Manfaat Daun Kersen Untuk Kesehatan

    Tanaman kersen, mungkin ada juga yang menyebutnya talok, atau cherry jawa, tapi di daerah kami dijuluki keres. Tanaman yang tergolong tumbuhan liar, yang dapat tumbuh tanpa ada perawatan sendiri, dan biasanya ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau sungai. Sering kali buah yang memiliki rasa sangat manis ini menjadi tempat bermain anak-anak. Dan karena rasanya yang manis ini pula, bukan hanya anak-anak saja yang suka, tetapi orang dewasa pun juga suka. 

     

    Karena seringnya dianggap sebagai tanaman liar, banyak orang yang mencabuti pohon ini karena dirasa mengganggu. Padahal sangat disayangkan, pohon kersen ini mengandung berbagai manfaat. Dari beberapa bagian tanaman kersen, buah kersen dikenal sebagai obat untuk menyembuhkan diabetes dan asam urat. Selain buahnya memiliki manfaat sebagai penyembuh penyakit, ternyata daunnya pun juga bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat daun kersen terutama untuk kesehatan? Berikut penjelasannya untuk Anda.

    1. Sebagai obat mengatasi diabetes

    Tidak hanya buah kersen saja yang dikenal sebagai obat mengatasi diabetes, namun daun kersen juga dapat dijadikan obat mengatasi diabetas ini. Sejak zaman dahulu, daun kersen dikenal sebagai ramuan alami yang digunakan untuk mengatasi gula darah yang tinggi. Karena kandungan saponin dan flavonoidnya yang cukup tinggi, daun kersen mampu menyereksi hormon insulin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk metabolisme gula.

     

    2. Mencegah perkembangan tumor

    Daun kersen ini dikenal sebagai daun yang memiliki banyak sekali manfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu manfaat dari daun kersen adalah untuk mencegah pertumbuhan tumor. Daun kersen ini memiliki kandungan flavonoid, tannin dan saponin. Selain itu, air rebusan daun kersen juga bisa menjadi antiseptik yang sangat bagus, dan akan mencegah peradangan serta inflamasi.

     

    3. Sebagai pengontrol fungai otot jantung

    Manfaat yang lain dari daun kersen adalah dapat menjaga fungsi otot jantung. Hal ini dibuktikan dengan sebuah penelitian bahwasannya daun kersen dapat bekerja sangat aktif untuk melindungi fungsi otot jantung.

     

    4. Anti hipertensi

    Daun kersen juga dapat digunakan sebagai obat anti hipertensi. Caranya dengan membuat minuman dari serbuk daun kersen dan diminum 2x sehari.

     

    5. Anti inflamasi

    Diatas sudah disebutkan bahwa daun kersen juga dapat menurunkan gejala radang dan juga inflamasi.

     

    6. Sebagai Antiseptik

    Daun kersen karena kandungan flavonoid, tannin, dan juga saponin ini dapat menjadi antiseptik yang membunuh mikroba dan berbagai bakteri.

     

    7. Mengatasi kolesterol yang tinggi

    Manfaat dari daun kersen yang lainnya adalah sebagai obat yang dapat mengatasi kolesterol yang tinggi. Caranya dengan meminum air rebusan daun kersen dan diminum 3x setiap hari.


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.