Terung, Sayuran yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan

    Article Index

    Khasiat TerongPasti Anda semua telah mengenal sayuran terung. Mungkin sebagian masyarakat kita menganggap terung hanyalah sayuran kampung sehingga jarang orang mengonsumsinya, tetapi di luar negara kita misalnya Italia, terung memiliki kedudukan yang istimewa. Bahkan dianggap sebagai bahan makanan yang lezat dan dapat disuguhkan sebagai hidangan yang istimewa. Tidak jarang restoran ternama pun menyajikan menu yang berasal dari terung ini. Meskipun banyak yang berpendapat bahwa terung dapat menurunkan keperkasaan kaum lelaki, ternyata terung memiliki banyak khasiat terutama dalam mencegah berbagai penyakit.

    Tanaman terung merupakan tanaman setahun berbentuk perdu yang termasuk dalam famili solabaceae dengan nama ilmiah Solanum nemongena. L. Tingginya berikisar antara 50-150 cm, memiliki permukaan kulit batang, cabang dan daun yang tertutup oleh bulu-bulu halus. Terung dapat dengan mudah ditanam di mana saja baik di daerah dataran rendah maupun tinggi. Terung merupakan tanaman asli daerah tropis yang diduga berasal dari asia, terutama Birma dan India yang kemudian pada abad ke 5 tersebar ke Cina.

    Tanaman terung terdiri atas berbagai macam jenis, antara lain: terung gelatik, terung kopek, terung cragi, terung medan, terung Bogor. Tidak hanya itu, jenis terung yang sering diperjual belikan adalah terung Jepang dan terung Belanda.


    Pemanfaatan terung

    Buah terung setelah dipetik sebaiknya segera diolah. Penyimpanan yang terlalu lama menyebabkan terung kehilangan air sehingga menjadi keriput, lembek, berwarna kecoklatan dan citra rasanya menurun. Bila hendak disimpan, sebaiknya dikemas dalam plastik dan disimpan dalam lemari pendingin. Dalam keadaan ini terung dapat bertahan selama 3-4 hari. Terung yang telah diiris akan mengalami perubahan warna menjadi putih kecoklatan, sebab adanya kandungan senyawa fenolik. Untuk mencegah hal tersebut, gunakan pisau stainless stell (anti karat) atau rendam segera dengan air yang telah dicampur dengan garam.


    Kandungan zat gizi dan non gizi pada terung

    Kandungan zat gizi sangat beragam, tergantung pada jenis, lokasi penanaman, serta kematangan buah saat dipanen. Secara umum kandungan zat gizi terung per 100 gr bahan dapat dilihat pada tabel dibawah ini. Adapun kandungan zat-zat lain pada terung antara lain saponin, flavonoid, polifenol, betakaroten, azam khlorogenat, glikosida steroid, tripsin, solanidina, scoparone, scopoletin dan tanin.

    KANDUNGAN GIZI JUMLAH

    Energi
    Protein
    Lemak
    Karbohidrat
    Kalsium
    Fosfor
    Serat
    Besi
    Kalium
    Sodium
    Vitamin A
    Vitamin B1
    Vitamin B2
    Vitamin C
    Niacin

    26 kkal
    1,1 gram
    0,1 gram
    6,3 gram
    36,1 mg
    32,9 mg
    2,5 gram
    0,5 mg
    217 mg
    3 mg
    7 RE
    0,09 mg
    0,02 mg
    1,6 mg
    0,6 mg

    Manfaat terung

    Terung merupakan bahan pangan kaya zat gizi serta kaya manfaat, diantaranya adalah :

    • mencegah atherosklerosis. Melalui penelitian pada seekor kelinci di tahun 1970 menunjukkan kelinci yang diberi terung dapat menurunkan penumpukan lemak di pembuluh darah sehingga mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah (atherosklerosis)
    • menurunkan kolesterol darah. Kansungan serat yang cukup banyak pada semua jenis terung, yaitu sebanyak 2,5 gram/ 100 gram berat badan, sangat baik untuk menghambat penyerapan lemak dari kolesterol. Penghambatan kolesterol terutama kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh membuat kadar lemak dan kolesterol darah menurun.
    • menurunkan ketegangan syaraf. Di Nigeria, terung dipercaya sebagai obat untuk meringankan kegoncangan jiwa akibat gangguan syaraf. Hal ini disebabkan komponen dalam terung yang disebut scopoletin dan soroparone akan menghalangi kekenjangan syaraf. Karena penggunaan terung untuk melawan epilepsi dan penyakit kejang lainnya telah digunakan sebagai obat tradisional.
    • mencegah kanker. Penelitian di Jepang mengemukakan bahwa jus terung dapat menekan risiko timbulnya kanker sebab terung mengandung tripsin (protease inhibitor) yaitu komponen yang dipercaya membantu menetralkan sel penyebab kanker.
    • mencegah hipertensi. Berdasarkanbanyaknya penelitian tentang defisiensi/kekurangan potasium / kalium ini sering dialami oleh penderita hipertensi. Terung mengandung potasium (kalium) yang cukup tinggi yaitu ± 217mg/ 100 gram dari kandungan sodium (natrium) yang sangat rendah yaitu 3 mg/ 100gram. Kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dapat membantu mencegah hipertensi.
    • menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Selain karena kandungan seratnya yang tinggi, kadar betakaroten dan antioksidan lainnya yang cukup tinggi pada kulit terung dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan stroke. Beberapa hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli, menunjukkan bahwa seseorang yang dalam darahnya banyak mengandung betakaroten dan antioksidan lainnya (utamanya lutein dan zeaxanthin), mempunyai risiko 72 persen lebih rendah terserang penyakit jantung. Orang yang terkena stroke, jika mengkonsumsi cukup vitamin A, akan mengalami sedikit kerusakan neurologis (saraf) dan mempunyai kesempatan lebih banyak untuk sembuh. Hal ini terjadi karena pada saat otak tidak mendapatkan suplai oksigem selama beberapa saat, misalnya pada kondisi stroke, sel mulai mengalami multifungsi (gangguan fungsi) dan kondisi tersebut bisa direndam jika dalam darah terdapat cukup vitamin A.
    • sebagai alat kontrasepsi. Beberapa jenis terung diketahui mengandung solasodin dalam jumlah yang cukup tinggi yaitu 2-3,5%. Solasodin merupakan bahan baku untuk kontrasepsi oral-pil.
    • manfaat lainnya adalah mengobati wasir, pelancar air seni dan meningkatkan libido.

    Oleh : Dra. Emma Wirakusumah, Msc (ahli Gizi dan Kuliner)


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.