Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Pare, Biar Pahit Asal Sehat

Buah pare terkenal karena rasa pahitnya. Pare merupakan tanaman merambat dan sangat mudah tumbuh. Pare ternyata banyak jenisnya. Meskipun rasanya banyak tidak disukai oleh banyak orang, tetapi dalam pare terdapat kandungan yang ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah beberapa penyakit.

Buah pare mengandung rendah kalori yang hanya menyediakan 17 kalori per 100g. Selain itu, pare juga mengandung fitonutrien yang bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, serat, mineral, vitamin dan anti oksidan.

Berikut ini manfaat pare bagi kesehatan

Membantu pengobatan Diabetes

Buah pare bersifat hipoglikemik yaitu menurunkan kadar gula dalam darah. Sifat ini sangat cocok untuk pengobatan diabetes untuk menurunkan kadar gula darah saat berlebih. Buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya bila dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi obat-obatan kimia yang tentunya akan menimbulkan efek samping bila dikonsumsi terus-menerus.

Membantu proses penurunan berat badan


Karena mengandung kalori rendah, maka buah ini dapat dijadikan salah satu menu bagi Anda yang sedang menjalani diet obesitas. Rasa pahit pada pare dapat berkurang bila diremas menggunakan garam dapur sehingga bisa dikombinasikan bersama bahan makanan lain.

Melegakan pernapasan


Bagi Anda yang sering sesak napas, buah pare dapat membantu Anda. Ternyata rasa pahit pada pare justru membangkitkan sel-sel pengecap pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar.

Menekan Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian yang dilakukan Pusat kanker university of colorado menghasilkan kesimpulan bahwa pare dapat digunakan untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas. Kandungan yang terdapat dalam pare mempengaruhi metabolisme glukosa yang sangat dibutuhkan oleh sel kanker. Kanker pankreas banyak didahului oleh penyakit diabetes dan jus pare sudah terbukti baik bagi penderita diabetes tipe 2. Percobaan yang dilakukan pada tikus dengan kanker pancreas menunjukan bahwa jus pare dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker hingga 60%.

Mempercantik Kulit

Terik matahari akan membakar kulit wajah Anda. Akibatnya wajah akan berkerut, kusam, dan rusak. Nah, untuk mencegah kerusakan wajah harus dilakukan perawatan khusus, salah satunya dengan menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akibat paparan sinar ultraviolet.

Menekan Perkembangan Virus HIV


HIV memang belum ada obatnya hingga detik ini. Namun, bukan berarti virusnya tidak dapat ditekan. Biji dari buah pare ternyata efektif menekan perkembangan virus HIV. Setidaknya, perderita dapat memperpanjang usianya dengan biji tersebut. Kabar gembira mengenai biji buah pare tersebut berasal dari universitas New York dan menjadi hal penting bagi bidang kedokteran.

Dari berbagai sumber