Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

5 Makanan Yang Bisa Membersihkan Usus Besar

Kadang kita lebih sering memikirkan tentang kenyangnya perut dari pada kesehatan tubuh. Sehingga tidak jarang kita menyantap makanan olahan dan cepat saji yang tidak memiliki nutrisi yang diperlukan oleh tubuh hanya untuk memuaskan perut kita saja. Padahal dampak yang ditimbulkan oleh kebiasaan makan makanan tidak sehat tersebut bisa mempengaruhi saluran pencernaan kita, khususnya bisa timbul masalah pada usus kita. Sebagai bagian dari sistem pencernaan, usus besar usus besar bertugas sebagai tempat persediaan air, penyerapan mineral, dan tempat pembentukan serta pembuangan sampah tubuh.

Pola makan tinggi lemak seperti keju, mentega, nasi, susu, gula, daging, atau tepung tapi rendah serat, juga makanan yang diawetkan dianggap penyebab timbulnya lendir dan bertumpuknya bahan tak berguna di usus, karenanya perlu dibersihkan dari tubuh agar tetap sehat.

Bila sering kali mengalami sulit buang air besar, sakit kepala, sakit punggung, kelelahan berkepanjangan (fatigue), napas atau bau badan tak sedap, gangguan kulit serius, stres berat, rentan flu, dan vitalitas rendah, bisa jadi sebagai tanda sistem pembuangan tubuh perlu dibersihkan dan yang berbahaya bila usus tidak dibersihkan resiko terserang kanker usus besar menjadi semakin tinggi.

Nah, berikut adalah makanan-makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membersihkan usus besar Anda.

Bawang putih 

Ini adalah salah satu makanan terbaik untuk membersihkan usus besar. Bawang putih memiliki sifat anti-virus, anti-bakteri dan sifat anti-parasit. Ini dapat membantu membuang racun, patogen dan parasit dari saluran pencernaan tubuh.

Teh hijau

Teh bisa membuang racun dari tubuh, khususnya bila Anda mengonsumsi teh hijau. Teh hijau sarat antioksidan dan mampu meningkatkan fungsi usus dengan membantu membersihkan usus. 

Lemon 

Lemon dapat membantu membuang racun dalam tubuh. Anda dapat mendetoksifikasi sistem pencernaan Anda dengan mengonsumsi jus lemon setiap hari.

Sayuran berdaun hijau

Sayuran berdaun hijau dapat membersihkan sistem usus dan melindungi saluran pencernaan Anda dari berbagai penyakit. Sayuran berdaun hijau dapat menghentikan pertumbuhan bakteri dan juga menghilangkan bakteri dari usus besar.

Alpukat 

Alpukat adalah salah satu makanan yang dapat membersihkan usus besar. Buah ini kaya asam lemak omega-3 yang dapat membantu melumasi dinding usus. Alpukat juga mencegah racun menempel ke dinding usus sehingga membantu dalam membersihkan usus besar.

Inilah lima makanan yang dapat membersihkan usus besar dan juga mencegah penyakit usus. Semoga bermanfaat!