Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Banyak yang mengaitkan daun kelor dengan hal-hal yang berbau magis atau mistis. Kadang malah ada yang terheran-heran ketika mengetahui bahwa daun kelor dapat dikonsumsi. Padahal beberapa penelitian mengungkapkan bahwa di dalam daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lebih banyak dari buah jeruk dan mengandung vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel. Kandungan potassiumnya 3 kali dari buah pisang. Dan kandungan kalsiumnya setara dengan empat gelas susu. Kandungan proteinnya  setara dengan protein dalam dua yogurt. Selain itu, tepung daun kelor mengandung protein lebih tinggi dari daun kelor segar yaitu 20-26 gram per 100 gram.

Hanya saja belum banyak orang yang sadar akan kandungan nutrisi yang tinggi yang dimiliki daun kelor ini. Dari berbagai wilayah di Indonesia, hanya di daerah Nusa Tenggara yang memanfaatkan daun kelor untuk dikonsumsi. Selain kandungan nutrisinya yang tinggi, daun kelor juga memiliki manfaat sebagai obat herbal. Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat daun kelor untuk mengatasi berbagai penyakit

  • Kurap (herpes) dan luka bernanah. Caranya: Tumbuk daun kelor dengan kapur, lalu balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.
  • Obat Rabun Ayam. Caranya: 3 gagang daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk sampai merata. Laludiminum sekali sehari sebelum tidur.
  • Obat Sakit Kuning. Caranya: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk sampai merata. Diminum, dan dilakukan secara rutin sampai sembuh.
  • Obat Cacingan. Caranya: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Semua bahan tersebut direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Airnya diminum setiap hari.
  • Obat Sakit Mata. Caranya: Tiga gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk sampai merata. Kemudian didiamkan sejenak sampai ampasnya mengendap. Air ramuan tersebut digunakan sebagai obat tetes mata.
  • Sukar Buang Air Kecil. Caranya: Satu sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring. Diminum setiap hari.
  • Obat Biduren (alergi). Caranya: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua bahan tersebut direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.
  • Obat Reumatik dan Pegal Linu. Caranya: 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua bahan tersebut ditumbuk halus. Dipakai untuk obat gosok (param).

Mengingat kandungan nutrisi dan manfaat daun kelor yang begitu besar. Sepertinya kita sudah harus mulai menggalakan daun kelor sebagai makanan harian kita.

Sumber: http://manfaatbuahdaun.blogspot.co.id/