Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Buah Dan Daun Tin Untuk Kesehatan

Buah Tin atau yang biasa kita sebut sebagai buah ara merupakan salah satu buah yang disebutkan dalam kitab suci Alquran. Dalam ayat At-Tin, Allah bersumpah akan keagungan dan kemuliaan buah surgawi yaitu buah tin dan zaitun. Hal ini dapat membuktikan bahwa terdapat kandungan yang luar biasa pada buah tin. Buah tin banyak ditemukan di pesisir  Laut Tengah, sehingga buah ini banyak disebut dalam literatur-literatur sejarah kuno dan  juga disebutkan pada kitab-kitab samawi.

Dari sejak dulu, buah tin dikenal memiliki manfaat dan kegunaan bagi kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa   cairan tin yang dicampurkan pada banyak ramuan-ramuan medical memiliki kemanjuran tinggi. Pernah suatu waktu Nabi Muhammad SAW mengomentari buah ini dalam salah satu Sabda-Nya: “Jika Aku mengatakan ada buah yang turun dari langit, maka buah inilah (menunjukkan buah tin)….”

Buah Tin mengandung unsur gula yang sangat tinggi dan juga mengandung garam utama, seperti kalsium, fosfor, besi dan sejumlah vitamin, seperti vitamin A dan B. Selain itu, juga mengandung vitamin K yang masuk dalam proses pembekuan darah dan berfungsi menghentikan pendarahan.

Bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi daunnya pun memiliki banyak khasiat. Berikut ini merupakan manfaat daun dan buah tin yang dapat dijadikan sebagai referensi untuk memperoleh hidup yang lebih sehat dengan cara yang alami.

Manfaat Daun Tin

Memperkuat Tulang

Manfaat pertama dari daun tin yang sangat layak untuk diketahui ialah, karena daun tin ternyata dapat membuat tulang menjadi lebih kuat. Bukan tanpa sebab, namun hal itu dapat terjadi karena daun tin memiliki kandungan kalsium yang tinggi sehingga dapat memperkuat tulang. Ada baiknya untuk mengkonsumsi daun tin secara teratur untuk mendapatkan tulang yang lebih kuat sebagai pengganti manfaat susu.

Menormalkan Nafsu Makan

Daun tin juga berfungsi untuk menormalkan nafsu makan, karena daun tin ternyata mampu mengendalikan hormon-hormon pencernaan. Manfaat ini dapat dicoba terutama bagi anak-anak yang sedang mengalami susah makan.

Mengurangi Penyakit Sesak Nafas

Khasiat daun tin yang lain dapat digunakan sebagai pengobatan sesak nafas bagi yang menderita penyakit asma yang menahun. Cara pembuatannya juga cukup mudah yaitu :

Siapkan daun tin secukupnya, kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Minum rebusan ini sebanyak 2 kali sehari, hingga asma berangsur-angsur membaik

Mencegah Penyebaran Sel Kanker 

Manfaat dari daun tin yang hingga kini masih terus diteliti ialah mengenai kemampuannya untuk mencegah penyebaran sel kanker. Hal ini tentu disebabkan karena daun tin yang mengandung manfaat antioksidan yang tinggi sehingga sangat cocok untuk para penderita kanker yang ingin mendapatkan kesembuhan.

Menstabilkan Detak Jantung

Bagi orang yang mengalami masalah detak jantung yang kerap kali tidak stabil, akan membuat dada terasa berdebar-debar dan tak nyaman. Anda perlu mencoba khasiat dari daun tin yang ternyata dapat membantu menormalkan denyut jantung. 

Menghilangkan Bakteri Jahat

Seperti halnya prebiotik yang dapat menambah jumlah bakteri baik yang ada di dalam tubuh, daun tin ternyata juga dapat membunuh bakteri jahat yang ada pada tubuh. Sumber prebiotik lainnya juga terdapat dalam manfaat yohurt.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol sangat berbahaya untuk kesehatan, apalagi jika kadar kolesterol jahat. Khasiat daun tin ternyata dapat diturunkan dengan meminum air rebusannya. Kadar kolesterol dalam darah sangat berbahaya, terutama untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menambah Kadar Hemoglobin

Daun tin juga dapat meningkatkan produksi zat besi, seperti yang ditemui pada manfaat bayam. Bagi anda yang memiliki kadar hemoglobin rendah sangat cocok untuk meminum rebusan daun tin, agar kadar hemoglobin menjadi meningkat dan kembali normal.

Membantu Proses Diet

Bagi yang sedang diet dan ingin mengurangi berat badan, maka daun tin dapat menjadi solusi untuk menurunkan badan dengan cepat. Daun ini diketahui dapat membantu menurunkan berat badan yang berlebihan, sehingga menjadi lebih sehat dan memiliki bentuk tubuh yang indah. Selain daun tin, manfaat apel untuk diet dapat dijadikan cemilan sehat saat menjalani program diet.

Untuk mengobati haid yang tidak teratur

Didihkan 25-30 daun tin dalam satu liter air, lalu minum. Ramuan ini untuk mengobati batuk juga gangguan haid, dan melancarkan haid. Ramuan ini berfungsi juga untuk obat kumur dan menyembuhkan peradangan pada gusi.

Selain daunnya, manfaat buah tin juga sangat baik untuk dikonsumsi. Apa saja itu?

Untuk mengobati susah buang air besar

Seduhlah 3 sampai 4 butir buah tin kering dalam gelas yang berisi air dingin pada sore hari, lalu pada pagi harinya buah ini dimakan dan airnya diminum.

Untuk mengobati penyakit usus atau lambung

Potong 6 sampai 7 buah tin kering, lalu tenggelamkan dalam minyak zaitun, dicampur beberapa potong jeruk nipis, lalu biarkan selama satu malam penuh dan potongan-potongan buah tin ini bisa dimakan beserta airnya pada pagi hari.

Untuk mengobati luka dan bisul

Balutkan buah tin yang kering yang telah dididihkan dengan susu untuk memecah buah tin yang kering ini agar terbuka bagian dalamnya secara keseluruhan. Didihkan selama beberapa menit dengan susu biasa. Setelah dingin, tutuplah luka dengan ramuan ini dan letakan bagian dalam buah tin ini tepat diatas luka, lalu ikat dengan kain dan perbarui pembalutan ini tiga sampai empat kali dalam sehari.

Seduhan buah tin kering berkhasiat memperlancar ASI

Meskipun pengobatan herbal ini dapat dengan mudah didapatkan, namun diperlukan petunjuk dokter mengenai dosis dan keamanannya.

Diolah dari berbagai sumber