Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Serai Untuk Kesehatan

Serai atau sereh adalah tumbuhan keluarga rumput-rumputan yang memiliki banyak manfaat. Sering kali serai digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan. Selain itu dari tanaman serai bisa diambil minyaknya. Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. 

Tanaman serai memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Menurut pakar herbal dari Semarang, Alkhamudi SSI APt, menyatakan dalam sebagian penelitian, daun serai mempunyai kandungan zat antimikroba dan antibakteri yang sangat berkhasiat untuk menanggulangi infeksi lambung, usus, saluran kandung kemih, dan luka. Serai juga digunakan sebagai pereda kejang, antireumatik, dan bersifat diuretik.

Khasiat lain dari tanaman serai adalah membantu mengurangi insomnia, gangguan pernapasan, demam, nyeri, infeksi, rematik, dan edema. Kandungan antioksidan serai juga dapat menjaga tingkat kolesterol, kesehatan selular, system saraf, kulit yang sehat, dan sistem kekebalan tubuh. Serai juga manjur menanggulangi diabetes tipe 2, kanker, obesitas, dan menolong detoksifikasi. Serai juga dipakai dalam aromaterapi dapat mengurangi kelelahan, kecemasan, dan aroma tubuh.

Dilihat dari kandungannya, kata Alkhamudi, serai sumber nutrisi aromatik penting yang berkhasiat untuk kesehatan. Serai sumber vitamin mutlak seperti vitamin A, B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin) B5 (asam pantotenat), B6, folat, dan vitamin C. Serai juga sumber mineral utama, seperti potasium, kalsium, magnesium, fosfor, mangan, tembaga, seng, dan logam yang diperlukan tubuh agar tetap sehat.

 

Mematikan Sel Kanker

Dalam sebagian riset di ketahui serai berkhasiat untuk berbagai jenis kanker tanpa mempengaruhi sel tubuh yang normal dan sehat. Setiap 100 gr serai mengandung zat antioksidan yang berkhasiat untuk mencegah kanker. Riset tim University Gurion di Israel menemukan dalam serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.

Riset membuktikan antikanker serai dapat membantu pencegahan kanker kulit. Riset lain membuktikan serai dapat membantu menghambat perkembangan sel kanker hati fase awal dan mencegah pembentukan selanjutnya. Efek lain, serai dapat menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.

Pemakaian daun serai juga dapat menjaga kecantikan, memperindah kulit. Efek pemakaian kosmetik yang mempunyai kandungan daun serai juga dapat menghilangkan jerawat dan bermanfaat sebagai penyegar.

” Serai berkhasiat juga sebagai tonik kulit dan juga sebagai pembersih yang efisien untuk kulit berminyak alias jerawat karena sifat astringen dan antiseptik. Karena, serai dapat memperkuat jaringan kulit,mengencangkan pori-pori dan mensterilkan, ” papar pakar farmasi RS dr Kariadi Semarang itu.

Serai sangat baik juga untuk detoksifikasi tubuh, dapat membersihan toksin berbahaya yang keluar dari badan sebab bersifat diuretik. Detoksifikasi dapat memperlancar fungsi beberapa organ tubuh, tergolong juga hati dan ginjal, dan membantu menurunkan kadar asam urat.

Efek diuretik serai dapat menambah jumlah frekuensi buang air kecil sehingga menjaga kesehatan pencernaan. Serai untuk detoksifikasi lewat penambahan jumlah buang air kecil. Faktor seperti itu tentu benar-benar berguna untuk semua organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan kandung kemih bersih dan sehat lantaran bermacam toksin tersingkir.

Walau aman, kata Alkhamudi, pemakaian teh herbal serai dapat menimbulkan reaksi alergi pada beberapa orang. Bila ada gejala alergi, dirinya menyarankan segera menghentikan pemakaian dan meminta pertolongan medis.

Minyak serai murni tidak di anjurkan dengan cara langsung ke badan karena dapat menyebabkan reaksi berbahaya. ”karena itu selalu dianjurkan menghindari minyak serai murni dari jangkauan anak, ” ujar pria kelahiran 4 November 1968 itu.

Khasiat Sereh

1. Batuk

Pakai sebatang daun serai, 1 jempol jahe bakar, 1/2 jari kayu manis, 7 biji cengkih, 7 biji kapulaga dalam empat gelas air. Rebus dengan dicampur sedikit garam dan gula merah. Minum ramuan itu pagi dan sore hari hingga batuk hilang.

2. Rematik

Rebus 7 batang serai, segenggam daun jeruk nipis dalam enam gelas air hingga mendidih, lalu campur dengan air dingin seperlunya, untuk berendam tak lebih lebih dari 1/2 jam. lakukan teratur hingga sembuh.

3. Detoksifikasi

Rebus 70 gr serai ke dalam air 100 cc, lalu minum air rebusan itu pada pagi hari sebelum mengkonsumsi makanan dan minuman lain. tunggu 1 jam sebelum menyantap makanan lain.

4. Memperlancar Haid

Memarkan 2 batang serai, rebus dengan dua gelas air. Setelah air berkurang dan harum, campurkan gula merah sebutuhnya dan dinginkan. Minum hangat-hangat tiga perempat gelas, 2 x 1 hari.

5. Asam Urat

Rebus 10 lembar daun salam, rebus dengan 700 cc air dan dua batang serai hingga tersisa 200 cc. Lalu, minum airnya pada saat hangat dengan teratur 1 hari 1 gelas atau 2 gelas.

6. Menghindari Kanker

Rebus 100 gr serai dengan 2 gelas air. Panaskan hingga 15 menit dan minum saat pagi dan sore hari 1/2 gelas setiap saat minum.

Sumber : kabar24-jam.blogspot.com