Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Khasiat Paprika Untuk Kesehatan dan Kanker

Sahabat Azzam Rumah Herbal yang baik, pernahkan anda mendengar istilah cabe Paprika atau paprika, bagaimana rasanya, pedas ? tidak terlalu pedas bukan ? Ternyata tanaman Paprika yang  memiliki nama Latin Capsicum annuum L. ini berasal dari benua Amerika Selatan dan tumbuh subur di negara Hungaria ini, sekarang sudah banyak dikenal orang karena banyak manfaat dan khasiat untuk kuliner seperti barberque maupun untuk pengobatan alternatif. Selain itu tanaman papripa dapat ditanam sendiri dengan sistem hidroponik.

Berita terbaru ditemukan bahwa khasiat paprika ternyata dapat mencegah penyakit kanker yang saat ini menjadi momok dari ummat manusia. Konon kabarnya penyakit  kanker yang terus mengancam kehidupan  manusia yang membuat kita harus pandai dalam mengatur pola makan dan pola pikir karena mayoritas penyakit itu munculnya dari makanan yang kita  dikonsumsi, serta  tubuh yang kurang asupan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi juga berakibat pada rentannya tubuh terkena penyakit dan salah satunya adalah kanker.

Khasiat  Paprika Untuk Mencegah Kanker

Menurut penelitian ilmiah ternyata  paprika mengandung Betakaroten yang dipercaya dapat menangkal penyakit kanker yang menyerang manusia, Betakaroten sangat ampuh dalam mencegah kanker paru-paru dan kanker kulit. 

Betakaroten merupakan antioksodan alami yang mempunyai khasiat sebagai esensi karbon dikontrol radikal yang akan menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara di sekitar kita. Kandungan betakaroten yang terbanyak pada sayuran Paprika adalah di bagian kulit. Sama halnya dengan sayuran pada umumnya, semakin pekat atau tua warna paprika maka kandungan betakaroten di dalamnya semakin tinggi.

Paprika juga memiliki kandungan  likopen. Menurut penelitian dari  Yale University dengan sampel 473 orang laki-laki dan hasilnya luar biasa ! Ditemukan bahwa laki-laki yang kekurangan likopen maka rentan terkena serangan kanker prostat. Penelitian ini menunjukkan bahwa buah paprika sangat ampuh melawan kanker prostat. Ada juga penelitian tentang manfaat paprika untuk kesehatan yakni bisa menangkal penyakit kanker porhibit, diketahui Paprikan masuk dalam anggota genus Capsicum yang berarti mempunyai rasa pedas meskipun kalah dengan cabai, akan tetapi kandungan kandungan vitamin dan nutrisi serta lycopene theantioxidant di dalam paprika dipercaya dapat mencegah kanker. 

Selain itu tingkat karoten dan antioksidan terkandung pada paprika adalah 9 kali lebih besar dibandingkan sayuran pada umumnya. Paprika merah secara ilmiah terbukti mengandung vitamin C yang besar dan begitu pula paprika hijau. Beta-karoten adalah antioksidan yang dapat memainkan peran penting dalam mengurangi konsentrasi radikal peroksil. Kemampuan untuk bekerja sebagai beta karoten antioksidan berasal dari kesanggupannya untuk menstabilkan radikal kernel karbon. Karena beta karoten efektif pada konsentrasi rendah oksigen, betakaroten dapat melengkapi sifat antioksidan vitamin E yang efektif di bawah konsentrasi oksigen tinggi.

Sayuran keluarga cabe  ini juga mengandung vitamin B6 yang berarti manfaat paprika bagi kesehatan adalah untuk meningkatkan kesehatan otak dan dapat meningkatkan daya konsentrasi seseorang, vitamin B6  dapat membentuk jaringan protein, sel darah merah dan hormon sehingga dapat meningkatkan kesehatan manusia.  Semoga bermanfaat..

.