Mengobati Difteri Dengan Herbal

Difteri adalah penyakit menular yang ditandai dengan sakit pada kerongkongan, sakit saat menelan, badan lemah, demam rinagn, denyut nadi cepat, mual, menggigil, dan sakit kepala. Pada kerongkongan terlihat adanya lapisan warna kelabu yang mudah sekali berdarah. Bila tidak segera diatasi, akan timbul sembab pada pangkal tenggorokan yang menyebabkan sesak napas, bahkan saluran pernapasan dapat tertutup sama sekali sehingga dapat menyebabkan kematian.

Penyebab

Penyakit difteri menular melalui batuk, bersin, atau napas dari seseorang yang terkena infeksi bakteri corynebacterium diphteriae, yang menimbulkan radang pada selaput lendir kerongkongan dengan membentuk selaput berwarna putih yang lengket disertai gejala keracunan (toksemia), yang kebanyakan berjangkit pada anak-anak.


Pengobatan Difteri dengan Herbal

Memang sekarang ini sudah jarang terjadi anak-anak yang terkena difteri sejak ditemukannya vaksinasi DPT. Dengan vaksinasi sejak dini, insyaAllah penyakit ini tidak akan menyerang, terutama kepada anak-anak. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mengenal ramuan-ramuan herbal apa saja yang dapat digunakan untuk mengatasi difteri.

Berikut ini beberapa ramuan tumbuhan obat yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi difteri

Resep 1 :

2 buah mengkudu yang matang + 10 lembar daun jinten dicuci dan dijus atau dihaluskan dan diperas airnya. Air tersebut digunakan untuk berkumur dalam tenggorokan selama sekitar 3 menit, lalu ditalan. Lakukan 3 kali sehari, setiap kali 3 sendok makan.

Resep 2 :

Umbi bidara upas dijus atau diparut dan diperas airnya hingga terkumpul 100 cc, lalu airnya tersebut digunakan untuk berkumur di tenggorokan selama sekitar 3 menit, lalu di telan.

Resep 3 :

15 gram sambiloto segar direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, tambahkan 3 sendok air jeruk nipis dan 5 sendok makan madu, diaduk, airnya digunakan untuk berkumur-kumur, lalu ditelan. Lakukan 3 kali sehari, setiap kali 2 sendok makan.


Resep Lanjutan Penyakit Difteri

Resep 4 :

1 butir biji pinang kering ditumbuk halus, diseduh dengan 200 cc air mendidih, tambahkan 1 sendok makan madu, setelah dingin dipakai untuk berkumur-kumur di tenggorokan selama 2-3 menit, lalu dibuang. Lakukan 3 kali sehari.

Resep 5 :

30 gram daun jinten dan 30 gram buah mengkudu (pace) masak dipotong-potong lalu direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat dan mengkudunya dimakan.

Resep 6 :

60 gram kaktus gepeng dikupas, diiris-iris, lalu direbus bersama ½ butir biji pinang dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat.

Resep 7 :

30-60 gram daun bandotan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan diperas, lalu tambahkan gula batu secukupnya kemudian diminum.


Catatan :