Manfaat Selada Untuk Kesehatan

    Selada biasa dijadikan sayuran atau campuran dan makanan. Sayuran yang berwarna hijau dan renyah bila dimakan langsung ini memang biasanya ditemukan pada makanan salad, burger atau gado-gado. Selada sangat kaya akan nutrisi dan memiiliki khasiat yang luar biasa. Dalam selada terkandungan mineral, termasuk iodium, fosfor, besi, tembaga, kobalt, seng, kalsium, mangan, dan potasium, sehingga selada mempunyai khasiat terbaik dalam menjaga keseimbangan tubuh.

    Berikut ini adalah manfaat selada untuk kesehatan

    1. Mengatasi Kanker Payudara

    Selada air memiliki fitonutrien yang dapat mencegah kanker, terutama kanker payudara. Sebuah Penelitian telah mengungkap, makan setidaknya 80 gram selada air setiap hari dapat mengurangi risiko kanker payudara.

    2. Menjaga Kesehatan Jantung

    Selada air terbukti bermanfaat dalam menurunkan kolesterol jahat dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular seperti arteriosclerosis. Vitamin C yang terkandung dalam selada bertindak sebagai antioksidan dan membantu dalam mengurangi kerusakan jaringan jantung yang disebabkan oleh stres.

    3. Menjaga Kesehatan Tulang

    Studi menunjukkan bahwa kalsium dalam mengurangi risiko tulang keropos. Selada juga merupakan salah satu makanan sumber folat yang berperan langsung sebagai nutrisi interaktif dalam menjaga kekuatan tulang.

    4. Baik untuk ibu hamil

    Folat sangat penting untuk pengembangan embrio yang sehat. Nutrisi yang terdapat dalam selada air juga dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit seperti kekurangan tabung saraf selama kehamilan.

    5. Mencegah Terjadinya Penyakit Stroke

    Sebuah studi yang dilakukan pada 662 orang dewasa menunjukkan bahwa diet kaya folat dapat mencegah stroke. Selada air merupakan sumber yang baik folat bagi tubuh, dan Anda bisa makan mereka setiap hari.

    6. Mengatasi Penyakit Pilek

    Sebuah studi menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya vitamin C dapat mengurangi risiko flu sebesar 66 persen. Selada air merupakan sumber yang baik dari vitamin C untuk meringankan atau mencegah pilek.

    7. Kaya Akan Sumber Vitamin A

    Selada merupakan sayuran yang kaya akan vitamin A terutama selada yang masih segar. Vitamin A dapat membantu dalam pemeliharaan kulit yang sehat untuk meningkatkan dalam menjaga kulit agar tetap baik.

    8. Membantu Mencegah Degenerasi Makula

    Selada mengandung zeaxanthin yang membantu dalam meningkatkan penglihatan; diserap oleh makula lutea retina. Zeaxanthin memiliki sifat antioksidan dan juga membantu dalam pencegahan katarak. Juga, flavonoid dalam daun selada membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.

    9. Meningkatkan Kesuburan

    Selada segar mengandung folat dan vitamin C. folat membantu dalam menjaga janin sehat selama kehamilan untuk mengurangi kemungkinan komplikasi; juga membantu dalam meningkatkan kesehatan reproduksi pria dan wanita.

    10. Sumber Daya Mineral

    Selada merupakan sumber yang kaya berbagai jenis mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan potasium-yang meningkatkan laju metabolisme dalam tubuh. Kalium adalah vascodilutor penting yang membantu untuk menjaga tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung dengan mengatur keseimbangan cairan tubuh.

    Di Sunting Dari Sumber : http://www.indotopinfo.com/ & http://www.merdeka.com/


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.