Azzam Rumah Herbal

Menyingkap Informasi Herbal dan cara menanamnya

Dunia Herbal

Kitolod, Obat Mata Herbal

Bunga Kitolod

Pertama kali lihat tanaman ini karena melihat bunganya yang lumayan cantik :) Kata Tetangga itu bunga untuk mengobati mata. Pas Searching di internet ternyata banyak sekali yang mengulas tanaman liar ini namanya Kitolod atau Pitolod atau bunga jangkar ( barangkali sepintas mirip jangkar).

 

Tumbuhan yang berasal dari hindia barat ini biasanya tumbuh liar di pinggir saluran air, pematang sawah, sekitar pagar dan tempat lembab lainnya dalam bahasa sunda tumbuhan ini bernama korejat. kitolod dapat mengobati berbagai penyakit seperti, minus pada mata, katarak, diabetes dan berbagai macam penyakit. hampir semua bagian pada tumbuhan pada kitolod dapat digunakan untuk pengobatan herbal. Kitolod atau Isotoma longiflora adalah tumbuhan yang memiliki senyawa alkaloid seperti lobeline, lobelamine, dan isotamine, juga memiliki efek farmakologis.

Bunga kitolid juga dapat dimanfaatkan sebagai obat tetes mata, mengobati luka, dan sakit gigi. Namun sebaiknya, berkonsultasi dengan ahli herbal bersertifikat sebelum mengonsumsi kitolod secara langsung.

  

Manfaat dan Khasiat Kitolod

 . Mengobati mata merah;

 . Mata gatal;

 . Mata minus dan plus;

 . Infeksi mata;

 . Katarak;

 . Nyeri dan perih pada mata.

  

Cara penggunaan Bunga Kitolod untuk obat mata

1. Petik bunga kitolod beberapa tangkai, kemudian masukan ke dalam gelas yang berisi air bersih, diamkan beberapa menit.

2. Kemudian ambil, teteskan ujung tangkainya pada bagian mata kanan dan kiri (masing-masing dua tetes) atau pada bagian mata yang sakit saja.

3. Pada saat penggunaan, mata terasa perih dan terasa sepet .itu hanya sebentar, kemudian lakukan berulang–ulang, minimal 3x sehari.

Rasakan hasilnya beberapa hari kemudian.