Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

    Bila Anda melihat buah kiwi, sekilas tampak seperti buah sawo, hanya saja tekstur kulitnya lebih kasar.  Bedanya lagi dengan buah sawo adalah bila buah sawo daging buahnya berwarna kecoklatan dan bijinya hitam agak besar, sedangkan buah kiwi dagingnya berwarna kehijauan dengan biji yang berwarna hitam kecil-kecil. Buah yang berasal dari cina ini memiliki kandungan nutrisi yang tinggi seperti vitamin C,E,A, B (niacin, vitamin B6, dan folat), kalium, serat dan magnesium, namun rendah natrium, kolesterol dan lemak jenuh.

    Ada beberapa manfaat buah kiwi bagi kesehatan tubuh kita, diantara adalah:

    1. Pencegahan hipertensi dan penyakit jantung

    Kiwi mengandung mineral kalium yang membantu penurunan tekanan darah dan magnesium yang menjaga kesehatan jantung. Hal ini yang membantu mengurangi gejala penggumpalan darah penyebab penyakit kardiovaskuler. Maka dari itu, sangat baik apabila dapat mengkonsumsi buah ini secara rutin.

    2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

    Kandungan Vitamin C pada kiwi sangat baik seperti manfaat buah-buah yang lain seperti manfaat buah jeruk, manfaat buah lemon, dan Manfaat apel. vitamin C membantu penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti flu dan membantu proses penyembuhan. Mineral lain seperti elektrolit dapat digantikan oleh kiwi dengan kandungan elektrolitnya. Sangat baik untuk membangkitkan stamina setelah menjalani akifitas yang banyak menguras tenaga.

    3. Peningkatan kualitas otak

    Asam amino juga terkandung dalam buah kiwi yang meningkatkan kekmampuan berfikir. Asam amino banyakdiberikan oleh makanan jenis ikan-ikanan, namun bagi mereka yang tidak mengkonsumsi daging, buah kiwi dapat menggantikan peran ini. Sehingga semua nutrisi yang memang tubuh perlukan dapat dipenuhi bagi siapapun.

    4. Meningkatkan Stamina

    Vitamin C yang terkandung dalam kiwi sangat tinggi, manfaat vitamin C sendiri diyakini sangat besar perannya terhadap stamina tubuh pada manusia.

    5. Menurunkan Berat Badan

    Kiwi memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga tidak mendorong insulin yang menyebabkan glukosa hingga manis yang berlebihan. Dengan demikian kiwi dapat melancarkan pencernaan sehingga sehat untuk diet anda.

    6. Membersihkan racun dalam tubuh

    Serat yang terkandung dalam buah kiwi sangat efektif untuk membersihkan berbagai racun yang terdapat dalam usus, terutama bagi anda yang mengkonsumsi makanan yang berbahan pengawet tinggi.

    7. Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit

    Kiwi mengandung vitamin E yang cukup tinggi, manfaat vitamin E sendiri sangat baik untuk kesehatan kulit manusia yang dapat membantu menghaluskan kulit manusia.

    8. Buah yang bebas dari residu

    Buah kiwi merupakan salah satu buah dengan tingkat keamanan yang tinggi, artinya buah ini bebas dari residu pestisida yang sangat berbahaya bagi kesehatan.

    9. Kesehatan Mata

    Buah ini sangat tinggi kandungan lutein dan zeaxanthin yang mana kedua zat ini merupakan bahan kimia alami yang ditemukan di mata manusia.

    Selain berkhasiat untuk kesehatan, buah Kiwi juga bermanfaat untuk ibu hamil

    1. Memberi nutrisi yang baik bagi janin

    Buah kiwi sangat direkomendasikan untukibu hamil. Menurut beberapa penelitian yang dilakukan di negara-negara maju, ternyata buah kiwi memberikan efek yang luar biasa bagi pertumbuhan janin. Nah, bagi anda yang saat ini sedang dalam masakehamilan, silahkan anda masukkan buah kiwi ke dalam daftar buah yang wajib dikonsumsi untuk kesehatan janin anda. Namun perlu anda ketahui juga bahwa buah kiwi termasuk buah yang mahal. Jadi silahkan anda atur sendiri budget untuk membelinya.

    2. Membantu mencegah cacat syaraf mata

    Bagi ibu hamil, berbagai macam makananboleh dikonsumsi, namun harus tetap dijaga jenisnya. Ada beberapa jenis makanan yang ternyata berbahaya bagi syaraf mata si janin. Nah, manfaat buah kiwi dapat membantu mengatasinya. Silahkan anda konsumsi buah kiwi secara rutin untuk menghindarkan janin anda dari resiko cacat mata apabila ia sudah lahir. Buah kiwi mengandung zat acid colid yang sangat bermanfaat untuk menjagakesehatan mata.

    3. Menghindarkan janin dari resiko kebutaan

    Manfaat inilah yang harus kita ambil. Buah kiwi sangat efektif sekali untuk menurunkan resiko terkena cacat mata dan kebutaan pada janin. Jadi silahkan anda konsumsi buah kiwi walaupun harganya cukup mahal. Demi janin yang sehat sepertinya anda harus melupakan masalah harganya yang cukup mahal.

    4. Sumber vitamin

    Buah kiwi memiliki berbagai macam vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi banyak vitamin, maka anda sudah menjaga kesehatan tubuh anda secara maksimal. Mengingat manfaat buah kiwi begitu banyak, tidak ada salahnya anda mengkonsumsi buah kiwi ini secara rutin & jangan berlebihan.

    Diolah dari berbagai sumber
    Credit image : http://manfaat.co.id/


    © 2020 Mjokertocyber Media. All Rights Reserved.

    Please publish modules in offcanvas position.