Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Manfaat Minum Air Jeruk Nipis Hangat Di Pagi Hari

Jeruk nipis memang jarang dikonsumsi secara langsung. Biasanya dijadikan sebagai campuran makanan. Bagi anda yang kurang begitu suka dengan jeruk nipis yang asam pasti akan menolak jiak diminta untuk meminumnya. Anda sudah membayangkan begitu asamnya jeruk nipis, akan membuat perut anda terasa perih.  Tetapi tahukah anda. Ternyata minum segelas air hangat dengan perasan jeruk nipis di pagi hari sangat bagus untuk kesehatan Anda. Mengapa?

Di dalam jeruk nipis  mengandung unsur-unsur senyawa kimia yang bemanfaat, misalnya: asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, glikosida, asam sitrun, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Selain itu, jeruk nipis juga mengandung senyawa saponin dan flavonoid yaitu hesperidin (hesperetin 7-rutinosida), tangeretin, naringin, eriocitrin, eriocitrocide. Hesperidin bermanfaat untuk antiinflamasi, antioksidan, dan menghambat sintesis prostaglandin. 

Untuk menikmati jeruk nipis, cukup dengan mengiris-iris tipis dan masukan ke dalam gelas. Tuang air panas dan tunggu 30 menit, lalu diminum sampai habis. Sebaiknya diminum dua kali sehari, pagi dan malam. Jangan khawatir dengan perut Anda, karena jeruk nipis tidak akan membuat lambung jadi perih.

 

8 manfaat luar biasa dari minuman air jeruk nipis hangat

1. Meningkatkan pencernaan Anda


Air hangat dengan tambahan perasan jeruk nipis baik untuk proses pencernaan. Ini merangsang dan mengaktifkan seluruh proses, sehingga membantu Anda tetap sehat dan aktif.


2. Meningkatkan kekebalan tubuh


Jeruk nipis kaya akan vitamn C yang menawarkan perlindungan terhadap penyakit akibat dingin dan penyakit umum lainnya. Dengan sistem kekebalan tubuh yang fit, tubuh Anda terlindungi dari infeksi dan penyakit.


3. Membantu dari sembelit


Membiasakan diri minum air hangat dengan perasan jeruk nipis menyingkirkan sembelit dan masalah gastro lainnya. Air jeruk hangat akan merangsang dan mengatur gerakan usus Anda sehingga menyembuhkan dari semua rasa sakit dan trauma yang berhubungan dengan sembelit.


4. Agen pembersih alami


Jeruk nipis hangat bisa membantu detoksifikasi dan membersihkan tubuh dengan membuang semua racun berbahaya yang terakumulasi di tubuh. Ini membersihkan sistem Anda, membuat Anda lebih sehat dan segar.


5. Bagus untuk kulit


Efek menghilangkan racun dari tubuh juga bisa membuat kulit menjadi terlihat cerah. Vitamin C dari jeruk nipis membantu Anda terlihat lebih muda.


6. Melawan penuaan


Jeruk nipis memberikan Vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan alami. Ini menghilangkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang menyebabkan banyak kerusakan pada kulit Anda. Dengan minum jeruk nipis hangat memastikan Anda melawan kerutan akibat penuaan dini.


7. Hidrat sistem Anda


Air adalah obat mujarab yang yang memberikan keajaiban di tubuh. Minum air hangat dengan manfaat tambahan dari jeruk nipis memastikan sistem Anda tetap terhidrasi.


8. Membantu menurunkan berat badan


Pengamat berat badan sering merekomendasikan agar memulai hari dengan segelas air jeruk nipis hangat. Selain memberikan perasaan kenyang, jeruk nipis juga menyediakan serat dan vitamin C yang membantu menurunkan berat badan.

Jadi, mulailah mengonsumsi jeruk nipis hangat di pagi hari untuk mendapatkan segudang manfaatnya.

Diolah dari berbagai sumber