Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Daun Stevia Bagi Kesehatan

Sobat Azzam, pernahkah anda mendengar khasiat daun stevia bagi tubuh kita?. Pada artikel ini , kita akan emmbahas tentang manfaat daun stevia bagi kesehatan tubuh kita. Daun Stevia merupakan daun pengganti gula secara alami, sehingga aman bagi tubuh kita. Stevia juga merupakan  tanaman yang mengandung kadar gula yang aman dikonsumsi. Fakta ini telah dibuktikan oleh Suku Indian Guarani yang telah menggunakan stevia sebagai pemanis pengganti gula sejak ratusan tahun lalu. Tanaman stevia memang lebih populer di wilayah asalnya yaitu Amerika Selatan dan juga di Asia Timur seperti Jepang, China dan Korea Selatan. Berbeda dengan di Indonesia, Stevia di Indonesia menjadi tanaman baru yang sampai saat ini belum banyak diketahui orang.

 

Ada berbagai jenis daun Stevia, tetapi yang dapat digunakan sebagai pemanis adalah stevia rebaudiana. Stevia rebaudiana merupakan jenis tanaman yang digunakan sebagai pengganti pemanis buatan seperti aspartam Dan sakatin. Keunggulan dari gula Stevia adalah aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes dan obesitas. Selain itu, stevia juga bersifat non-karsinogenik. Zat pemanis dalam stevia yaitu steviosida dan rebaudiosida tidak dapat difermentasikan oleh bakteri di dalam mulut menjadi asam. Asam ini yang apabila menempel pada email gigi dapat menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu, stevia tidak menyebabkan gangguan pada gigi. Sebuah keuntungan bagi kita semua yang biasanya takut mengkonsumsi makanan manis. Karena keunggulan lain dari Stevia adalah memiliki tingkat kemanisan yang mencapai 200-300 kali kemanisan tebu serta bersifat tidak karsinogenik dan rendah kalori sehingga aman dan nyaman untuk dikonsumsi.

Stevia mendapatkan sertifikat GRAS (Generally Recognized as Safe – “tidak keberatan”) dari Badan POM Amerika Serikat (Food and Drug Administration – FDA) pada Desember 2008 untuk digunakan sebagai pemanis alami nol kalori untuk produk makanan dan minuman. Dengan adanya hal tersebut akan lebih memperluas pasar ekspor bagi para negara produsen stevia, seperti negara-negara di Amerika Selatan, Jepang, Cina dan Korea Selatan serta negara-negara lain di Asia.

Diantara khasiat daun stevia adalah selain untuk menyembuhkan beberapa penyakit (Diabetes, Obesitas, Autis, ) yaitu: