasa sangat mengganggu sebaik nya gunakan pepaya untuk mengatasinya. Caranya, 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

Berfungsi sebagai masker anti jerawat

Daging buah pepaya yang berfermentasi, membantu melarutkan sel-sel kulit mati dan memberikan kesegaran dan kecerahan kulit. Hal ini dapat membantu membuka pori-pori yang tersumbat dan mencegah timbulnya jerawat.

Mengencangkan payudara

Penelitian membuktikan bahwa, pepaya muda menghasilkan enzim yang juga merangsang pertumbuhan payudara. Selain itu, kandungan vitamin A yang melimpah pada pepaya muda, mampu memberi rangsangan kepada indung telur untuk memproduksi hormon kewanitaan sehingga kelenjar dan otot-otot sekitar payudara menjadi kencang.

Cara untuk membuat jus pepaya muda sangatlah sederhana. Berikut cara untuk membuat jus pepaya yang berkhasiat untuk mengencangkan payudara:

Kupas pepaya mengkal, lalu potong ukuran dadu. Masukan kedalam blender, tambahkan sedikit air, dan susu kedelai bubuk. Blender sampai menjadi jus. Kemudian tambahkan sedikit perasan air jeruk nipis dan 2 sendok makan madu. Minum secara teratur 2 x sehari.

Menjaga kesehatan kulit kepala

Pepaya kaya akan mineral dan vitamin yang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan bahan kimia yang menempel. Juga dapat menutrisi kulit kepala sehingga tidak kering dan berketombe.

Untuk merawat kulit kepala, oleskan daging buahnya yang sudah dihaluskan, kemudian usapkan lembut ke kulit kepala. Setelah itu cucilah hingga tidak ada sisa buah papaya yang masih menempel di kulit kepala.

Mengurangi Berat Badan 

Penelitian para ahli menunjukkan di dalam pepaya muda terdapat lebih banyak enzim dibandingkan dengan pepaya matang. Enzim pada pepaya memberikan dampak pada pengurangan protein, karbohidrat dan lemak pada tubuh. Sistem metabolisme menjadi lebih optimal dan juga menjadikan pembakaran lemak menjadi energi berlangsung dengan baik.

Demikianlah manfaat pepaya untuk para wanita. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda semua.

Diolah dari berbagai sumber