Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Mengenal Buah Naga Dan Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah ini memiliki rasa tidak semenakutkan namanya. Bahkan bisa dibilang buah ini memiliki rasa yang manis dan menyegarkan. Sangat cocok bila dimakan di saat cuaca panas. Ya, dialah buah naga yang masuk dalam keluarga kaktus ini berasal dari Amerika Tengah, Amerika Selatan dan Meksiko. Namun sekarang sudah banyak yang membudidayakan terutama di Indonesia. Buah yang memiliki daging merah dan putih dengan biji kecil berwarna hitam di dalamnya memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. 

Buah naga memiliki kandungan nutrisi yang tinggi. Buah naga merupakan sumber serat yang tinggi, tidak ada lemak, memiliki kandungan air yang banyak, kandungan vitamin C nya lebih tinggi dari wortel serta merupakan sumber besi yang cukup baik.  

 

Manfaat Buah Naga

Rendah Kolesterol

Buah naga sangat rendah dalam kolesterol serta lemak jenuh dan trans. Mengkonsumsi secara rutin buah ini tidak hanya menyegarkan tubuh, tapi juga dapat menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang. Untuk yang sedang menjalankan program diet, buah naga dapat membantu. Karena buah naga memiliki serat yang tinggi dan mengandung banyak air yang akan membuat pencernaan menjadi lancar. Selain itu, biji nya pun mengandung asam lemak omega 3 yang penting untuk tubuh kita.

Tinggi Fiber

Menurut para peneliti di Universitas Leeds, meningkatkan konsumsi makanan kaya serat dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung koroner. Buah naga merupakan sumber serat yang baik, oleh karena itu tidak hanya baik untuk jantung tapi juga membantu dalam menjaga tekanan darah dan berat badan.

Kaya Antioksidan

Memiliki warna yang cerah juga berarti bahwa buah naga mengandung fitonutrien yang akan memberikan kamu dosis antioksidan yang sangat diperlukan tubuh. Antioksidan membantu dalam memerangi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh kamu dan bahkan menyebabkan kanker. Diet tinggi antioksidan dikatakan dapat menjaga kesehatan jantung dan memberikan kulit yang lebih muda. Kandungan antioksidan yang sangat besar dalam buah ini tentu akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kecantikan

Buah ini umumnya dapat menjadi sumber pengobatan alami untuk kecantikan, karena kandungan antioksidan nya yang tinggi juga kandungan vitamin nya. Praktik kecantikan kuno di Asia Tenggara percaya bahwa membuat pasta dari daging buah naga dan menggunakannya secara teratur pada wajah dapat membantu dalam memperlambat proses penuaan dan membuat kamu nampak lebih muda. Pasta buah naga juga dapat digunakan dalam pengobatan jerawat dan kulit terbakar.

Kesehatan Jantung

Karena buah naga kaya akan serat dan antioksidan, kedua hal itu berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini dapat membantu membersihkan plak penyumbatan di arteri dan menjaga sirkulasi darah dalam tubuh.

Tinggi Kalium

Buah naga juga tinggi akan kandungan mineral penting, terutama kalium dan kalsium yang bermanfaat untuk menjaga struktur tulang. Mengkonsumsi buah naga secara teratur dapat mengambil manfaat kalium yang penting untuk sel dan fungsi saraf dalam tubuh. Sederhananya, kalium merupakan peran kunci dalam menjaga kadar air, pH atau keseimbangan kadar asam dalam tubuh. Menurut penelitian sebuah universitas di Jepang, jika kamu merupakan penderita diabetes, merupakan hal penting untuk mengkonsumsi kalium yang dapat membantu kamu menjaga kesehatan jantung dan ginjal. 

Vitamin C

Karena buah naga kaya akan vitamin C yang dapat membantu dalam memperkuat kekebalan dan membantun penyerapan zat besi dalam tubuh, juga memproduksi kolagen yang membuat gigi dan kulit kita sehat dan bercahaya.

Begitu banyak manfaat buah naga yang dapat kita rasakan, selain buah ini lezat dan segar ternyata buah ini juga kaya akan manfaat yang baik untuk tubuh. Jadi, jangan ragu untuk memasukannya dalam menu sehari-hari kamu ya!

Diolah dari berbagai sumber